Tugu Pahlawan Surabaya

Nikmati Wisata Sejarah Tugu Pahlawan dan Museum 10 Nopember

Wisata Sejarah Tugu Pahlawan merupakan salah satu iconic dari Kota Surabaya. Saya sendiri asli Lamongan yang merantau ke Surabaya, membuat saya penasaran apa sih, wisata yang terkenal di Surabaya. Yap, sudah tidak diragukan lagi Tugu Pahlawan salah satu wisata sejarah yang terkenal di Surabaya. Tugu pahlawan ini terletak di Jl. Pahlawan Kota Surabaya.

Mudah sekali mencari alamat Tugu Pahlwan ini, jika sempat nyasar seperti saya tinggal nanya orang pasti mereka banyak yang tahu tentang Tugu Pahlawan ini. Tugu Pahlawan ini adalah salah satu monument yang dibangun untuk memperingati jasa pahlawan yang bertempur mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Surabaya. Guys, asal kalian tahu sebelum Tugu Pahlawan dibangun , pada masa colonial di areal itu terdapat bangunan Raad Van Justitie atau gedung pengadilan milik Pemerintah india Belanda di Surabaya. Nah, saat Jepang menduduki Indonesia, gedung tersebut diubah namanya menjadi Kenpetai dan kemudian berubah fungsi menjadi markas tentara Jepang.

Di lokasi tersebut pada tanggal 23 September 1945 arek-arek Surabaya berdatangan untuk menjalankan rencana merebut kekuasaan Surabaya dari pemerintah Militer Jepang.

Soekarno-Hatta

Soekarno-Hatta

Tugu Pahlawan

Peresmian Monumen Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan

Bergaya hihi

Dan, kemudian pada saat ini di areal Tugu Pahlawan dibangun taman yang hijau nan asri untuk kenyamanan pengunjung. Disamping itu juga dihiasi patung-patung pahlawan serta berbagai peralatan perang yang dipakai saat masa pengusiran penjajah. Dan selain itu juga terdapat bangunan bawah tanah yang dijadikan museum. Museum itu berbagai dokumentasi saat masa pertempuran sebelum dan sesudah 10 Nopember 1945.

Museum Sepuluh Nopember

Museum Sepuluh Nopember

Museum Sepuluh Nopember

Piramid Museum 10 Nopember

Museum Sepuluh Nopember

Merdeka atau mati

Museum Sepuluh Nopember

Beberapa patung pejuang di Museum 10 Nopember

Museum Sepuluh Nopember

Perpustakaan di Museum 10 Nopember

Museum Sepuluh Nopember

Keluar, yuk

O, ya asal kalian tahu untuk masuk ke museum 10 November hanya membayar Rp5.000 saja dan jika kalian masih remaja, pelajar, atau mahasiswa yang kinyis-kinyis dengan menunjukkan kartu pelajar atau kartu mahasiswa maka harga tiket masuknya free. Wahh, gimana? Enak bukan jadi anak muda, eh. Dan jam buka museum adalah setiap hari. Di sana juga ada guide yang mentgantarkan kalian sekaligus menjelaskan tentang seluk beluk musem 10 Nopember. Ketika memasuki museum ini pasti kalian dikejutkan dengan tulisan “Merdeka atau mati” yang di bawahny ada patung pahlawan Indonesia sambil membawa senjata demi memperjuangkan Indonesia.

O ya, museum 10 Nopember ini dibangun pada tahun 2000. Dan museum ini tergolong unik, Surabaya rasa Mesir. Ha? Kenapa? Karena museumnya berbentuk piramida. Dan jika kalian memasuki museum ini pasti akan mendapatkan banyak sejarah dari Surabaya. Karena di setiap sisi atau ruangannya banyak tulisan, patung, yang menjelaskan tentang sejarah pahlawan di Surabaya. Wah tidak hanya itu, di museum ini juga ada perpustakaan untuk pengunjung.

Dan juga ada beberapa diorama statis yang berisikan patung-patung pahlawan Indonesia beserta rekaman suara ketika penjajahan. Dan juga kalian bakal tahu peralatan apa saja yang digunakan ketika masa penjajahan. Wahh, keren bukan kalau jalan-jalan ke sini, menambah wawasan sejarah plus plus. Iya, plus murah. ^ ^

Nikmati Wisata Sejarah Tugu Pahlawan dan Museum 10 Nopember
3.57 (71.43%) 7 votes
(Visited 1,545 times, 1 visits today)


About

Blogger and reader [I'm journalist, I'm not terrorist]


'Nikmati Wisata Sejarah Tugu Pahlawan dan Museum 10 Nopember' have 9 comments

  1. October 9, 2015 @ 3:31 pm Dwi Puspita

    aku juga pernah kesini..asik didalamnya…pengen kesini lagi jadinya…

    Reply

    • October 10, 2015 @ 12:32 am Aya

      Ayoo, makk ke sini lagi nanti sama dekbay hihi

      Reply

  2. October 9, 2015 @ 4:12 pm Eda Akbar

    aku masuk musiumnya mesti kerasanya gimanaaaa gitu..

    trus anakku dong ngotot ngajak ke sana, akunya gak brani.. hahaha

    Reply

    • October 10, 2015 @ 12:33 am Aya

      Nahhh, kann mesti nggarai parno 🙁

      Reply

  3. October 9, 2015 @ 4:26 pm Nining

    yak sekalilagiii museum di Surabaya ini tiket masuknya nggak ada yg lebih dari 20rb bahkan 10rb hihihihi…..gitu kok aku blm pernah maen kemariiiii *cemApaaaainih

    Reply

  4. October 9, 2015 @ 5:01 pm Niar Ningrum

    masuk situ tibak e murmer yoo pake kartu mahasiswa 😀

    Reply

    • October 10, 2015 @ 12:33 am Aya

      Ndang melbu sak durunge lulus wkwkkwkw

      Reply

  5. October 9, 2015 @ 10:00 pm Rahmah Usman

    Sering lewat tapi belum pernah mampir ^_^

    Reply

    • October 10, 2015 @ 12:34 am Aya

      Ayookk mampir makk ammah ^ ^

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool