Rujak Cingur

Rujak Cingur Sedati, Endeusnya Lekat di Hati

Cobalah melintas di kawasan raya Sedati Sidoarjo. Tak jauh dari Bandara Juanda Surabaya, tepatnya di seberang pasar wisata Juanda, kita akan menjumpai sebuah depot dengan logo “Rujak Cingur Sedati”. Tatkala melangkahkan kaki ke dalam depot, kita melihat ragam pajangan foto, serta potongan kliping koran yang menunjukkan eksistensi rujak cingur ini di berbagai event kuliner. Salah satunya, acara tahunan Festival Jajanan Bango.

Rujak Cingur

Eh, tunggu… tunggu. Mungkin beberapa pembaca bertanya-tanya, CINGUR itu apa sih? Sekedar informasi ya… Cingur adalah mulut atau moncong sapi. Hoekss, jangan dibayangkan yang terlalu ekstrim, hahaha… Kalau masih mentah, sudah barang tentu, cingur ini sesuatu yang “enggak banget”. Tapiii, begitu direbus dan dikombinasikan dengan aneka pelengkap, pastinya RUJAK CINGUR akan menjadi hidangan yang endeuss surendess..

Rujak cingur adalah salah satu masakan khas Surabaya. Belum sah rasanya kalau Anda sudah menginjakkan kaki di kota pahlawan, tanpa mencicipi kelezatan kuliner legendaris satu ini.

Dimana kita bisa beli rujak cingur?

BANYAAAK penjualnya. Hanya saja, kebanyakan memang berada di warung-warung PKL (Pedagang Kaki Lima). Jadi, kadang-kadang kita ragu akan sanitasi dan kebersihan di warung itu.

Berbeda dengan penjual rujak cingur pada umumnya, “Rujak Cingur Bu Nur” tampil menggoda dalam nuansa depot yang tertata dan bersih. Anda akan disambut dengan sangat ramah oleh sang owner, Bu Nuraini yang akrab dipangil Bu Nur.

Rujak Cingur

Owner Rujak Cingur “Bu Nur” Sedati

Berdiri pada 14 Juni 1997, awalnya Bu Nur hanya berjualan rujak di emperan toko jalan Sedati Juanda. Seiring dengan percepatan usaha yang ia lakukan, Bu Nur telah memiliki depot nan elegan dengan 9 pegawai. Ia kerap menjuarai berbagai festival kuliner tingkat nasional. “ Awalnya saya ibu rumah tangga, yang kerja sampingan jualan baju keliling motoran sama suami, jadi tidak ada pengalaman sama sekali buat rujak,” akunya.

Rujak Bu Nur amat istimewa dan beda dengan rujak kebanyakan. Apa rahasianya? Rupanya, Bu Nur menggunakan resep yang ia kreasikan selama 3 tahun lebih. Ada tujuh macam petis yang digunakan. “Awalnya saya hanya menggunakan 1 macam petis. Coba-coba menggunakan 2, kok rasanya lain. Hingga tahun 2000, saya kreasikan terus sampai jadi seperti yang sekarang dari 7 macam petis,” ucapnya.

Rujak Cingur

Daftar Menu Rujak Cingur Sedati

Jadilah bumbu rujak yang beda, tidak enek, tidak amis dan pastinya super enak. Lebih lanjut, Bu Nur menyampaikan filosofi tujuh petis, yang dalam bahasa Jawa disebut “pitu”. Artinya “pitulungan” dari Allah. Ia berharap, resep yang terkreasikan ini berasal dari petunjuk danpitulungan dari Allah SWT.

Masih banyak rencana pengembangan bisnis yang bakal Bu Nur lakukan. Di antaranya, inovasi baru pada menu rujak. Segera hadir, menu Rujak Cingur Bakar, Rujak Cingur Tabur Mente, Rucak Cingur Bacem dan sebagainya. Selain itu, Bu Nur juga akan membuka cabang baru di pusat kota Surabaya, serta mendekor ulang tampilan serta tata ruang depot.

Rujak Cingur

THIS IS IT! RUJAK CINGUR ALA BU NUR AINI

Inilah hasil dari semangat berwirausaha yang dilakukan Bu Nur. Harus melalui proses ulekan yang panjang, sedikit demi sedikit, proses demi proses ia lalui dan nikmati. Dengan dukungan kuat dari sang suami yang selalu mendampingi, Bu Nur telah meraih sederet prestasi. Di antaranya Juara 1 terfavorit Festival Jajanan Bango tahun 2015, Peserta tetap Festival jajasan Bango 2007 – 2015, dan Juara Festival Rujak Cingur Surabaya 2007.

Alamat depot: Jalan Raya Sedati Gede No, 66 Sedati – Juanda Sidoarjo.(*)

Rujak Cingur Sedati, Endeusnya Lekat di Hati
5 (100%) 1 vote
(Visited 844 times, 1 visits today)


About

Emak yang passionate pada parenting issues, kuliner (halah, bilang aja doyan makan) dan traveling. Juga tidur :-P


'Rujak Cingur Sedati, Endeusnya Lekat di Hati' have 4 comments

  1. October 27, 2015 @ 4:57 pm Rahmah

    Kalo lihat porsinya, saya bakalan nambah lagi, hihihi…

    Reply

    • October 30, 2015 @ 11:25 am @nurulrahma

      Ho’oh mbak. Porsinya minimalis 🙂

      Reply

  2. October 28, 2015 @ 8:57 am Jogjaready.com

    Itu ulekannya gedhe pisan euy…

    Reply

  3. October 30, 2015 @ 4:40 pm Niar Ningrum

    Muantep poll di sini rujak nyas

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool