Pazkul

Pazkul, Wisata All in One yang Pas Buat Cangkruk

Kalau kamu dalam perjalanan dari Malang ke Surabaya, atau dari Bali ke Surabaya, lewat jalan darat, lalu ingin sekadar rehat melepas penat.  Jangan bingung. Keluar saja lewat pintu tol Sidoarjo, lalu putar balik     ke arah Barat. Kira-kira 650 m, di sebelah kanan, kamu akan menemukan jalan kembar dengan gerbang berhiaskan arstektur daun-daun raksasa  berwarna perak. Tulisan besar mencolok ‘KAHURIPAN NIRWANA’ akan memukau penglihatanmu.

Pazkul

Pintu Gerbang Kahuripan Nirwana

Kamu pasti heran. Cari tempat istirahat kok masuk gerbang perumahan? Eh tunggu dulu. Jangan terburu ngambek. Masuk saja. Kamu akan disambut pemandangan hijau di kiri kanan. Tak lama kamu akan menemukan tempat yang paling tepat, dan dijamin tak akan kecewa.

Sebuah tempat bertuliskan ‘PAZKUL’ dengan huruf warna warni pasti akan menarik perhatian. Kamu boleh memilih mau mampir ke tempat keren ini saat matahari masih bersinar, atau ketika bulan telah menyapa. Hmm… bagi saya, sama-sama oke mau siang atau malam.

Pazkul

tempat parkir yang cukup luas ada di sebelah Utara dan Selatan

Pazkul

Suasana teduh dan syahdu

Pazkul alias Pa(z)ar Kuliner, adalah tempat cangkruk paling nyaman dan aduhai. Tahukan cangkruk? Cangkruk adalah bahasa pakemnya orang Surabaya. Cangkruk is kongkow-kongkow kalau bahasa kekiniannya. Kamu tinggal pilih mau duduk di bagian sebelah Selatan, atau Utara, batas pemisahnya adalah sebuah jembatan yang membelah sungai. Pingin tahu kan  bedanya suasana siang dan malam?

Pazkul

Jembatan yang memisahkan Pazkul sebelah Utara dan Selatan

Pazkul di Pagi Hingga Siang

Kalau tiba akhir pekan, biasanya anak-anak sudah mulai ribut bikin acara. “Besok kita kemana Bu?” Secara saya termasuk Ibu-Ibu irit, salah satu tempat favorit kami, yang murah meriah adalah Pazkul. Sudah sekitar 3 tahunan sejak Pazkul diresmikan sering menjadi alternatif tempat merecharge energi setelah sepekan jumpalitan.

Kalau ingin menikmati udara segar, kami berangkat pagi-pagi. Karena jarak rumah cukup dekat, biasanya berangkat beriringan naik sepeda onthel. Sepanjang jalan di depan Pazkul yang mulus beraspal ramai oleh beberapa komunitas sepeda ontel, apalagi jika hari Minggu pagi atau hari libur. Arena jogging track juga tak kalah ramai. Atau saya  hanya sekedar wara-wiri, sambil mengerakkan anggota badan sambil menghirup oksigen sepuasnya. Rasanya otak dan dada plong.

Pazkul

Jembatan menjadi tempat favorit ABG untuk berNarsis ria

Kalau capek gowes, boleh banget kalau kamu mau duduk-duduk sambil makan atau minum bekal, tapi ingat jangan buang sampah sembarangan hehe. Atau kalau mau narsis silakan selfie sepuasnya. Untuk anak-anak, bisa main ayunan atau prosotan. Jam resmi buka adalah jam 10.00 WIB, jadi kalau kamu datang pagi, belum ada lapak penjual makanan yang buka. Konsepnya yang Go to Nature  membuat siapapun akan betah berlama-lama di sana. Kamu nggak akan berasa kalau sedang berada di pusat kota yang panas berdebu.

Pazkul

Arena bermain anak-anak

Biasanya pagi hingga sore memang lebih nyaman digunakan untuk lari sejenak dari kebisingan. Kalau saya suka menikmati duduk sambil ngetik, atau  berselancar di dunia maya. Membiarkan anak-anak puas bersepeda atau selfie sesuka hati. Jangan khawatir dengan kuota internet yang mepet, karena jaringan Wifi tersedia bebas. Biasanya banyak pelajar atau mahasiswa yang belajar kelompok, menjadi tempat enjoy untuk diskusi. Hmm… kalau mau arisan emak-emak atau kumpul komunitas recommended banget. Nggak perlu bawa konsumsi, tinggal pesan, lalu BDD alias Bayar Dewe-Dewe.

Pazkul

Area ini disediakan colokan buat kamu yang bawa gadget

Pazkul

Pangung utama live music

Pazkul

Sebuah  sudut Cafe yang didesain mirip geladak kapal

Pazkul

Beneran tuh si Kombi diangkut jadi tempat jualan 😀

Pazkul di Malam Hari

Nah kalau malam hari, kamu akan merasakan sensasi gemerlap lampu yang sangat cantik. Kamu tinggal memilih tempat duduk yang kamu suka. Sambil makan kamu bisa menikmati live music yang digelar setiap malam. Kamu juga boleh unjuk suara menyumbangkan lagu dengan diiringi band lokal yang bergiliran manggung untuk menghibur pengunjung. Suasana cozy menambah semakin betah.

Pazkul

Silakan pilih jadwal sesuai selera 🙂

Disebut Pa(z)ar Kuliner karena memang tersedia beragam kuliner. Mulai masakan Barat, Chines, hingga tradisional. Tersedia makanan ala resto, café, bahkan kaki lima. Mulai steak, camilan, hingga jajan pasar ada. Pokoknya lengkap tinggal pilih. Untuk masalah rasa sih tergantung lidah. Untuk harga bisa dibilang lebih mahal sedikit dibanding makanan warung pinggir jalan. Tapi menu murah seharga Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 masih ada kok. Tapi setimpal lah dengan suasana nyamannya. Kalau  favorit saya sih kedai yang menjual menu ‘Entok’ (unggas sejenis bebek).

Kalau malam hari, saya lebih suka pergi ke Pazkul ramai-ramai. Bersama keluarga, teman atau menikmati malam berdua pasangan. Romantis. Kalau sendirian berasa kayak orang hilang ditengah keramaian hihi.

Pazkul

Penampakan   Pintu masuk dari Jalan Raya

Pazkul

Gerbang yang terlihat eksotis di malam hari

Pazkul

Pazkul

Jembatan yang menawan di malam hari (sumber: indah-haya[dot]blogspot[dot]co[dot]id )

Oh ya, kalau tak berminat menikmati kuliner, nongkrong atau dengar musik, nggak perlu gusar. Di Pazkul sebelah Utara tersedia mainan untuk anak-anak yang cukup beraneka. Ada Istana Plastik, Motorcross ATV (All-terrainVehicles), Dreamzone (semacam Timezone), Bungee Trampoline, dan Walking Waterball . Buat kamu yang berjiwa muda, ada permainan paintball. Kamu dan teman-temanmu bisa beradu strategi berperang dengan tembakan berpeluru cat.

Pazkul

Arena bermain ini mulai buka  sore hingga malam hari

Pazkul

Sayang anak…. sayang anak….

Yup tunggu apa lagi. Pazkul destinasi yang sangat cocok untuk  rehat merefresh jiwa dan raga. Oh ya, bagi kamu yang tengah bepergian alias musafir jangan khawatir, tersedia toilet yang cukup bersih, juga musholah yang luas dan nyaman. Gerai ATM, toko oleh-oleh, dan toko souvenir juga ada.

Pazkul, Wisata All in One yang Pas Buat Cangkruk
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,299 times, 2 visits today)


About

Mom Blogger. Suka belajar oret-oret bikin cerita bacaan anak. Penikmat makanan pedas, Pengagum Gunung. Demen incip-incip, mlaku-mlaku (apalagi kalo gratis he)


'Pazkul, Wisata All in One yang Pas Buat Cangkruk' have 7 comments

  1. October 16, 2015 @ 1:34 pm Dwi Puspita

    aku pernah dolan kesini mbak vanda..ancene tempatnya uenak poll…

    Reply

  2. October 16, 2015 @ 2:25 pm Rahmah Usman

    Aku dunk pernah kesini… bagus memang…

    Reply

  3. October 16, 2015 @ 2:29 pm Niar Ningrum

    Malming paling pas ke pazkul liat live music sama pacar halal #eeh

    Reply

  4. October 17, 2015 @ 2:37 pm dwisari

    kok lucuuuu sih tempat nongkrongnya dan adem yaaa keliatannya byk pepohonan rindang….ah ah ah pgn kesitu ketemuan skali2 sm emak2 oke keknya yaaa

    Reply

  5. October 17, 2015 @ 9:02 pm ade anita

    Bagusss…tapi sepi ya?

    Reply

  6. October 20, 2015 @ 10:05 pm sgw waluyo

    Wuiih apike rek…biyen sik perumahan yelll lha kok saiki dadi uapik.

    Reply

  7. October 22, 2015 @ 2:25 pm BunSal

    Berkunjung….
    Catet dalem hati..Semoga ngepasi nge-bis ke Semarang keingetan buat mampir di sini.
    Salam hangat dari Lombok..^_^

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool