Sate Klopo

Sate Klopo Ondomohen “Bu Asih” Surabaya, Uenak Tenan Rek!

Ezytravelers pernah dengar yang namanya sate klopo? Eits, jangan bayangin kalo sate ini terbuat dari daging kelapa yang ditusuk lalu dibakar seperti sate pada umumnya ya. Beneran bukan loh! Terus apa dong? Sebenernya sih bahan dan proses pembuatan sate klopo hampir sama dengan sate-sate lainnya. Yang membedakan hanyalah tusukan daging yang hendak dibakar dilumuri parutan kelapa terlebih dahulu sehingga rasanya lebih gurih dan makin krez. Buat kamu yang berencana traveling ke Surabaya, wajib hukumnya untuk mencicipi kelezatan kuliner satu ini!

Di antara sekian depot sate klopo yang buka usaha di Surabaya, ada satu yang paling melegenda. Yakni, Sate Klopo Ondomohen “Bu Asih”. Gimana nggak melegenda kalo ternyata usaha depot ini udah berdiri sejak 61 tahun silam! Wow! Ondomohen yang melekat pada nama depot pun berasal dari nama jalan lokasi usahanya berdiri, yang kini telah berganti nama menjadi jalan Walikota Mustajab.

Depot Sate Klopo Ondomohen ini merupakan usaha milik mertua yang diteruskan oleh Bu Asih bersama sang suami. Dulunya, depot Sate Klopo Ondomohen ini masih berupa tenda dan lesehan. Walau begitu, pelanggannya yang bejibun pun rela ngemper-ngemper segala demi menikmati kelezatan sate kloponya. Syukurlah kini Bu Asih sudah bisa menyewa tempat dong, agar pelanggan bisa menikmati sate kloponya dengan nyaman. Tapi tetep aja di jam-jam tertentu macam jam sarapan, jam makan siang, dan jam makan malam, pelanggan yang nggak kebagian tempat duduk pun rela makan ngemper di pinggir jalan! Fantastis!

Sate Klopo

Aku pun pernah ngelakuin kesalahan dengan menghampiri depot ini di jam makan siang. Duile pemandangannya… mobil-mobil berjejer, orang-orang kantoran rela ngantri demi seporsi. Kalo aku enggak deh, mending lain waktu hehe. Akhirnya aku balik lagi ke sini di kemudian hari pada Sabtu malam dan kondisinya lumayan aman.
Kalo mau makan sate klopo di sini emang kudu suabar Rek! Kalo lagi rame ya antri dulu, kalo dapet tempat ya duduknya semeja tandem dengan pelanggan lain. Gak usah kemendel ya, karena depot Sate Klopo Ondomohen “Bu Asih” ini kan judulnya tempat makan, bukan tempat nongkrong. Jadi ya kalo makan di situ jangan dilama-lamain, rumangsa ya sama lainnya yang antri.

Sate Klopo Ondomohen menyediakan varian daging sapi dan ayam. Bahkan untuk daging ayam, pelanggan bisa memilih sate bagian otot atau bahkan sumsum. Seporsi sate klopo berisi 10 tusuk. Aku datang ke sini bersama lelakiku dan kita berdua beda selera. Aku prefer daging ayam dia maunya daging sapi. Berdasarkan pengalaman kunjungan pertama kita makan di sini, sate seporsi itu kebanyakan buat kita berdua yang emang irit dalam hal makan kyakakaka. Jadilah kita memesan porsi sate klopo daging ayam dan sapi setengah-setengah dalam satu wadah.

Tau gak letak kenikmatan sate klopo ini ada di mana? Tentu pada gurihnya daging yang dibakar bercampur dengan parutan kelapa dooongs. Apalagi dagingnya empuk dan juicy. Ya jelas lah, lha wong proses pembakaran satenya masih menggunakan cara tradisional alias diipit (dipanggang menggunakan arang) sambil dikipas-kipas pake tangan! Lhadalah lapooo gak atek kipas angin? Tujuannya jelas agar matang sempurna luar dalam. Hmm… pantesaaan, uenak!

Sate Klopo

Sate klopo ini tentunya klop banget disantap dengan sepiring nasi hangat… yang bertabur srundeng! Olala sedapnyaaaa, aku suka srundeng! Akibatnya, gurihnya makan sate klopo jadi dobel-dobel lezatos.

Jpeg

Sate Klopo

Seperti halnya Rawon Setan, depot Sate Klopo Ondomohen “Bu Asih” ini pun menjadi jujugan favorit beberapa artis ibukota. Lihat saja pigura-pigura di dinding yang memajang foto-foto kunjungan artis ternama bahkan beberapa penghargaan wisata kuliner yang dianugerahkan pada depot milik Bu Asih ini. Di kunjungan pertama, aku pernah ketemu Ramon Y. Tungka makan di sini! Tapi saking cemennya aku, nggak berani langsung minta foto bareng sekaligus takut salah orang. Eh lha kok setelah browsing di Google beneran mirip lhoooo, apalagi Ramon ini asli arek Suroboyo! Huhuhu emaneee.

Sate Klopo

Soal harga, bagiku sah-sah aja untuk seporsi sate klopo daging sapi + nasi dibanderol Rp 27.000,- dan Rp 20.000,- untuk daging ayam + nasi. Makanya untuk porsi sate setengah-setengah + 2 piring nasi yang aku pesan, kena Rp 28.000 aja! Es tehnya cuma 2 ribu dan gelasnya lumayan gede. Aseeek. Oya, yang mau menikmati sate klopo pake lontong disediakan juga lho!

Meski ramai pengunjung, pelayanan depot Sate Klopo Ondomohen ini cukup ramah. Bu Asih sendiri meski udah jadi bos nggak segan-segan membantu karyawannya menjaga kasir atau pun membungkus pesanan. Sayangnya lahan parkir tidak tersedia cukup luas di depot ini. Jadi kalo bawa mobil bisa jadi parkir agak jauh beberapa meter dari lokasi depot.

Sate Klopo Bu Asih

Bu Asih yang murah senyum

Sate Klopo Ondomohen “Bu Asih” buka dari jam 07.30 – 23.30 WIB. Lama banget kan? Makanya sempetin ke sini, langsung aja cuss ke Jl. Walikota Mustajab no. 36 Surabaya. Kalo nggak mampir, dijamin rugi Rek!

Sate Klopo

Sate Klopo Ondomohen “Bu Asih” Surabaya, Uenak Tenan Rek!
4.7 (93.33%) 3 votes
(Visited 473 times, 1 visits today)


About

Perempuan pengacara alias pengangguran banyak acara. Takut gemuk tapi hobi makan. Bangga pernah ketemu dan foto bareng dengan idola, Kevin Aprilio.


'Sate Klopo Ondomohen “Bu Asih” Surabaya, Uenak Tenan Rek!' have 11 comments

  1. October 22, 2015 @ 6:33 pm Rahmah

    Wow… ketok’e maknyus tenan iki… *luweeee

    Reply

  2. October 23, 2015 @ 7:29 am Dwi Puspita

    enak banget kayaknya ya sate kelapanya..mau nyoba juga ah….

    Reply

    • October 26, 2015 @ 12:01 pm Hilda Ikka

      Ayok Mbak, deket ama Balai Kota kan yaah

      Reply

  3. October 23, 2015 @ 8:12 am Nining

    biasanya kalo ketemu idola gt bkn cemen sih, tp lebih ke ketenggengen hahaha apa ya bahasanya :p

    Reply

    • October 26, 2015 @ 12:06 pm Hilda Ikka

      Ahahaha iyo Mbak, antara percoyo dan nggak percoyo. xD

      Reply

  4. October 23, 2015 @ 10:33 am @nurulrahma

    Sate klopone gede-gde yo mbak Wenak!

    Reply

    • October 26, 2015 @ 12:07 pm Hilda Ikka

      Iyo Mbak, makanya aku cuma pesen 5 tusuk seporsi

      Reply

  5. October 23, 2015 @ 12:32 pm Niar Ningrum

    Ngilerr lama ngak ke sana yaa, huhuhu

    Reply

  6. October 26, 2015 @ 12:09 pm Hilda Ikka

    Aku pisan Mbak Niar, makane langsung kangen 😀

    Reply

  7. October 26, 2015 @ 12:14 pm Radik

    Enak ini satenya, porsinya gede tapi sayang porsi nasinya ngga aku banget hehehehehe 😀

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool