Bosem Wonorejo

Wisata Alam di Bosem Wonorejo, Surabaya

Surabaya, selain terkenal dengan kuliner dan tempat bersejarahnya ternyata di kota yang berjuluk Kota Pahlawan ini menyimpan keindahan alam yang tentunya tidak dimiliki kota-kota metropolitan lain di Indonesia. Keindahan alam yang dimaksud adalah ada pada pesisir timur Surabaya yang menyimpan keanekaragaman hayati mulai dari tanaman mangrove dan berbagai macam burung yang menjaga ekosistem pesisir tersebut.

Hutan Mangrove memiliki peran yang sangat penting seperti menjaga garis pantai tetap stabil, melindungi pantai dan sungai dari bahaya erosi dan abrasi serta sebagai penghasil oksigen dan menyerap karbondioksida. Bayangin saja kalau hutan mangrove Surabaya ini tidak terawat dan akhirnya rusak, tentunya Surabaya yang terkenal panas ini akan semakin panas dan tidak akan pernah terlepas dari yang namanya banjir meskipun volume curah hujannya kecil. Terima kasih kepada siapapun yang telah merawat ekowisata hutan mangrove Surabaya.

hutan mangrove surabaya

jalan setapak hutan mangrove, (sumber foto: ppid.dephut.go.id)

 

 

hutan mangrove surabaya

kawasan hutan mangrove, (sumber foto: ppid.dephut.go.id)

 

Hutan Mangrove Surabaya saat ini menjadi tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Surabaya, udara yang segar serta transportasi air dari perahu yang menambah kesan petualangan di alam liar menjadi nilai tambah tersendiri bagi kawasan Bosem Wonorejo Kec. Rungkut, Surabaya.

Jadi buat kamu yang lagi bosan dengan pemandangan gedung tinggi dan kepulan asap kendaraan di tengah kota Surabaya, kalian bisa langsung berkunjung kesana deh, biaya untuk berkunjung kesana juga tidak terlalu mahal kok, kalian cukup siapkan dana Rp 25.000 untuk menyewa perahu, atau jika ingin berjalan kaki kalian bisa melewati jalan setapak yang terbuat dari kayu dan siapkan hidung kalian untuk menghirup udara segarnya.

Jika kalian tidak membawa bekal makanan dan minuman, tenang saja karena disana sudah tersedia berbagai kios makanan dan minuman yang cukup nyaman disekitar tempat parkir kendaraan.

Selain keindahan hutan mangrove surabaya, Bosem Wonorejo juga memiliki keindahan kawanan burung liar yang menghuni daerah tersebut, ada beberapa macam burung yang bisa aku kenali dan abadikan, salah satunya adalah The Great Blue Heron, Kingfisher dan masih banyak jenis burung yang lain yang bisa kalian nikmati disana. Untuk bisa menikmati kawanan burung liar, jangan lupa untuk membawa binokular, kamera dengan lensa yang memadai untuk kehidupan liar, peralatan treking seperti sepatu, topi, baju lengan panjang, kacamata hitam dan jaket. Oh iya, jangan lupa untuk membawa kompas ya.

 

pemandangan bosem wonorejo

 

 

salah satu burung kingsfisher

 

 

sunrise bosem wonorejo

 

 

kawanan burung gajahan

 

Kalau mau jalan-jalan ke surabaya, cari aja keperluannya di sini : hotel murah di surabaya dan tiket pesawat Jakarta Surabaya

Akses menuju kesana sangatlah mudah, kalian tinggal cari arah menuju ke Jl. Raya Kedung Baruk terus ke timur sampai ketemu penunjuk arah ke Wisata Bosem Wonorejo, sampai disana kalian akan dibimbing terus oleh penunjuk jalan sampai bertemu dengan pemberhentian terakhir yaitu parkir kendaraan.

Waktu yang paling nyaman untuk berkunjung ke Bosem Wonorejo adalah pagi hari, karena kawanan burung dan udara disana masih sangat segar, dan jika kalian beruntung kalian bisa menikmati sunrise di pesisir pantai paling timur Surabaya.

Hmm, bagaimana? Tertartik untuk berkunjung ke Wisata Alam Bosem Wonorejo Surabaya? Langsung aja deh siapin semua kebutuhan yang sudah aku sebutin diatas, dijamin bakal ngerasain Surabaya yang tidak seperti biasanya.

Wisata Alam di Bosem Wonorejo, Surabaya
4.9 (97.14%) 7 votes
(Visited 1,294 times, 1 visits today)


About

Blogger and Photographer


'Wisata Alam di Bosem Wonorejo, Surabaya' have 31 comments

  1. October 8, 2015 @ 6:23 pm eda

    Kereeen fotonyaa.. Aku blm pernah ke sana.. Padahal wong suroboyo asli

    Reply

    • October 10, 2015 @ 12:44 am Aziz Nur Kartika Hadi

      Waaa, terima kasih.. Hayoo sebagai arek suroboyo harus kesana nih.. ๐Ÿ˜€

      Reply

      • June 4, 2016 @ 7:29 am Isfan Rachmad

        Pakai lensa apa itu bang ?
        Tapi btw hasilnya bagus bang ekekekekek (y)

        Reply

  2. October 8, 2015 @ 6:27 pm Hilda Ikka

    Ini yang biasanya dipake foto prewed itu kan?
    Cari objek foto yang nggak dilewatin orang ya? Di sana rame banget sih

    Reply

    • October 10, 2015 @ 12:45 am Aziz Nur Kartika Hadi

      Iya mbak Hilda, lumayan sering sih dipake Prewed, tapi kalo spot untuk melihat burungnya ada spot khusus yang banyak ga dilewatin orang

      Reply

  3. October 8, 2015 @ 6:37 pm Nining

    Pengen ah kesini kapan2, sambil liat sunrise bak sunbathing hahaha trus sambil ngopi *srupuuuut
    Nikmatnya Suroboyoku

    Reply

  4. October 8, 2015 @ 7:13 pm Dwi Indah Nurmaturrokhmah

    Aaaaak ajak aku hunting foto burung…

    Reply

  5. October 8, 2015 @ 7:28 pm Rahmah

    Jadi ingat klo mas Aziz pernah jadi panitia BN2011…
    Bagian dokumentasi kan ya? CMIIW
    Kapan-kapan mau ah ke sini…

    Reply

    • October 10, 2015 @ 12:48 am Aziz Nur Kartika Hadi

      Waa, masih ingat ternyata, ia mbak saya kebagian dokumentasi saat itu
      Iya, harus kesana nih mbak Rahmah ๐Ÿ˜€

      Reply

    • March 16, 2017 @ 2:50 am Sherry

      This article achvieed exactly what I wanted it to achieve.

      Reply

  6. October 8, 2015 @ 7:36 pm VandaArie

    Aakk… Foto-fotonya cakeeeppp. Bikin mupeng pingin ke sana.

    Reply

  7. October 8, 2015 @ 8:29 pm Niar Ningrum

    Poto2 nya baguss mas, buat prewed bagus itu

    Reply

    • October 10, 2015 @ 12:49 am Aziz Nur Kartika Hadi

      Terima kasih mbak Niar, iya bagus emang buat prewed, *lagi persiapan nih sepertinya? hehe..

      Reply

  8. October 8, 2015 @ 10:04 pm Yudhie

    Saya suka sunrisenya, tapi kok kyk sunset ya hehe..kl saya wajar tinggal di Jakarta baru tahu tempat keren ini tapi diatas saya yg comment ternyata gagal jadi orang Suroboyo krn blm pernah kesini hahaha peace

    Reply

    • October 10, 2015 @ 12:50 am Aziz Nur Kartika Hadi

      Terima kasih mas Yudhie, iya ya kadang suka bingung antara sunrise sama sunset, hehe..
      Wah kalo yang diatas sepertinya harus sering jalan jalan lagi nih.. ๐Ÿ˜€

      Reply

  9. October 8, 2015 @ 11:12 pm Ihwan

    Pernah baca di postingan temen blogger, melihat foto burung dan pemandangannya nggak percaya kalau ini di Surabaya sebab selama ini di mata saya Surabaya itu panas.

    Reply

    • October 10, 2015 @ 12:53 am Aziz Nur Kartika Hadi

      Iya mas Ihwan, belum banyak yang tahu kalau di Surabaya juga ada tempat seperti ini, semoga saja ketika banyak yang tahu makin dilestarikan. ๐Ÿ˜€

      Reply

  10. October 9, 2015 @ 7:37 am Dwi Puspita

    aku belum pernah ke bosem sini mas..pengen sekali bermain dgn burung disini…

    Reply

    • October 10, 2015 @ 12:54 am Aziz Nur Kartika Hadi

      hayuk hayuk, kapan-kapan deh diadakan kopdar di Bosem Wonorejo, sekalian aku kasih tahu spot melihat burungnya..

      Reply

  11. October 9, 2015 @ 8:09 am @nurulrahma

    Jawaaaab, mas Aziz… Jawaaaaab…! Hahahahaha ๐Ÿ™‚
    Penggemar postingan ini BUANYAAAK bingits ๐Ÿ™‚

    Reply

    • October 10, 2015 @ 12:54 am Aziz Nur Kartika Hadi

      Waoowww.. sudah dijawab nih, sebisanya ya kalau menjawab, hehe.. terima kasiiih.. ๐Ÿ˜€

      Reply

  12. October 9, 2015 @ 9:25 am Entas Suliana

    Pernah ke sini dan nyasar, terus mau kesini lagi lupa jalan. Mas Aziz mau jd penunjuk jalaaaannn??? huahahahah ….

    Reply

    • October 10, 2015 @ 12:55 am Aziz Nur Kartika Hadi

      Waduuuh jangan sampe kesasar yang kedua kalinya deh.. boleehhh.. sekalian kopdar disana ajaa..

      Reply

  13. October 9, 2015 @ 10:59 am Vanda Nur Arieyani

    Belum kelakon kesini, ketunda terus hiks. Foto-fotonya cakep banget mas Aziz bikin emak2 macam saya histeris pingin segera main ke tempat indah begini ๐Ÿ˜€

    Reply

  14. October 14, 2015 @ 6:26 am Ria Rochma

    Dari kemaren-kemaren diiming-iming aja sama sodara yang udah ke sana. Pengennya ampun.. Tp waktunya mesti belum kesampaian

    Reply

  15. October 20, 2015 @ 5:13 pm Gaguk

    Dari sidoarjo – gedangan itu masih jauh ya mas..

    Reply

    • November 15, 2016 @ 10:31 am Bobbi

      BION I’m imsersped! Cool post!

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2015ย HelloSurabaya.comย a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool