Tebing Kedung Tumpang

Wisata Alam ke Tebing Kedung Tumpang, Tulungagung

Keindahan Pantai Sanggar sebagai The Dream Land of Tulungagung karena memiliki ombak, karang, pasir putih serta tebing yang indah, kali ini bisa terlupakan sejenak dengan ditemukannya spot yang tidak kalah indah juga dengannya. Spot wisata alam baru yang terletak di Kec. Pucanglaban, Tulungagung tersebut adalah Tebing Kedung Tumpang. Selain keindahan tebingnya, Kedung Tumpang juga mempunyai beberapa kolam air laut yang terbentuk secara alami karena hempasan ombak besar pada laut selatan, jika kalian beruntung kalian bisa sekalian mandi di kolam tersebut.

Untuk menuju kesana kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum dari Surabaya, untuk kendaraan umum ada dua Bis yang bisa langsung membawa kalian ke Tulungagung dari Terminal Purabaya ke Terminal Gayatri, ada P.O Harapan Jaya dan P.O Pelita Indah, tinggal pilih sesuka hati saja, untuk tarifnya Rp 50.000 Patas dan Rp 26.000 AC Tarif Biasa/Ekonomi.

Setelah sampai Terminal Gayatri kalian bisa cari informasi untuk persewaan kendaraan baik itu Spd. Motor dan Mobil, untuk persewaan kendaraan relatif murah, Spd. Motor ada dikisaran Rp 30.000 – 50.000/hari, kalau mobil sekitar Rp 70.000 – Rp 100.000/hari.

Tebing Kedung Tumpang

Tebing Kedung Tumpang Sisi Timur

Tebing Kedung Tumpang

Tebing Kedung Tumpang Sisi Barat

Menurut warga sekitar yang juga menjadi pawang untuk keselamatan pengunjung berkata kepadaku:

“bahwa Kedung Tumpang pertama kali ditemukan oleh pemancing seperti kami ini, mancing disini bisa menggunakan jaring atau alat pancing biasa, namun untuk menjaring diperlukan keberanian, karena harus berani memasang jaring ditebing-tebing bawah laut supaya tidak lepas terkena ombak.”

Karena Kedung Tumpang yang dirasa indah, menarik dan cukup aman untuk anak-anak, akhirnya mereka mempersilahkan anaknya untuk berkunjung dan membawa teman-temannya. Proses penyebaran indahnya Kedung Tumpang terus menyebar sampai akhirnya ada salah satu media online yang memposting sehingga bisa banyak sekali wisatawan yang hadir hingga saat ini.

Untuk menuju ke Kedung Tumpang kendaraan yang perlu disiapkan adalah Spd. Motor atau Mobil siap offroad, karena jalurnya terjal jangan lupakan perlengkapan keselamatan seperti sepatu, jaket, kacamata hitam dan obat pribadi. Untuk logistik tidak usah membawa terlalu banyak karena disana sudah disediakan makanan dan minuman yang lumayan lengkap sampai jalur pendakian-pun sudah disediakan. Sehingga kalian cukup siapkan fisik karena jalur pendakiannya lumayan berat.

Waktu yang pas untuk berkunjung kesana adalah pagi (06.00 – 10.00) atau sore (15.00 – 17.00), kalau siang tidak dianjurkan karena hampir tidak ada tempat untuk berteduh jadi bisa dipastikan kalian akan kepanasan, salah satu tempat yang bisa buat berteduh cuman di tempat pemandian saja. Oh iya, kalau siang biasanya ombak terlalu besar, jadi kesempatan untuk bisa merasakan sensasi berenang di pinggir laut selatan akan tenggelam karena alasan keamanan.

Tebing Kedung Tumpang

Beberapa Pengunjung Tebing Kedung Tumpang

Tebing Kedung Tumpang

Sunset Tebing Kedung Tumpang Sisi Barat

Menurut salah satu pengunjung yang sudah dua kali mengunjungi Kedung Tumpang

“Tempat ini tidak pernah sepi mas, walaupun hari kerja, saya datang dua kali dengan waktu yang berbeda pagi dan siang, tapi tetap sama saja, ramai.”

Semoga saja dengan ramainya pengunjung Kedung Tumpang tidak menjadi tempat yang kotor, tetap jaga kebersihan alam ya kawan.

Tebing Kedung Tumpang

Bersama kawan dan penjaga Tebing Kedung Tumpang

Ada dua jalur pendakian untuk menuju ke Kedung Tumpang, ada jalur timur dan barat, untuk langsung menuju ke Kedung Tumpang kalian harus melewati jalur barat yang cukup menguras tenaga, untuk jalur timur kalian juga akan menemukan tempat pemandian alami namun tidak seluas Kedung Tumpang, tapi masih bisa dibuat mandi dengan alasan ombaknya yang tidak terlalu besar, untuk trekingnya jalur timur lebih mudah dibanding jalur barat, tapi tenang saja, sudah disediakan tali tampar cukup besar untuk pegangang ketika naik dan turun.

Wisata Alam ke Tebing Kedung Tumpang, Tulungagung
5 (100%) 2 votes
(Visited 569 times, 1 visits today)


About

Blogger and Photographer


'Wisata Alam ke Tebing Kedung Tumpang, Tulungagung' have 1 comment

  1. November 18, 2015 @ 9:37 am Nurul Rahmawati

    woooowww!!!

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool