Stadion Gelora 10 Nopember

Stadion Gelora 10 Nopember Kenangan dan Kebanggaan Arek-Arek Suroboyo

Stadion Gelora 10 Nopember

Stadion Gelora 10 Nopember

Tanggal 10 Nopember selain dikenal sebagai hari pahlawan juga melekat dengan Kota Surabaya. Karena sejarahnya berangkat dari peristiwa yang terjadi di Surabaya itu pula, kota ini dikenal sebagai kota pahlawan. Tanggal bersejarah tersebut juga disematkan pada nama salah satu stadion yang mempunyai kenangan tersendiri bagi warga Kota Surabaya, terutama para pecinta sepak bola. Stadion Gelora 10 Nopember, yang terletak di Kecamatan Tambaksari sampai saat ini masih berdiri dengan kokoh menyimpan banyak kenangan kejayaan tim kebanggaan arek-arek Suroboyo yaitu Persebaya. Kapasitas stadion ini sebanyak 35.000 penonton setelah renovasi tahun 1993. Selain pernah menjadi tempat bertanding laga sepak bola bergengsi, stadion ini juga pernah menjadi saksi event besar PON VII 1969 Jawa Timur.

Stadion Gelora 10 Nopember

Suasana Dalam Stadion Kini

Dahulu ketika Stadion Gelora 10 Nopember masih bernama Lapangan Tambaksari juga memiliki peranan dalam peristiwa di Hotel Yamato. Lapangan Tambaksari digunakan oleh Barisan Pemuda Surabaya untuk mengadakan rapat raksasa mengenai upaya mempertahankan kemerdekaan. Barisan Pemuda Surabaya tersebut membawa bendera merah putih untuk dikibarkan di seluruh penjuru kota. Gerakan tersebut dilakukan setelah adanya maklumat pemerintah bahwa mulai 1 September 1945 bendera nasional harus terus dikibarkan di seluruh Indonesia. Bahkan stadion ini ditetapkan menjadi Bangunan Cagar Budaya oleh Pemerintah Kota Surabaya. Dengan statusnya tersebut, keberadaan stadion ini dilindungi oleh undang-undang dan hal tersebut juga menjadi alasan pemerintah kota tidak menjualnya saat sepak bola mengalami kelesuan.

Stadion Gelora 10 Nopember

salah Satu Penjual Merchandise

Saat ini stadion Gelora 10 Nopember tidak lagi riuh dengan yel-yel fanatisme para bonek untuk mendukung Persebaya. Seluruh laga sepak bola telah berpindah tempat ke Stadion Gelora Bung Tomo yang aksesnya bisa dibilang tidak mudah. Meskipun laga persepakbolaan di Surabaya tidak lagi diadakan di Stadion Gelora 10 Nopember tak berarti kegiatan di sana mati sama sekali. Namun saat ini hanya digunakan untuk kegiatan sepak bola yang bersifat pembinaan bukan profesional dan disewakan untuk berbagai kegiatan. Bahkan para penjual merchandise sepak bola masih riuh di sekitar Gelora 10 Nopember.

Stadion Gelora 10 Nopember

Tempat Bermain di Taman Mundu

Stadion Gelora 10 Nopember

Pagi Hari di Taman Mundu

Meskipun hanya sekali saya sempat menonton pertandingan di Stadion Gelora 10 Nopember tapi saya juga merasakan kenangan dari semangat para suporter dalam mendukung tim yang dibanggakan kota ini. Semoga kelak ada angin segar yang membuat keadaan stadion ini menjadi lebih baik. Tidak hanya difungsikan sebagai tempat olahraga tapi juga wisata melihat kemegahan dari sejarah pertandingan dan sejarah upaya mempertahankan kemerdekaan bangsa.

Di depan stadion saat ini dibangun sebuah taman yang sebenarnya mendukung jika kelak menjadi objek wisata. Taman mundu yang teduh saat siang hari dan juga sangat ramai pada malam hari. Bahkan di taman itu saya juga biasanya sekadar duduk dan memandangi kemegahan bangunan Stadion Gelora 10 Nopember yang tidak lagi bergeliat semangatnya. Jadi siapa warga Surabaya yang tidak terkenang jika lewat depan stadion ini?

Stadion Gelora 10 Nopember Kenangan dan Kebanggaan Arek-Arek Suroboyo
5 (100%) 3 votes
(Visited 1,458 times, 1 visits today)


About

A woman from your future, blogger, love wandering, and love you.


'Stadion Gelora 10 Nopember Kenangan dan Kebanggaan Arek-Arek Suroboyo' have 8 comments

  1. November 9, 2015 @ 1:56 pm Rahmah

    Sering dengar namanya tapi blum sempat narsis2 di sekitaran stadion…

    Reply

  2. November 11, 2015 @ 3:32 pm Niar Ningrum

    samping stadion ada soto ayam enak mbak, kudu dicoba tuh.. belom pernah masuk ke dalem, serem liat pertandingan gitu full orang

    Reply

    • November 16, 2015 @ 11:30 am Dwi Indah Nurmaturrokhmah

      Weh pas ke sana juga banyak yang jual, sayang ke sana sendirian. Kalo makan sendirian takut dibilang jomblo. wkwkw

      Reply

  3. November 11, 2015 @ 6:58 pm nining

    hampir 20thn tinggal di Surabaya, blm pernah sekalipun masuk ke stadion ini *blaaaah x_x

    Reply

  4. November 12, 2015 @ 4:40 pm Yuniari Nukti

    Indaah, kok bisa masuk ke dalam Stadion? Dari dulu aku pengen bisa masuk ke dalam stadion. Tapi kalau nggak pertandingan gak bisa masuk, kan..

    Reply

    • November 16, 2015 @ 11:32 am Dwi Indah Nurmaturrokhmah

      Bisa masuk kalau pas ada yang nyewa stadion mbak, kata temenku begitu. Aku sendiri kalau masuk ya pas nonton pertandingan aja.

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool