Pantai Sanggar Tulungagung

Wisata Alam ke Pantai Sanggar, Tulungagung

Wisata Alam ke Pantai Sanggar, Tulungagung – Banyak yang bilang kalau Pantai Selatan Jawa menyimpan banyak keindahan yang bisa bikin segar baik jasmani maupun rohani. Kali ini aku berhasil dibikin penasaran dengan sebutan pantai yang memiliki julukan The Dreamland of Tulungagung karena keindahan ombak dan karangnya yang bisa bikin betah, karena rasa penasaran yang sangat tinggi akhirnya aku memutuskan untuk berangkat ke Pantai Sanggar Tulungagung.

Untuk menuju kesana kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum dari Surabaya, untuk kendaraan umum ada dua Bis yang bisa langsung membawa kalian ke Tulungagung dari Terminal Purabaya ke Terminal Gayatri, ada P.O Harapan Jaya dan P.O Pelita Indah tinggal pilih saja, untuk tarifnya Rp 50.000 Patas dan Rp 26.000 AC Tarif Biasa/Ekonomi.

Setelah sampai Terminal Gayatri kalian bisa cari informasi untuk persewaan kendaraan baik itu Spd. Motor dan Mobil, untuk persewaan kendaraan relatif murah, Spd. Motor ada dikisaran Rp 30.000 – 50.000/hari, kalau mobil sekitar Rp 70.000 – Rp 100.000/hari.

Pantai Sanggar Tulungagung

Jalan Menuju ke Pantai Sanggar

Kalau menggunakan kendaraan pribadi kalian bisa menggunakan Spd. Motor dan Mobil dari Surabaya kemudian tinggal nyalakan GPS dan langsung menuju ke Desa Jengglungharjo, Kec. Tanggunggunung. Sesampainya di Kec. Tanggunggunung kalian ikutin saja terus rute jalannya, hati-hati karena jalannya lumayan rusak.

Setelah menempuh kira-kira 7 Km pelankan kendaraan dan lihat sebelah kiri jalan, disana akan ada penunjuk jalan dimana kalian sudah sampai di lokasi treking ke Pantai Sanggar. Jika kalian menggunakan mobil maka ada dua pilihan untuk menuju kesana, bisa berjalan kaki dan menyewa ojek, untuk sewa ojek ada dikisaran Rp 15.000 – Rp 20.000 sekali antar, namun kalau kalian menggunakan Spd. Motor kalian bisa menaikkinya sampai di pinggir pantai, namun tetap waspada ya, karena jalannya hanya setapak, untuk jarak treking sekitar 3 Km dari desa terakhir.
Bahan logistik tidak perlu membawa terlalu banyak, cukup camilan dan air putih saja karena disana sudah tersedia warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Pantai Sanggar Tulungagung

Pemandangan Pantai Sanggar dari bukit

Pantai Sanggar Tulungagung

Cekungan bibir pantai sanggar

Pantai Sanggar Tulungagung

Karang di pantai sanggar

Pantai Sanggar Tulungagung

Ombak yang cukup besar namun cukup aman.

Oke, ternyata benar apa yang dikatakan saudaraku, benar kalau ini disebut dengan The Dreamland of Tulungagung, cekungan pantai yang membikin ombak besarnya cukup aman untuk bermain air dan kemudian masih banyak karang besar dan biota laut yang cukup segar untuk mencuci mata yang terbiasa dipenuhi asap kendaraan akan terbayar dengan keindahan yang diberikan oleh Pantai Sanggar.

Ada beberapa spot menarik yang menurutku cukup keren untuk selfie dan mengambil foto landscape, namun kalian harus cukup bernyali untuk menempuhnya. Oke, kalau kalian melihat ada tebing di pucuk cekung pantai sanggar, nah itu dia spotnya, cukup menantang bukan, namun dijamin disana pasti keren banget, sayangnya saat itu aku terlalu sore untuk bisa mengambil gambar disana, jadi belum kesampaian untuk menuju kesana deh. Oke, untuk waktu yang tepat menuju kesana adalah pagi sekitar pukul 05.30 – 10.00 WIB atau sore jam 14.00 – 16.30 WIB.

Oh iya, Pantai Sanggar ini ternyata baru dibuka lho, tepatnya pada bulan April 2014 yang lalu, jadi buruan aja kesini dan jaga kelestariannya, jadilah yang pertama yang bisa memberikan wawasan untuk selalu menjaga kelestarian alam, jangan meninggalkan apapun kecuali jejak kaki, *hehe.. duh kenapa jadi orasi begini sih.
Tetep jaga kelestarian alam Indonesia ya.

Wisata Alam ke Pantai Sanggar, Tulungagung
5 (100%) 1 vote
(Visited 687 times, 1 visits today)


About

Blogger and Photographer


'Wisata Alam ke Pantai Sanggar, Tulungagung' have 6 comments

  1. November 9, 2015 @ 2:07 pm Rahmah

    Selalu suka dengan angle fotonya 🙂

    Reply

    • November 16, 2015 @ 7:12 am Aziz Nur Kartika Hadi

      Waaah, terima kasih mbak, maap balesnya lama, lagi cari bahan buat yang lain nih, hehehe.. 😀

      Reply

  2. November 11, 2015 @ 3:03 pm entas suliana

    Sering mudik ke Tulungagung tp belum pernah kesiniiiii …. *nyesek*

    Reply

    • November 16, 2015 @ 7:13 am Aziz Nur Kartika Hadi

      Wow, harus kesana deh kalo punya waktu lebih pas di Tulungagung, ternyata Kabupaten ini menyimpan keindahan pantai dan tebing yang keren mbak. 😀

      Reply

  3. November 11, 2015 @ 3:24 pm Niar Ningrum

    masih alami yoo mas jadi harus bener2 dijaaga neh.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool