Lontong Balap

Rahasia Di Balik Kelezatan Lontong Balap Surabaya

Kalau lagi jalan – jalan ke Surabaya, jangan lupa untuk berburu kuliner, mulai dari kuliner khas hingga kuliner yang penuh dengan inovasi, ala – ala anak muda. Tapi, kalau belum menikmati lontong balap di Surabaya, rasanya belum sah! Mengapa dinamakan lontong balap? Nah, begini ceritanya. Waktu jaman dulu, banyak sekali penjual sayur lontong, karena penjualnya banyak, mereka harus gesit untuk mendapatkan pembeli, mereka membawa jualannya ini dengan cara dipikul, nah karena harus cepat – cepat menuju ke tempat pembeli, maka kesannya para penjual ini seperti balapan, makanya sekarang dinamakan lontong balap. Aku dapat cerita asal – usul ini dari orangtua yang memang sudah cukup lama tinggal di Surabaya sebelum akhirnya pindah ke Sidoarjo, cieee akhirnya curhat. Terkadang Mama malah nyebut sayur balap bukan lontong balap.

Sekarang ini lontong balap nggak dipikul lagi, banyak yang memilih untuk jualan dengan bantuan gerobak, mendirikan warung, tempat makan atau bahkan lontong balap bisa ditemui di resto. Beberapa kali mencicipi lontong balap, akhirnya aku jatuh hati dengan lontong balap yang berada di depan gedung serba guna, Sedati. Berasa sudah menemukan yang pas di lidah, kayak sudah ketemu belahan jiwa, susah pindah ke lain hati, cieee. Warung ini namanya “Lontong Balap Pak Bagong”, alasan yang lainnya mengapa memilih lontong balap ini sebagai tempat favorite adalah letaknya yang strategis, +/-10 menit dari Bandara Juanda. Jadi, teman – teman yang sedang perjalanan dinas atau short trip ke Surabaya, langsung capcus ke sini karena nggak menghabiskan banyak waktu. Meskipun warungnya adalah warung tenda dan di pinggir jalan, tetap nyaman dan bersih.

lontong balap pak bagong

bahan dan cara masak yang spesial, bikin rasa lontong balap tambah mantep

Warung lontong balap ini merupakan cabang dari lontong balap Pak Bagong yang letaknya di Indrapura, Surabaya. termasuk salah satu lontong balap yang legendaris. Dapat rekomendasi langsung dari Mama, yang memang berkantor di Indrapura. Nah, karena kebanyakan dari kita yang berasumsi kalau cabang dari tempat makan pasti rasanya agak berbeda. Makanya itu, perlu saksi untuk mengungkap suatu kebenaran rasa *halah*, ngajak Mamaku dong pastinya, bener nggak tuh rasanya sama aja seperti aslinya yaitu di Indrapura.

Mengungkap rahasia kelezatan.

Lontong Balap

Penyajiannya ditumpuk – tumpuk, seporsi udah bikin kenyang.

Berkesempatan tanya – tanya sama Pak penjualnya (lupa namanya, sangking asyiknya makan). Ternyata nih, cabang lontong balap Pak Bagong yang di Sedati ini masih memiliki hubungan kekeluargaan dengan yang di Indrapura, dijamin rasanya tidak berubah. Isi dari lontong balap Pak Bagong cabang Sedati memang seperti lontong balap pada umumnya, yaitu : lontong, irisan tahu goreng, kecambah (tauge), lentho (terbuat dari kacang tolo, rasanya gurih), kuah yang gurih dan taburan bawang goreng. Ada dua hal yang membuat spesial, yaitu kecambah dan petis.

Lontong Balap

lentho yang menambah sensasi kriuk – kriuk gurih

Pemilihan bahan baku sangat diperhatikan, Pak penjual lontong balap ini bilang, kalau dia nggak beli kecambah di pasar, melainkan langsung dari pemasok, jadi nggak perlu ragu dengan bahannya yang memang masih segar. Pantas aja kalau makan lontong balap, kecambahnya masih krenyes – krenyes. Yang terakhir dan paling penting adalah petisnya, petisnya istimewa karena bikin sendiri, petisnya ini bikin sedep si kuah. Nah, kalau pesan, sekalian minta yang pedas, karena kalau bikin pedesnya nggak nanggung. Perpaduan antara seger, gurih, dan pedas.

Selain pemilihan bahan yang berkualitas, masaknya juga diperhatikan untuk menjaga rasa, yaitu memasak menggunakan kemaron (semacam kuali besar) yang terbuat dari tanah liat, cara ini masih dipertahankan untuk menjaga kualitas dari tahun ke tahun. Lontong balap harus disandingkan sate kerang, yang makin lidah goyang minta nambah. Seporsi sate kerang berisi 10 tusuk, sate kerang juga dicampur dengan bumbu petis yang semakin gurih. Seporsi lontong balap ditambah sate kerang, harganya 14.000, satu gelas es teh cukup 2.000. harga murah, bikin nambah.

Lontong Balap

makan lontong balap wajib sama sate kerang.

Rahasia Di Balik Kelezatan Lontong Balap Surabaya
5 (100%) 1 vote
(Visited 860 times, 1 visits today)


About

Personal blogger yang suka nulis, termasuk nulis tentang kamu.


'Rahasia Di Balik Kelezatan Lontong Balap Surabaya' have 13 comments

  1. October 12, 2015 @ 12:07 pm Rahmah Usman

    Lontong Balap dimakan saat lapar
    Ah, kapan aku ditraktir makan ini lagi, Mbak Sar
    *pantun mekso

    Reply

  2. October 12, 2015 @ 1:56 pm Nurul Rahmawati

    Sedatinya mana mak? Siap2 berburu 🙂

    Reply

  3. October 12, 2015 @ 10:19 pm nining

    menu makan siang paporit duluuuuu nih pas ngantor sekitaran JMP, banyak tuh yg jual lontong balap enyaaak 🙂

    Reply

  4. October 13, 2015 @ 10:31 am Dwi Puspita

    emang maknyus ya lontong balap ini 🙂

    Reply

  5. October 13, 2015 @ 5:13 pm Yuniari Nukti

    Aku suka banget makan lontong balap. Kalau beli selalu minta banyak lentho nya

    Reply

  6. October 13, 2015 @ 11:04 pm Lianny Hendrawati

    Wah ada lentho nya juga, jarang lho nemu lentho sekarang. Sedap nih lontong balap, apalagi kalo pedas 🙂

    Reply

  7. October 14, 2015 @ 10:47 am Achmad Fazri

    asal usul lontong balap berawal dari banyaknya persaingan penjual lontong ya… menarik banget, Jadi pengen mencicipi lontong balap… Tapi jauh banget…

    Reply

  8. October 14, 2015 @ 12:18 pm Reza (www.psikologsinting.com)

    Hahahaha… makanannya kinclong-kinclong…
    jadi berasa laper…

    Reply

  9. October 14, 2015 @ 1:35 pm teguh dumadi

    wiiiihh ngiler ngliatnya, ngeces berat nih wkwkw

    Reply

  10. October 15, 2015 @ 10:32 pm Niar Ningrum

    Mangan ne ngak smbil balapan toh mbak sar, eehh sate kerang . Enak bosss

    Reply

  11. October 17, 2015 @ 4:45 pm liswanti

    Suksea bikin laper ini hihi

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool