Kebun Raya Purwodadi

Meninggalkan Kebisingan Kota dengan Piknik di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan

Mau liburan dengan suasanya piknik di tengah lapangan hijau yang dikelilingi pohon-pohon tinggi? Yang modalnya hanya membayar tiket masuk yang murah dan hanya dengan membawa bekal manan saja? Bisa kok. Datang yuk ke Kebun Raya Purwodadi. Sebuah kebun penelitian besar yang terletak di Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur. Lokasinya, berjarak 65 km dari Surabaya. Cukup dekat, apalagi sekarang sudah ada tol panjang dari Surabaya sampai ke Pandaan, Pasuruan.

Kebun Raya Purwodadi ini luasnya 85 hektar dan memiliki 10.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Kebun yang didirikan pada 30 Januari 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking, sekarang berada di bawah tanggung jawab Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Selain sebagai tempat penelitian, Kebun Raya Purwodadi juga dijadikan tempat wisata. Tiket masuknya cukup murah, Rp. 6000,- saja per orang, dengan batas maksimal kunjungan jam empat sore setiap harinya.

Kebun Raya Purwodadi

Di dalam Kebun Raya Purwodadi, ada sebuah lapangan yang luas sekali, yang sepertinya memang sengaja disediakan oleh pihak Kebun Raya Purwodadi untuk pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati suasana yang jauh dari kebisingan kota, dengan dikelilingi pohon-pohon yang rindang dan beberapa lapak penjual makanan ringan.

Kebun Raya Purwodadi

Tidak jauh dari lapangan yang luas itu, ada sebuah kolam air yang agak luas. Wahana sederhana yang ada di sana hanyalah sepeda air dan kapal dayung. Lumayanlah kalau ingin merasakan sejuknya air di kolam sambil sedikit main air, bisa menyewa dua wahana itu.

Kalau sudah puas naik sepeda airnya atau mendayung, kita bisa santai-santai di taman yang juga nggak jauh dari sana. Mungkin lebih tepatnya dinamakan dengan taman bermain karena memang banyak sekali permainan anak-anak di sana. Ada jungkit-jungkit, ayunan dan beberapa permaianan anak lainnya. Enaknya lagi, kalau kita sebagai orang tua nggak perlu khawatir capek buat nungguin si kecil mainan. Ada beberapa gazebo di sana yang bisa digunakan untuk tempat istirahat.

Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi

Masih belum puas karena yang didatangi hanya area itu saja? Oh tenang saja. Di sana ada kereta kuda yang memuat tiga orang (plus kusirnya) yang bisa disewa kalau kita ingin mengelilingi area lain dari Kebun Raya Purwodadi ini. Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000,- saja, kita sudah diajak bapak kusirnya untuk keliling di beberapa spot yang memang tidak digunakan untuk area piknik. Dari berkeliling itu, kita bisa tahu jenis-jenis tumbuhan apa saja yang ditanam di sana dan bisa memperkirakan lokasi-lokasi penelitian yang tidak bisa sembarangan untuk dikunjungi. Sebenarnya, jalanan yang dilewati dengan menggunakan kereta kuda ini, bisa kok dilewati dengan menggunakan mobil. Tapi sensasinya akan berbeda bukan? Waktu seolah melambat saja dengan naik kereta kuda.

Kalau belum puas berkeliling dengan menggunakan kereta kuda, kita bisa kok naik kereta kelinci. Errr.. kalau ini mah, anak kecil yang paling senang. Gimana-gimana, kereta kelinci masih memiliki tempat di hati mereka bukan?

Kebun Raya Purwodadi

Lelah berkeliling, tinggallah kita meluruskan punggung dengan tidur-tiduran di atas lapangan berumput. Ups, tapi pakai alas ya, biar tetap bersih bajunya. Sambil tiduran, kita bisa merasakan semilir angin dan nyamannya suasana piknik di sana. Tidur? Silakan. Sepanas-panasnya di sana, nggak sampai bikin kulit terbakar kok. Atau sebelum tidur mau sholat dulu? Di sekitar lapangan itu, ada musholla dan beberapa toilet yang bisa dugunakan untuk mandi. Memang agak jauh sih lokasinya, tapi nggak masalah kan kalau suasananya adem tanpa polusi sama sekali?

Gimana, sudah memasukkan Kebun Raya Purwodadi sebagai lokasi liburan keluarga yang murah? Segera deh kalau belum. Karena memang kenyamanannya bisa kita dapatkan dengan mudah.

Meninggalkan Kebisingan Kota dengan Piknik di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan
4.3 (86.67%) 3 votes
(Visited 643 times, 1 visits today)


About

Pemilik personal blog http://mamaarkananta.com | Guru Bimbingan Konseling di Gresik | Paper crafter di IG @kreasi_dluwang | Personal IG dan Twitter : @ria_rochma


'Meninggalkan Kebisingan Kota dengan Piknik di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan' have 3 comments

  1. November 19, 2015 @ 3:10 pm Budi Mulyono

    Suasanya segar ya Mbak? cocok bawa keluarga.

    Reply

  2. November 19, 2015 @ 5:22 pm Rahmah Chemist

    Aduh, Mbak…
    Sumpah saya jadi kangen Manila ketika lihat keretanya… mirip banget suasananya dengan di sana…

    Reply

  3. November 20, 2015 @ 12:53 pm Dwi Puspita

    asik banget buat piknik keluarga 🙂

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool