Rumah Hantu Darmo

Rumah Hantu Darmo Surabaya

Rumah Hantu Darmo, rumah besar tak berpenghuni terletak di tengah kawasan elit Surabaya Barat dan semenjak tahun 2000an ngehits disebut sebagai wisata horornya kota Surabaya. Belum ada informasi pasti kapan rumah tsb dinobatkan sebagai Rumah Hantu Darmo, tak dipungkiri pula besar sekali ketertarikan masyarakat Indonesia dengan hal-hal berbau mistis sehingga menjadikan rumah besar ini menjadi kondang dikalangan pecinta alam gaib.

Rumah yang letaknya di kawasan perumahan elit ini memang terlihat paling mencolok diantara rumah-rumah lainnya, mencolok disini dalam arti tidak terawat. Semak belukar, rumput ilalang menjadi “taman” di halaman depan rumah tersebut. Langit biru sore hari pun menggantikan atap rumah tsb, dinding tembok tinggi rumah pun sudah hancur membentuk pondasi aslinya. “Wuahhh besar banget ya ini rumah” celetuk suami saya waktu berkunjung melepas penat weekend kemarin, heh? Melepas penat dengan berwisata kemari? Demi apaaah cobak? Demi papah yang memang rada suka dengan hal-hal berbau horor seperti makhluk astral dkk, eh saya juga dink eaaaaa.

Rumah Hantu Darmo

pintu depan

Makhluk astral adalah istilah yang digunakan untuk menyebut makhluk hidup yang eksistensinya tidak dapat dijangkau oleh panca indera Manusia. ~ wikipedia

Untuk memenuhi rasa penasaran akan cerita yang beredar selama ini, beberapa sepeda motor terlihat berhenti di depan rumah sekedar melihat-lihat bahkan beberapa anak muda terlihat sedang ngobrol asyik di samping jalanan rumah tersebut. Termasuk saya dan suami yang ikutan penasaran dibuatnya. Ohiya saran saya kalau mau mampir dimari ada baiknya jangan malam hari, bukannya apa sih sekedar mencari amannya saja.

Rumah Hantu Darmo

Rumah Hantu Darmo

Nah nah mulai horor nih hahahaha ya iyalah namanya juga wisata horor. Etapi kenapa saya nggak malam aja kemari? Pernah malam-malam kemari, sepi banget rek dan untuk mengabadikan momen di kamera hape kok rasa-rasanya susah karena penerangan yang amat sangat minim di sekitar rumah tsb. Kalau siang hari kan kita berjaya mau ngambil momen dari sudut apa pun [alibi nih alibiiii].

Dari tadi ngobrolin seluk beluk si rumah aja, trus sisi horornya dimana sih? Ada beberapa versi yang beredar di tengah masyarakat mengenai keberadaan rumah tsb. Ada yang mengatakan bahwa keluarga yang dulunya menempati rumah tsb meninggal semua dalam perjalanan ke Bali. Tenggelam saat melakukan penyeberangan ke Bali, intinya satu keluarga meninggal semua karena kecelakaan. Setelahnya ntah siapa pewaris dari rumah tsb karna hingga kini dibiarkan mangkrak begitu saja tak berpenghuni.

Ada pula yang mengatakan bahwa meninggalnya satu keluarga tsb dikarenakan mereka ingkar terhadap “perjanjian” dengan makhluk dari alam gaib. Kesimpangsiuran cerita yang beredar di masyarakat seolah menjadikan rumah besar tsb beneran angker dan mistis. Bahkan beberapa acara di stasiun TV Swasta sebut saja Dua Dunia dan Mister Tukul pernah menjadikan rumah Darmo ini sebagai lokasi syuting mereka.

Di acara tsb para praktisi supranatural mencoba menggali informasi ada apa gerangan dengan rumah yang sekian tahun ditinggalkan penghuninya namun tak ada yang menempati kembali. Menggali informasi dengan cara berdialog dengan para makhluk astral (gaib) yang mendiami rumah tsb. Dari hasil gali informasi tadi ditengarai telah dilakukan beberapa aktivitas mistis seperti mendatangkan mahkluk-makhluk gaib hanya untuk mendapatkan pesugihan.

Ya nggak salah kalo makhluk-makhluk gaib tsb makin senang menempati rumah ini karena kesan horor dan angker tercipta dengan sendirinya di atas opini yang berkembang di masyarakat. Herannya lagi nih kalo emang sudah lama tidak berpenghuni mengapa pihak pengembang perumahan tidak mengambil alih kepemilikan dan merubah rumah menjadi layak huni. Bukan kah wilayah tsb berkembang pesat? Mulai dari hotel berbintang hingga apartment lengkap dijumpai di kawasan Surabaya Barat ini.

Nah itu lah triger yang menyebabkan makin banyak berhembus cerita-cerita horor seputaran rumah tsb. Hmmm masuk akal juga sih

Rumah Hantu Darmo

tampak dari samping

“Kalau emang nggak ada apa-apanya, kenapa nggak dipugar trus dibangun aja yak ini rumah?” #IMHO

Dua kali berwisata horor di Rumah Hantu Darmo bisa dikatakan bahwa rumah tsb nggak banyak berubah, kesan suram dan angker masih sama seperti 10 tahun yang lalu.

Rumah Hantu Darmo, terlihat sepi menyendiri dipojokkan tak berpenghuni seolah ingin menyampaikan sesuatu bahwa dia ingin tetap menyendiri seperti itu di tengah bangunan-bangunan mewah.

Rumah Hantu Darmo Surabaya
4.8 (96%) 5 votes
(Visited 1,725 times, 1 visits today)


About

Petite woman who loves shopping, traveling, culinary, fleurs et coffee addicts. (profilnya imut kaaan, kek orangnya :p)


'Rumah Hantu Darmo Surabaya' have 12 comments

  1. October 28, 2015 @ 4:16 pm Dwi Puspita

    jadi penasaran deh pengen kesini…tapi…kira2 berani nggak ya..masih mikir banyak kali….

    Reply

    • October 29, 2015 @ 3:40 pm Nining

      hihihii penampakannya gt sih ya itu rumah

      Reply

  2. October 28, 2015 @ 9:48 pm Rahmah

    Penasaran mau lihat bagian dalamnya, tapi…. atut 🙁

    Reply

    • October 29, 2015 @ 3:43 pm Nining

      tk anterin mbak hehehehe

      Reply

  3. October 28, 2015 @ 11:02 pm Yuniari Nukti

    Mbak Ning aku kok penasaran, ya.. kalau benar pemiliknya meninggal saat perjalanan, lalu perabotan di rumah ini kemana? gak kelihatan pintunya juga. Sekilas malah kayak bangunan belum jadi hehe

    Reply

    • October 29, 2015 @ 3:45 pm Nining

      komennya jeliiiii bgt, sama mb aku ya mikirnya…balik lagi tp ke habitnya org indo makin digosok makin sip dah itu HANTUnya hihihi…dan kalo ditilik dari sisi arsitek keliatan kok kalo itu rmh belum jadi #CMIIW

      Reply

  4. October 29, 2015 @ 11:19 am Zhuria RS

    Haiyya.. ogah kesana, Mbak…!!! Pingsan saya meskipun siang!!

    Reply

    • October 29, 2015 @ 3:46 pm Nining

      pingsan abis tu nyari es tebu ya mb Ria hehehe

      Reply

  5. October 29, 2015 @ 10:00 pm echaimutenan

    hiiiiii sereemmmmm

    Reply

    • October 30, 2015 @ 10:39 am nining

      tutup mata ya mb echaaaaaa kalo ceyem x_x

      Reply

  6. October 30, 2015 @ 12:34 am Ratna Dewi

    Sekilas memang kayak rumah yg belom jadi atau rumah2 yg ga jadi karena biasanya bangunannya bersengketa. Mungkin alasan pengembang krn itu tanah atau rumah sengketa kali *sotoy*. Kalo di jakarta mungkin mirip2 rumah pondok indah ya,tapi pengembang disini mah sikat aja mau horor apa ngga, buktinya banyak apartemen yg berdiri di tanah bekas kuburan jg, hihi. Oya, untung pas ambil gambar ga ada penampakan2 ya mba, biasanya kalo bangunan horor kan suka gitu…

    Reply

    • October 30, 2015 @ 10:40 am nining

      iya makanya itu ya mb, kenapa kok gk dipugar aja….???

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool