Museum Santet Surabaya

Mengenal Dunia Klenik Lebih Dalam di Museum Santet Surabaya

Apa yang ada di pikiran teman-teman ketika mendengar istilah klenik? Merinding? Takut? Atau biasa saja karena tidak tahu apa itu klenik? Ya, klenik identik dengan hal-hal mistis yang cenderung berkonotasi negatif. Bahkan di dalam kamus besar Bahasa Indonesia menempatkan klenik sebagai sebuah aktivitas perdukunan. Klenik juga dikaitkan dengan banyak hal yang tidak dapat dicerna dengan akal namun dipercaya oleh banyak orang.

Nah, mungkin di antara kamu masih banyak yang belum tahu bahwa di Kota Surabaya terdapat sebuah tempat yang menyimpan berbagai koleksi dunia klenik. Waw? Yang benar saja? Ya benar, di Surabaya terdapat sebuah museum yang memiliki koleksi benda yang berubungan dengan dunia klenik alias dunia mistis. Museum tersebut adalah Museum Santet.

Baru mendengar kan ada Museum Santet di Surabaya? Wajar, karena Mueseum Santet ini bukanlah museum yang dibuat khusus seperti museum Jalesveva Jayamahe yang ada di pangkalan KOARMATIM atau museum Bank Indonesia yang ada di kawasan Jembatan Merah. Museum Santet ini hanyalah bagaian dari komplek Museum Kesehatan dr. Adyatama yang beralamatkan di Jalan Indrapura No 17 Surabaya. Karena menjadi satu di komplek Museum Kesehatan Surabaya inilah yang membuat tak banyak yang tahu bahwa di Surabaya ada Museum Santet.

Bagi kamu yang sudah pernah berkunjung ke Museum Kesehatan, lokasi barang-barang klenik ditempatkan di gedung sebelah gedung sasana Kesehatan. Gedungnya paling depan, gedung yang tampak saat pertama kali memasuki komplek Museum Kesehatan.

Museum Santet Surabaya

Boneka Santet – Koleksi Museum Santet Surabaya

Barang-barang yang ada di sasana yang diberi nama Sasana Kesehatan Budaya ini merupakan barang-barang yang diperoleh dari tubuh pasien yang diduga sakitnya karena hal Mistis a.k.a Gaib alias kena santet. Saat memasuki Sasana Kesehatan Budaya ini, sejauh mata memandang, yang kita lihat adalah barang-barang aneh yang kental dengan dunia mistis dan ghaib, seperti paku dan kawat karatan serta rambut yang diambil dari dalam tubuh manusia, boneka jailangkung dan nini towok, susuk, tali pocong, dan lain sebagainya. Pokoknya, berbagai hal berbau mistis jawa kejawen lengkap di pamerkan di sasana Kesehatan Budaya – Museum Santet, Surabaya.

Museum Santet Surabaya

Koleksi Museum Santet Surabaya – Boneka Nini Towok & Jailangkung

Hubungan Kesehatan dengan Dunia Klenik.

Jika kamu bertanya-tanya kenapa ada sasana Kesehatan Kebudayaan atau yang banyak dikenal dengan Museum Santet di komplek Museum Kesehatan Surabaya, jawabnya seperti tulisan yang saya kutip dari tulisan yang menyebutkan kenapa di buat Sasana Kesehatan Budaya yang menyimpan benda-benda mistis tersebut. tulisan tersebut adalah sebagai berikut,

Upaya kesehatan berdasarkan atas kepercayaan atau supranatural, dunia ghaib merupakan realita budaya yang telah ada dan berkembang sejak jaman dulu kala. Suatu fenomena yang menarik dan sekaligus merupakan tantangan untuk kita semua gunakan untuk mengkaji dan menyibak misteri tersebut, agar supaya dapat dimanfaatkan demi kesehatan kita semua, kesejahteraan dan kemanusian.

Museum Santet Surabaya

Koleksi Museum Santet Surabaya

Dari kutipan di atas jelas bahwasannya upaya kesahatan juga berdasarkan pada kepercayaan atau supranatural. Karena seperti yang kita ketahui, masayarakat di Indonesia sebagaian besar masih mempercayai adanya hal-hal gaib atau masih mengamalkan kepercayaan Animisme dan Dinamisme. Dan hal-hal seperti ini masih sering di kaitkan dengan segala hal yang terjadi pada kita(Manusia) dan salah satunya berhubungan dengan kesehatan kita. Sering sekali kan kita mendengar ada yang bilang, “Perutnya membuncit, itu sakit karena di santet / diguna-guna orang.”

Jadi wajarlah jika sasana yang ditempatkan banyak barang-barang klenik itu dinamakan Sasana Kesehatan Budaya, karena berisi berbagai koleksi barang “budaya” yang diduga mempengaruhi kesehatan kita.

Tak hanya barang-barang berhubungan dengan klenik, di sasana Kesehatan Budaya Muesum Kesehatan dr. Adyatama ini kita bisa melihat peralatan kesehatan kuno dan menyimpan nilai budaya, seperti celana dalam anti pemerkosaan, pasung untuk membelenggu orang dengan kelainan jiwa, hingga perlengkapan untuk prosesi bayi turun tanah dan prosesi tingkepan (peringatan hamil 7 bulanan). Lengkap pokoknya.

Jadi untuk kamu yang mampir atau berencana berkunjung ke Surabaya dan punya cukup nyali, kamu wajib mampir ke Museum Santet ini. Dan jika nyali kamu benar-benar besar, kamu bisa berkesempatan menguji nyali dengan berinteraksi langsung dengan makhluk gaib yang ada di salah satu ruangan khusus di sasana Museum Kesehatan dr. Adyatama ini. Ruangan apa itu? Silahkan tanyakan langsung ke guide atau penjaga museum saat kamu berkunjung ke museum. Dijamin benar-benar menguji nyali.

Bayar gak masuk museum santet? Ya, untuk menjelajah museum ini kita dikenakan tarif retribusi sebesar Rp 3.000,- / kepala.

Mengenal Dunia Klenik Lebih Dalam di Museum Santet Surabaya
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,106 times, 1 visits today)


About

Seorang penikmat dunia IT yang hobi menulis dan senang menikmati suasana sebuah Kota dengan jalan kaki.


'Mengenal Dunia Klenik Lebih Dalam di Museum Santet Surabaya' have 3 comments

  1. November 18, 2015 @ 12:37 pm Yuniari Nukti

    Penasaraaaann.. pernah lihat ulasan Museum ini di TV, sekarang di ulas disini.. lalu kapan aku kesanaa haha

    Reply

  2. November 18, 2015 @ 1:14 pm Budi Mulyono

    Ahh, ada ada aja nieh. Baru tau ada museum kayak beginian.

    Reply

  3. November 25, 2015 @ 4:35 am Nining

    Serem ah, tapiiiii ya itu tadi …percaya nggak percaya, tapi ada. Errrrr

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool