Menyongsong 100 tahun Kebun Binatang Surabaya

Wow, nggak nyangka loh kalau Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang merupakan ikon dari Kota Surabaya akan berumur 100 tahun, masih ingat banget saat aku masih Sekolah Dasar, KBS merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi. Dikutip dari Wikipedia, sudah tiga kali KBS pindah lokasi. Pada tahun 1916, lokasi Kebun Binatang Surabaya berada di Kaliondo, dan pada tahun 1917 pindah lokasi lagi di Jalan Groedo, kemudian pada tahun 1920, pindah lokasi yang ketiga kalinya sekaligus yang terakhir di Jalan Darmo.

Dari tahun 1920 hingga 2015, KBS berumur 95 tahun, berarti kurang lima tahun lagi nih menuju 100 tahun. terlepas dari berbagai permasalahan yang ada, tentunya KBS melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kembali citranya, seperti melakukan pemugaran, istilahnya sih untuk mempercantik diri, semua itu dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung dan tentu saja agar semua hewan yang berada di KBS merasa aman dan nyaman.

Kalau kamu ingin berkunjung ke KBS, langsung meluncur ke Jalan Darmo, sebelahan dengan terminal Joyoboyo. Untuk teman – teman yang di luar kota, luar pulau atau bahkan yang ada di luar negeri, bisa langsung meluncur dari Bandara Juanda. Untuk penginapan, banyak banget hotel yang berada di sekitar KBS.
Ada yang baru di Kebun Binatang Surabaya.

Karena edisi kali ini berbeda dari hari – hari biasanya yaitu menyongsong 100 tahun, dan KBS melakukan perbaikan di sana – sini. Karena areanya yang sangat luas, maka perbaikan dilakukan secara bertahap, Ini dia yang baru dari KBS :

1. Tiket edisi menyongsong 100 tahun KBS.

tiket perorangan warna kuning

tiket perorangan warna kuning

Nggak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam, cukup lima belas ribu rupiah bisa menikmati seluruh area. Tapi, kalau ingin menunggang gajah atau kuda, dikenakan tarif lagi. Ada dua loket yang tersedia, yaitu loket untuk perorangan dan tiket untuk kelompok, tiket untuk perorangan berwarna kuning, tiket untuk kelompok berwarna hijau.

2. Pemugaran di area Aquarium.

Aquarium Kebon Binatang Surabaya

dilakukan pemugaran biar cantik

Area aquarium salah satu area yang cukup luas dan banyak hewan yang menghuni termasuk buaya, tepat deh kalau area Aquarium mendapat perhatian lebih yaitu dengan melakukan pemugaran.
3. Selamat datang, Wira!

Harimau Jantan Sumatera

Yuk, kenalan sama Wira

Yuk, kenalan sama Wira, harimau jantan dari Sumatera. Beberapa minggu yang lalu, Ada penghuni baru di KBS. Kedatangan Wira, disambut oleh Walikota Surabaya loh. Sayangnya, masih sulit sekali menangkap foto Wira, karena jarang muncul di hadapan penonton, masih suka di pojokkan, tetapi terdengar Wira yang mengaum dengan keras. Bikin merinding. Maklum saja, Wira masih proses adaptasi dengan lingkungan sekitar, bahkan ada beberapa petugas yang menjaga di depan kandang Wira.

4. Selamat ulangtahun, Moridtz!

Jerapah Kebon Binatang di Surabaya

Happy birthday Moridtz!

 

Jerapah Kebon Binatang Surabaya

Yeaaay, lagi ulang tahun

Moridtz, si Jerapah, sedang berulang tahun nih, lagi menikmati kado berupa rumput yang porsinya lebih banyak dari biasanya. Seperti itulah perayaan ulang tahun di KBS, akan ada kado istimewa dari petugas. Perayaan ulang tahun merupakan daya tarik bagi pengunjung.

5. Arena bermain anak – anak.

Tempat Bermain Anak

ayoooo kamu bisaa!

Semula, arena bermain anak – anak hanya seuprit, secara semakin luas, ada kereta kelinci, dan arena bermain outdoor yang mengasah ketangkasan. Dijamin nggak bosen, setelah puas melihat berbagai hewan, langsung main ke arena bermain anak.
100 tahun KBS, 100 kenangan yang menyertai.
Apalah artinya hidup ini tanpa adanya kenangan manis, hidup terasa hampa. Kenangan di KBS tak dapat dihilangkan begitu saja, uhuk. Bagi warga Surabaya sekitarnya yang terikat secara emosional akan kenangan di KBS, yuk lah bernostalgia di KBS, selain ada hal baru di KBS, tapi masih banyak area yang bisa di jelajah, area burung, area mamalia, area komodo, dan masih banyak lagi.

Ingat ya, jangan memberikan makan hewan agar kesehatannya dapat terus terjaga dan jangan lupa membuang sampah pada tempatnya

yuk ke Kebun Binatang Surabaya.

yuk ke Kebun Binatang Surabaya.

Menyongsong 100 tahun Kebun Binatang Surabaya
3.75 (75%) 4 votes
(Visited 572 times, 1 visits today)


About

Personal blogger yang suka nulis, termasuk nulis tentang kamu.


'Menyongsong 100 tahun Kebun Binatang Surabaya' have 40 comments

  1. October 5, 2015 @ 12:06 pm Rahmah

    Wah… KBS sudah 100 tahun aja yah… tua banget…

    Reply

    • October 5, 2015 @ 7:45 pm Sari Widiarti

      ndak tua mbak, tapi emang banyak kenangan *tsaaaaaah* 😀

      Reply

  2. October 5, 2015 @ 12:25 pm Dwi Indah Nurmaturrokhmah

    Semoga salah satu RTH terbesar yang kota ini miliki tetap berjaya.

    Reply

  3. October 5, 2015 @ 12:27 pm Uniek Kaswarganti

    Huhuuyy…hepi bday Moridtz… Di Semarang aku udah jarang banget mba pergi ke kebun binatang. Ntar kapan2 liat ah, apa juga sebagus KBS ini. Klo aq ke Surabaya ajakin ke sini ya mba 🙂

    Reply

    • October 6, 2015 @ 9:07 am Sari Widiarti

      boleh banget, siapa tahu Moridtz ulangtahun lagi, atau udah ada anaknya Moridtz 😀

      Reply

  4. October 5, 2015 @ 2:41 pm Dwi Puspita

    seumur-umur belum pernah ke kebun binatang aku walaupun udah wira wiri di jalanan kota surabaya..hahahaha

    Reply

  5. October 5, 2015 @ 3:09 pm Lianny Hendrawati

    Wah sudah 100 tahun aja ya kebun binatang surabaya ini. Waktu masih kecil aku beberapa kali kesana, anak-anakku malah belum pernah kuajak kesana 🙂

    Reply

    • October 6, 2015 @ 9:08 am Sari Widiarti

      ada arena bermain juga loh mbak, tiketnya murmer, yuk capcus ke mari :*

      Reply

  6. October 5, 2015 @ 3:17 pm Niar Ningrum

    100 Tahunn….. pantesan jaman ibu niar masih kecil sampek niar segede gaban kayak gini itu KBS masih ada, sayang nya hewan2nya banyak yang mati -_-”

    Reply

    • October 6, 2015 @ 9:09 am Sari Widiarti

      nah itu untuk menyambut 100 tahun, banyak yang dibenahi, semoga bisa langgeng dan ini juga termasuk warisan yang perlu dijaga kelestariannya *tsaaaah* 😀

      Reply

  7. October 5, 2015 @ 4:06 pm Eda Akbar

    udah 100 tahun yaaa… ga kerasa ya udah lama banget berdirinya ikon surabaya ini

    Reply

  8. October 5, 2015 @ 5:04 pm Hilda Ikka

    Waduh, masa kecil belom lengkap emang kalo belom pernah ke sini hihi. Tapi aku mau ke KBS lagi kalo hewannya mulai penuh lagi. Hahaha

    Reply

  9. October 5, 2015 @ 10:26 pm VandaArie

    Belum ke Surabaya kalau belum ke Bonbin hihi

    Reply

  10. October 6, 2015 @ 12:22 am Mang Lembu

    Usia yang cukup tua untuk sebuah kebun binatang.
    selamat menyongsong usia yang ke 100yah bunbin Surabaya…janganlah aku mendengar berita yang mengiris kalbu saya seperti banyaknya kematian pada para penghuninya dan carut marut management bunbin Surabaya seperti yang telah lalu…kesian mereka sudah di ciptakan sebagai binatang yang di kandangi, di telantarkan pula oleh para manusia-manusia itu.

    Reply

    • October 6, 2015 @ 9:11 am Sari Widiarti

      nah itu mas, tujuan dari postingan ini adalah KBS sedang berbenah diri, dilakukan pembenahan di sana – sini, ya semoga harapan masyarakat luas dapat tersampaikan ^_^

      Reply

  11. October 6, 2015 @ 5:33 am ade anita

    Dari tahun 1925… dah tua juga ya… aku pikir kita gak punya bonbin pas jaman masih perang dulu. Ternyata udah punya.

    Reply

  12. October 6, 2015 @ 12:51 pm Nining

    KBS jd inget pigura di rmh yg isinya foto bapaknibu lg liburan disitu. Aku blum lahir gt…pantessss lah 100thn ini yak.
    Dan sejak issue binatang koleksinya krg terawat jd rada takut mo main kesana, aman gk ya kira2?

    Reply

  13. October 6, 2015 @ 3:43 pm @nurulrahma

    BONBIN…!!
    Iyes, semenjak banyak satwa yang meninggal dunia *hiks* aku jadi rada parno ke sono

    Semoga setelah ini bonbin berjaya lagi!

    Reply

  14. October 6, 2015 @ 4:13 pm Yuniari Nukti

    Waktu masih sekolah SD dulu, Orang-orang tua bilang kalau Kebun Binatang Surabaya adalah Kebun Binatang terbesar se-Asia Tenggara, lho.. Semoga KBS selalu eksis

    Reply

  15. October 7, 2015 @ 5:32 pm Nur Susianti

    belum pernah ke bonbin surabaya, waaaw sudah 100 tahun ya 😀

    Reply

  16. October 7, 2015 @ 6:44 pm Andria Nur Wahyu

    Waaahhh, aku belum semoet kesini. Mau banget kesini >,<

    Reply

    • October 8, 2015 @ 9:46 pm Akarui Cha

      Aku kapan ya kepoin Kebun Binatang ini. Semoga segera ada kesempatan.

      Reply

  17. October 8, 2015 @ 3:35 pm Robiatuz Zuniar

    Woow.. 100 tahun
    sudah setua itu ternyata
    aah.. idola masa kecilku yang malang, dulu waktu masih kecil paling antusias kalo diajakin ke KBS

    Reply

  18. October 8, 2015 @ 9:44 pm Akarui Cha

    Wuahhhh, ternyata Kebun Binatang surabaya lebih tua usianya daripada Indonesia. Keren banget. Semoga di usianya yang ke-100 nanti, KBS makin baik ya.

    Reply

  19. October 9, 2015 @ 2:49 am Hastira

    wah dulu waktu kecil suka ke kebun binatang surabaya saat nginep di tempat nenek

    Reply

  20. October 9, 2015 @ 7:40 am Catcilku

    Dah 1 abad ya, luar biasa. Semoga semakin bagus dan hewan-hewannya juga terawat baik 🙂

    Reply

  21. October 9, 2015 @ 11:24 pm Febriyanlukito

    Wahhh. Dah 100 tahun? Lama banget ya mbak.

    Reply

  22. October 10, 2015 @ 12:05 pm Ummi Nadliroh

    Wah, sdh 95 th ya… Smg manajemennya semakin bagus. 🙂

    Reply

  23. October 11, 2015 @ 2:35 pm Nurul Fitri Fatkhani

    Wow..ternyata kebun binatang Surabaya sudah berumur 100 tahun ya… Semoga permasalahannya cepet selesai ya Mak.

    Reply

  24. October 12, 2015 @ 1:37 pm Percha

    Hi Sari,
    wah kebun binatang usianya tua banget :D,
    banyak kegaitan yang bisa dilakukan yah disana.. khusus KBS saya belum pernah masuk sih, maklum kalau ke Surabaya cuma numpang lewat, kapan-kapan coba main-main kesana yah

    Reply

  25. October 13, 2015 @ 5:02 am algazel

    wah… ternyta kebun binatang surabaya sekrang banyak perubahan ya…
    padhal, dulu sekitar 12 tahun yang lalu ketika saya ke sana masih tidak seperti itu….

    Reply

  26. October 15, 2015 @ 11:52 am Mugniar

    Saya pernah ke Surabaya (sudah lama sekali) tapi kenapa gak ke kebun binatang ini yah *menyesal di belakag tiada guna hiks*

    Reply

  27. October 18, 2015 @ 2:29 pm Lidya

    wah udah satu abad ya kenun binatang Surabaya

    Reply

  28. October 20, 2015 @ 9:52 pm sgw waluyo

    Bonbin, drenten, madakno rupo…..oalah, wis satus taun umure….

    Reply

  29. October 30, 2015 @ 11:33 pm Ei

    kapan-kapan kalo pas lagi ke surabaya mampir aaahh …

    Reply

  30. August 10, 2016 @ 8:30 pm winnymarlina

    sekalipun belum pernah ke dalamnya kak

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool