Sego Sambel Mak YeYe, bikin “Kapok Lombok”

Masih seputar kuliner malam di Surabaya, kalau kemarin saya sudah ngebahas tentang “Pecel Rawon Pucang“, kali ini saya akan ngebahas sajian lain yang patut dicobain juga kalau kamu lagi di Surabaya.

Orang Surabaya pada umumnya suka dengan masakan pedas. Bukan hal yang aneh kalau sering kali ada sambal sebagai teman santap di tiap makanan. Ga cuman jadi bumbu tambahan aja, sambal juga bisa jadi ‘main dish’ nya. Makanan kayak gini biasa disebut “sego sambel”.

Warung sego sambel ini mudah sekali ditemui di seluruh penjuru surabaya, sudah jadi semacam “fast food”. Cepat penyajiannya, murah harganya, tapi rasanya mantab dan yang paling penting.. mengenyangkan!

Ada cukup banyak warung sego sambel yang terkenal di Surabaya dengan cita rasa sendiri sendiri. Salah satu yang paling ramai dikunjungi ada di daerah Wonokromo Surabaya.

Sego Sambel Mak YeYe namanya.

Sego Sambel

Sego Sambel Mak Yeye

Warung yang sudah mulai berjualan dari tahun 1982 ini, sekarang biasanya baru buka sekitar jam 10 malam sampai habis. Warungnya sederhana, hanya sebuah meja beratapkan terpal biasa, yang diatasnya sudah disiapkan nasi, sambal, dan lauk pelengkapnya. meski warungnya tipe sederhana begini, yang beli banyak sekali dan bervariasi dari berbagai kalangan. mulai dari anak-anak sekolah dan kuliahan sampai ke kalangan “bermobil”. Kalau sudah jamnya rame, siap-siap deh rebutan sego sambelnya. Bahkan sekarang, tidak jarang saya lihat ada beberapa jasa pemesanan makanan lagi ikutan ngantri disitu, mungkin banyak yang ga kuat dengan antrinya.

Sego Sambel

sambel dan lauk pauknya

Meski sudah berumur, si Mak masih tetap aktif berjualan. Tapi sekarang sudah dibantu oleh anak-anaknya. Dalam satu porsinya kita dapat telur dadar, tempe, dan ikan Pe sebagai lauk dasarnya. Lauk ini bisa di tambah atau dikurangi sesuai dengan selera. Lauk lainnya ada ikan lele , telur mata sapi dan ayam goreng juga.

Sego Sambel

seporsi sego sambel Mak YeYe

Apa sih yang bikin Sego sambel ini spesial? ya jelas sambelnya donk. Sambel ekstra pedas ini bisa bikin kamu merem melek, tapi tetep nagih untuk terus makan lagi, atau istilahnya “KAPOK LOMBOK”. Kalau bukan penikmat pedas yang ekstrim ga bisa cobain donk? bisa kok. Dulu memang hanya ada satu tipe sambel aja, tapi sekarang sudah bisa request sambelnya mau yang “pedas” atau yang “manis”. Sambel “manis”-nya ya tetep aja pedes sih, cuman ga se-‘jahat’ yang pedes murni. Selain sambelnya, lauk ikan Pe di sini juga jadi lauk primadona yang selalu dinanti oleh para penikmat sego sambel.

Ramainya warung si Mak ini secara ga lansung membantu ekonomi lingkungan sekitarnya. Karena Warung si Mak cuman jual makanannya aja, jadi banyak muncul warung di sekitarnya yang menyediakan macam-macam minuman buat dinikmati bareng sego sambel si Mak ini.

Sego Sambel Mak YeYe ini ga buka cabang ya, bahkan di Surabaya sendiri tidak ada cabang lain. Jadi kalau sudah ngebet pengen cobain sambel pedesnya yang melegenda, kamu harus langsung datang ke daerah Wonokromo Surabaya.

Sego Sambel Mak YeYe, bikin “Kapok Lombok”
4 (80%) 4 votes
(Visited 6,400 times, 1 visits today)



'Sego Sambel Mak YeYe, bikin “Kapok Lombok”' have 13 comments

  1. October 16, 2015 @ 1:34 pm Dwi Puspita

    enak sekali makanan ini..jadi laper deh….

    Reply

  2. October 16, 2015 @ 2:13 pm Aya

    Ngilerrr, eh ini deket kosku, Mas. Di sekitaran jagir wonokromo emang paling oke penyetannya, tapi aku belum nyoba yang mak yeye ini 🙁

    Reply

    • October 17, 2015 @ 12:49 pm Miftahul Faza

      lho.. udah deket kok ngga pernah di samperin mbak.. ayo dicobain itu..

      Reply

  3. October 16, 2015 @ 2:22 pm Rahmah Usman

    Olala yeye olala yeye… uppsss
    Nih postingan bikin laper aja deh…

    Reply

    • October 17, 2015 @ 12:51 pm Miftahul Faza

      langsung cobain mbak.. ojo njoget olala yeye.. hihihi

      Reply

  4. October 16, 2015 @ 2:28 pm Niar Ningrum

    Leg sing beli ganteng pasti di duluin, kalau ceewek cantik di kerik no, ngenesss

    Reply

    • October 17, 2015 @ 12:50 pm Miftahul Faza

      lho iyo tah mbak? hahaha.. baru ngerti ini lho aku..

      Reply

  5. October 17, 2015 @ 3:37 pm Nining

    aduhhh ngeliat sambelnya langsung ngecessss ini mas’e hahahahahaha
    antri’in dong *eaaa

    Reply

    • October 19, 2015 @ 2:19 pm Miftahul Faza

      antri bareng aja mbak.. kalo barengan rame-rame ntar kan ga kerasa antrinya.. hihihi

      Reply

  6. October 20, 2015 @ 10:12 pm sgw waluyo

    Di Wonokromo (dekat stasiun) setahuku ada warung kothokan yang menunya ikan pari (orng surabaya biasa menyebut “iwak pe”), telur atau tahu. Rasanya juga pedes mantap, bukanya malam hari. Sekarang masih ada nggak?

    Reply

    • October 21, 2015 @ 11:54 am Miftahul Faza

      hm… kurang tau kalau yang itu, mas.. soalnya yang terkenal dengan iwak pe, sambal pedas mantap dan di daerah wonokromo itu ya si Mak yeye ini..

      Reply

  7. February 15, 2017 @ 11:52 pm Nabila

    Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH Darko dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH Darko dan mengikuti 4D nya yaitu 5713 dan alhamdulillah berhasil 085 394 591 995 .!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG MBAH Darko nomor ritual MBAH Darko meman benar2 100% tembus.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool