Rumah Pintar Juanda Cendikia

Rumah Pintar Juanda Cendikia, Pilihan Lokasi Outbond untuk Anak-Anak

Banyak yang beranggapan kalau ingin outbond, lebih baik diadakan di lokasi yang jauh dari hingar bingar kota dan lokasinya di padang yang luas dengan pohon-pohon yang memberikan kesan sejuk. Saya pun juga awalnya beranggapan seperti itu. Tapi setelah berkunjung ke salah satu lokasi outbond yang berada di Sidoarjo, ternyata anggapan itu salah besar.

Namanya adalah Rumah Pintar Juanda Cendikia, yang diresmikan oleh ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono pada tahun 2009. Lokasinya, nggak jauh kok sama bandara Juanda, malah kalau saya bilang masih satu kompleks. Lebih tepatnya, kalau kita ingin ke Juanda atau sepulang dari Juanda, kita pasti melewatinya.

Menurut keterangan salah satu pegawainya, dulu Rumah Pintar Juanda Cendikia ini adalah museum untuk pesawat-pesawat milik Angkatan Laut yang sudah nggak dipakai lagi. Kemudian, seiring dengan minat masyarakat akan ilmu pengetahuan tentang Angkatan Laut, dipindahkanlah pesawat-pesawat yang sudah tidak terpakai itu ke lokasi yang lebih strategis dan bekas museum ini akhirnya diubah konsep menjadi lokasi wisata yang tidak hanya memberikan wawasan tentang Angkatan Laut saja, tetapi juga bisa dijadikan pilihan lokasi untuk diselenggarakannya outbond, terutama untuk anak-anak.

Rumah Pintar Juanda Cendikia

Namanya juga target pengunjungnya adalah anak-anak, jadi memang gedung-gedung dan propertinya dicat dengan warna yang cerah, dan dipenuhi dengan karakter kartun atau superhero kesukaan anak-anak. Yang membuat anak-anak senang atau terlunjak-lunjak adalah, saat pertama kali masuk melewati pagar, di tengah lapangan akan ada sebuah pesawat tempur yang sudah tidak dipakai lagi tapi bisa dinaiki secara bergantian. Err, malah bikin anak-anak bersemangat buat outbond di sana kan?

Rumah Pintar Juanda Cendikia ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian untuk outbond yang lokasi di lapangan yang luas, dan bagian untuk pengembangan kreativitas serta ilmu pengetahuan yang lokasinya ada di dalam gedung utama.

Kita jalan-jalan dulu ke lokasi yang biasa dipakai untuk outbond yuk.

Rumah Pintar Juanda Cendikia ini memberikan fasilitas outbond anak-anak yang sebenarnya sudah terbilang oke dan aman. Anak-anak mana sih yang nggak tertarik naik jaring tali? Atau rame-rame melewati jembatan tali? Atau tertantang melewati jembatan kayu tunggal? Dan bagian serunya, siapa sih yang nggak mau naik flying fox? Haish, emaknya yang nganterin aja pengen banget cobain.

Rumah Pintar Juanda Cendikia

Rumah Pintar Juanda Cendikia

Lalu, aman nggak sih anak kecil outbond di sana? Aman dong. Karena saat outbond berlangsung, selain diawasi oleh penyelenggara outbond, akan banyak petugas dari Angkatan Laut yang lengkap dengan seragamnya mengawasi jalannya outbond. Bahkan, saat anak-anak naik flying fox, yang pasang perlengkapan lengkapnya, ya bapak-bapak dari Angkatan Laut ini.

Sudah puas outbond, langsung saja deh ke gedung utamanya.

Rumah Pintar Juanda Cendikia

Gedung Utama yang unik banget 🙂

Bentuk gedung utamanya unik, kalau dilihat-lihat, seperti gedung-gedung klasik di Moscow. Halah, perbandingannya saya buat sendiri sih. Hehehe.. Oh iya, sukanya di sana, ketika pertama kali masuk gedung, alas kaki harus dilepas. Pastinya, lantai ruangan akan selalu bersih dari debu-debu atau kotoran yang yah, kita tahu sendiri gimana anak kecil itu kalau sudah main-main.

Di dalam gedung utama, ada empat ruangan inti yang bisa dikunjungi, yaitu sentra komputer, sentra panggung, sentra buku dan ruang pameran. Di sentra komputer, ada banyak komputer yang bisa digunakan oleh anak-anak. Ruangan ini juga dipakai untuk menayangkan film-film tentang bertema pengetahuan. Lalu di sentra panggung yang merupakan ruangan luas dengan lantai berundak di sudut ruangan, biasa dipakai untuk melakukan aktifitas seperti drama atau pertunjukan tari. Kalau peserta outbondnya masih anak-anak pendidikan usia dini, mereka bisa menggambar bersama di sana. Kemudian di sentra buku, anak-anak akan dibuat terlena dengan bermacam-macam buku di sana. Lalu yang terakhir, ada runag pameran, dimana di sana akan banyak foto-foto yang menunjukkan tentang aktifitas Angkatan Laut, atau perkembangan Angkatan Laut dari tahun ke tahun, serta dipajang juga miniatur pesawat tempur dalam ukuran kecil.

Rumah Pintar Juanda Cendikia

Yang ada di dalam ruang pameran.

Wew… Bermanfaat sekali bukan outbond di sini? Tentunya, anak-anak nggak sekedar hanya dapatkan senang setelah outbond, tapi juga mereka akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan tentang Angkatan Laut. Ingin kemari bersama rombongan? Silakan, Rumah Pintar Juanda Cendikia ini dibuka sejak Senin sampai dengan Jumat, dari pukul 08.00 sampai 14.00 atau sampai acara outbond itu selesai.

Rumah Pintar Juanda Cendikia, Pilihan Lokasi Outbond untuk Anak-Anak
5 (100%) 1 vote
(Visited 3,906 times, 1 visits today)


About

Pemilik personal blog http://mamaarkananta.com | Guru Bimbingan Konseling di Gresik | Paper crafter di IG @kreasi_dluwang | Personal IG dan Twitter : @ria_rochma


'Rumah Pintar Juanda Cendikia, Pilihan Lokasi Outbond untuk Anak-Anak' have 6 comments

  1. October 29, 2015 @ 6:50 pm Rahmah

    Nyaman banget tempatnya…

    Reply

    • October 30, 2015 @ 9:46 am Ria Rochma

      Iya mbak, nyaman banget. Banyak pohon-pohon rindang juga yang bikin sejuk 🙂

      Reply

  2. October 31, 2015 @ 9:19 am Nining

    wuihhh yg ngawasin petugas AL ya mb? keceee bener, mana sepi juga, sptnya blm banyak yg tau ya…..tfs mb Ria 🙂

    Reply

  3. December 28, 2015 @ 11:55 am nunung

    Jam operasionalnya jam berapa ya mba, hari apa saja

    Reply

  4. March 13, 2016 @ 9:04 am farida rustika

    no….bln maret 2016 tempat outbond luar benar2 tdk nyaman persis pasar..n gak dibuatkan aula utk istirahat anak yg sdh capek outbond..apa minta ortu nggendongin anaknya yg capek kalleee…

    Reply

  5. January 7, 2017 @ 8:28 am elly dwi marya liyana

    saya boleh minta contoh surat permohonan kunjugan ke juanda untuk tk saya karena saya cari referensi tidak aada dan kemana saya harus alamatkan

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool