Monumen Kapal Selam

Monkasel, Wisata Sejarah Murah Meriah di Surabaya

Masih teringat jelas saat itu, tepatnya dua tahun lalu saya menginjakkan kaki lagi di kota Pahlawan ini. Ya, kota Surabaya dengan beragam hiruk-pikuk yang selalu terlihat setiap hari. Dan menurutku sebagai pendatang baru saat itu,Surabaya adalah salah satu kota yang tidak pernah tidur. Berada di perjalanan saat dini hari pun, kota ini masih saja ramai.

Dan petualanganku dimulai saat seorang pria berani meminangku. Pria yang sudah lama berupaya menaklukkan kota Surabaya demi sebongkah berlian (lebay mode on, ^_^). Aku pun menantangnya untuk membawaku menikmati kota Surabaya.

***

“Mas, aku ingin jalan-jalan tetapi tak sekedar jalan-jalan. Harus ada sesuatu yang bertambah di kepalaku saat pulang dari lokasi tersebut.” Ungkapku saat menemaninya membersihkan meja kerja yang sudah penuh debu.

“Ke Monkasel saja, yuk!” Ajaknya tanpa basa-basi.

“Monkasel? Apa itu?”

“Sudah, nanti kamu juga tahu sendiri. Sana gih ganti baju!”

***

Tak butuh waktu setengah jam, aku pun sudah siap. Motor butut peninggalan ayah mertua memang selalu setia membawa kami kemanapun di Surabaya ini. Dan tidak butuh waktu lama juga, kami pun sudah sampai di Monkasel, yang ternyata adalah singkatan dari Monumen Kapal Selam.

Jika melihat ekspresi wajahku saat itu, mungkin banyak yang tertawa. Mematung di depan pintu masuk dikarenakan pandangan mata sudah tertuju pada kapal selam yang tampak megah dari luar. Dan yang lebih mencengangkan lagi, biaya tiket masuknya hanya Rp. 5.000.-/orang (eits, itu tahun 2013 yah guys, kalau sekarang sudah di angka Rp. 10.000,-/orang sejak Januari 2015). Makanya saya mengatakan Monkasel ini adalah wisata sejarah murah meriah.

Lokasi Monkasel ini sendiri relatif mudah untuk dijangkau, sekitar 23 km dari arah Bandara Juanda, Surabaya atau rute tepatnya, Bandara Juanda – Terminal Purabaya (Bungurasih) – Terminal Joyoboyo – Jembatan Merah Surabaya, sampai deh di Monkasel. Nggak bakalan tersesat karena di sekitar Monkasel pun juga banyak bangunan-bangunan terkenal, seperti Surabaya Plaza (paking sering disebut Delta Plaza) dan World Trade Center (WTC).

Menikmati Monkasel memang seperti menikmati kapal selam yang sedang berada di bawah laut. Segala aksesoris dan perlengkapan kapal selam masih tertata rapi di dalam monumen ini. Just for your info yaa guys, Monkasel ini adalah Kapal Selam KRI Pasopati 410 yang ikut berperan dalam peristiwa Pembebasan Irian Barat. Bagi yang pernah baca sejarah, pasti tahu kan yah, hehe…

Ruang Torpedo

Ruang Torpedo

Di dalam Monkasel ini benar-benar harus membuat suami saya sering-sering membungkuk. Pasalnya ruangan dalam kapal selam memang sempit nggak seperti auditorium, hehe… Kalau sudah di dalam, mata akan dimanjakan dengan dekorasi ruang torpedo, ruang periskop dan juga ruang sonar. Oiya, ruang kamar perwira juga bisa lho di lihat. Saya pun membayangkan kehidupan perwira yang berada di kapal selam. Sungguh perjuangan dan pengorbanan mereka untuk menjaga wilayah laut RI sangat besar.

Ruang Komandan

Ruang Komandan

Sudah itu saja yang ada di Monkasel?! Stop! Jangan beranjak dulu sebab di sekitar Monumen ini juga, kita bisa menikmati Vidio Rama, kolam renang dan juga kantin asyik untuk nongkrong. Letaknya tidak jauh dari Monkasel.

Ruang Periskop

Ruang Periskop

Hmmm… rasanya ini jalan-jalan pertama yang mengesankan bersama suami di kota Surabaya. Kalau mau merasakan sensasi Monumen Kapal Selam di darat, datang saja bersama orang-orang terkasih atau siapa aja. Monkasel buka setiap hari jadi tidak akan perlu menunggu weekend untuk ke tempat ini.

Monkasel, Wisata Sejarah Murah Meriah di Surabaya
4.85 (96.97%) 33 votes
(Visited 1,752 times, 1 visits today)


About

A Mom Blogger yang suka nulis dan postcrossing, tidak menolak diajak traveling dan sangat suka dengan cokelat. Owner http://chemistrahmah.com


'Monkasel, Wisata Sejarah Murah Meriah di Surabaya' have 53 comments

  1. October 5, 2015 @ 11:12 am Inayati Nur

    Wahhh si dedekk manaa, Mbakk?? Iya, monkasel emang murahhhh cakepp 😀

    Reply

    • October 5, 2015 @ 12:04 pm Rahmah

      Ayo tebak dimana hayooo? 🙂

      Reply

    • October 5, 2015 @ 3:19 pm Niar Ningrum

      haii inayati, ngak ganti nama dedek gemes ayu dewe sak lamongan 😀

      Reply

  2. October 5, 2015 @ 12:21 pm Uniek Kaswarganti

    Mau donk diajak ke Monkasel kapan aku ke Surabaya ya Amma :*

    Reply

    • October 5, 2015 @ 10:54 pm Rahmah Usman

      Ayo mbak Uniek… beranikan diri dulu ke Surabaya, heheh ^_^

      Reply

  3. October 5, 2015 @ 12:29 pm Dwi Indah Nurmaturrokhmah

    Alhamdulillah saya termasuk sering ke monkasel, meskipun sering tapi enggak bosen.

    Reply

    • October 5, 2015 @ 10:55 pm Rahmah Usman

      Sering mandi di kolam renang juga gak, Mbak?

      Reply

  4. October 5, 2015 @ 12:58 pm vanda

    Aihh… ini destinasi favorit anak-anakku kalau liburan

    Reply

  5. October 5, 2015 @ 12:59 pm ade anita

    Aku belum pernah sekalipun liat kapal selam. Masya Allah gede banget ya. Di photo awal aku pikir itu pagar benteng museum loh… dari ujung ke ujung masih badan kapal selam ternyata..gede banget y

    Reply

    • October 5, 2015 @ 10:56 pm Rahmah Usman

      Guuueeeedddeeee mbak Ade…
      Karena memang kapal selam sungguhan…

      Reply

  6. October 5, 2015 @ 1:17 pm Silviana Noerita

    Waah, baguus. Aku belom pernah kesini 😀

    Reply

    • October 6, 2015 @ 10:24 am Rahmah Usman

      Ayo ke Surabaya aja sama si Sumargo #uppss
      Btw, dari Malang atau Kediri bisa aja naik bus ^_^

      Reply

  7. October 5, 2015 @ 2:08 pm BunSal

    Berkunjuuuungggggg…
    Selamat datang blogger Surabaya dan salam kenal.
    Jadi pengen capcus ke ke Mokasel bareng mbak Amma.
    Salam hangat dari Lombok..^_^

    Reply

    • October 5, 2015 @ 10:57 pm Rahmah Usman

      Halo kakak Bunsal
      Kalo ke Surabaya jangan lupa mampir ke Monkasel, ya…

      Reply

  8. October 5, 2015 @ 2:42 pm Dwi Puspita

    belum pernah masuk kedalamnya mbak diriku, cuma ngelihat dari luar saja 🙂

    Reply

    • October 5, 2015 @ 11:01 pm Rahmah Usman

      Nanti janjian sama mbak Yuni aja ke Monkasel ^_^

      Reply

  9. October 5, 2015 @ 2:46 pm Yuniari Nukti

    Keren yaa.. aku lho Arek Suroboyo asli yang justru belum pernah masuk ke Monkasel. Baca tulisan ini jadi pengin 🙂

    Reply

    • October 5, 2015 @ 11:00 pm Rahmah Usman

      Oalah, tak kirain mbak Yuni sudah sering ke Monkasel…

      Reply

  10. October 5, 2015 @ 3:20 pm Niar Ningrum

    Seru lagi masuk video pemutarannya ttg kapal2 dari jaman dulu mbak 😀

    Reply

  11. October 5, 2015 @ 4:04 pm Eda Akbar

    trakhir ke sini kapan yaaa.. seringnya malah jalan ke mol sebelahnya 😀

    Reply

    • October 5, 2015 @ 10:58 pm Rahmah Usman

      Hihihi… aku malah sengaja dihalangi biar gak masuk mall sebelahnya… 🙂

      Reply

  12. October 5, 2015 @ 5:06 pm Hilda Ikka

    Pacarku asli Surabaya tapi belum pernah sekali pun dia ke Monkasel. Yassalaaaam

    Reply

  13. October 5, 2015 @ 7:31 pm Nining

    Monkaseeeeel, kesini pas jamannya SMP..uda lama yak dan yg paling keinget ini kapal selam sempit bgt….pas rombongan lagi padet2nya nggak kebayang deh 😀
    Skr gmn ya penampakannya, scara kan di sekitar Monkasel skrg rame bgt

    Reply

    • October 5, 2015 @ 10:59 pm Rahmah Usman

      Udah rame banget
      Kadang dipakai konser juga…

      Reply

  14. October 5, 2015 @ 9:56 pm Cheila

    wahh..monumen kapal selam…asik juga mbak ya jalan2 gitu…salfa nya dimana tuh?xixixixi

    Reply

  15. October 6, 2015 @ 9:16 am Sari Widiarti

    aku udah pernah ke sini mbak, tapi ya gitu nggak masuk ke dalamnya 😀

    Reply

    • October 6, 2015 @ 10:30 am Rahmah Usman

      Nanti mbak Sari harus banyak membungkuk karena porsi tubuh yang tinggi. Tapi seru!

      Reply

  16. October 7, 2015 @ 7:40 pm Ria Rochma

    Monkasel ini sebenarnya dah lama bgt sih, Mbak. Aku dulu jaman belum kuliah, dah ada kok. Pernah jg masuk sana. Cm perawatannya sekarang dah bagus, beda dg dulu pas aku ke sana 🙂

    Reply

  17. October 8, 2015 @ 9:52 am Ihwan Hariyanto

    Aim pasti suka neh diajak ke sini, dia suka dengan berbagai macam kendaraan.

    Reply

    • October 8, 2015 @ 10:46 pm Rahmah Usman

      Ayo diajak si Aim biar anak saya juga ada teman maen di Monkasel

      Reply

  18. October 8, 2015 @ 3:39 pm Idah Ceris

    Pas ke Surabaya ngga mampir ke sini. 😀
    Lain waktu, ya. Jalan2 sama Salfaaa. ^_*

    Reply

    • October 8, 2015 @ 10:47 pm Rahmah Usman

      Tante Idah sih gak ngabarin kalo ke Surabaya, makanya gak diajak deh…
      Iya lain kali main sama Sala ya ke Monkasel, sama dedek tante Idah juga…

      Reply

  19. October 8, 2015 @ 8:16 pm shaleh

    Setahun ngekos di surabaya, saya malah blom pernah mampir kesana cuma sering lewat aja klo jemput teman di gubeng. Dulu prnah sih wkt studi banding saat S1 di Kalsel dan wkt itu juga hrga tiket masuknya msh 5000, spertinya harus mampir ksana lgi deh. 🙂

    Reply

    • October 9, 2015 @ 1:52 pm Rahmah Usman

      Ayo mas Shaleh mampir lagi… ^_^

      Reply

      • October 9, 2015 @ 2:09 pm shaleh

        Surabaya panas banget Mbak, mau keluar kos aja malas, hahahaha

        Reply

        • October 9, 2015 @ 2:23 pm Rahmah Usman

          Hehehe iya sih… tapi kalo sudah jalan-jalan panasnya ilang karena pikiran udah terfokus objek lain…

          Reply

  20. October 8, 2015 @ 10:40 pm mak irul

    eh, di Jogja ga ada ya ini? anak2 ku pengen banget liat kapal selam

    Reply

    • October 8, 2015 @ 10:48 pm Rahmah Usman

      Ke Surabaya aja, Mak…
      Pasti hip hip hurray deh tuh Miqdad dan sodara-sodaranya…

      Reply

  21. October 8, 2015 @ 10:44 pm echaimutenan

    aku pernah kesini…jadi pengen kesini lagi

    Reply

    • October 8, 2015 @ 10:51 pm Rahmah Usman

      Nanti liburan panjangnya Raffi maen ke sini aja, Mbak Echa… ^_^

      Reply

  22. October 9, 2015 @ 2:34 pm Ety Abdoel

    Kalau ke Surabaya, mau ke monkasel ah.

    Reply

  23. October 9, 2015 @ 7:36 pm Waya Komala

    pertama kali baca singkatannya aku ketawa. Nggak nyangka aja.. 🙂
    Bawa anak pasti seru ya, semoga suatu hari nanti aku dan keluarga bisa jalan-jalan ke Surabaya.. 🙂 *Aamiin

    Reply

    • October 9, 2015 @ 10:02 pm Rahmah Usman

      Aaamiiinn… always keep pray for you and your family, Mbak ^_^

      Reply

  24. October 10, 2015 @ 10:21 am Reni judhanto

    Dek Amma walau aku sering ke surabaya, tapi aku belum pernah ke monkasel sama sekali.

    Reply

  25. October 22, 2015 @ 10:05 am Lianny Hendrawati

    Aku sepertinya pernah liat deh, dekat dengan Delta ya Amma? Tapi nggak pernah masuk sih 🙂

    Reply

  26. October 22, 2015 @ 9:27 pm Nia Haryanto

    Wah, ini sih bakal jadi tempat favorit anakku yg ketiga. Dia sukaaaa banget sama kapal selam…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool