pesawat garuda indonesia

Menangkap Momen di Bandara Juanda Surabaya

Tidak perlu bingung kalau ke Surabaya, banyak cara mengunjungi kota pahlawan ini. Melewati jalur darat, laut atau udara, banyak sekali pilihannya. Jika ingin menghemat waktu untuk pergi ke Surabaya, bisa memilih transportasi udara, alias naik pesawat. Hemat waktu, nggak pakai macet, meskipun merogoh kocek yang lumayan, tapi sebanding lah dengan apa yang dikeluarkan. Jika memilih naik pesawat, pasti dong akrab dengan Bandara Juanda, Surabaya. Salah satu Bandara International di Indonesia.

garuda airlines

salah satu maskapai yang melintas di Bandara Juanda (foto telah diedit).

Meskipun namanya menggunakan Bandara Juanda Surabaya. Namun, letaknya di Sidoarjo, lebih tepatnya Sedati. Mau bercerita tentang Bandara Juanda yang sekarang ini bisa dikatakan Bandara Juanda baru, karena dulunya tuh letak Bandara Juanda dekat dengan tempat latihan TNI Angkatan Laut. Karena semakin meningkatnya jumlah penumpang, maka ada rencana untuk memindahkan Bandara Juanda agar mampu menampung lebih banyak penumpang. Selain itu, pemindahan lokasi Bandara Juanda agar tidak mengganggu aktivitas dari TNI Angkatan Laut. Ya, maklum aja dari kecil sampai udah gede tetapi muka masih unyu, mengikuti perkembangan dari Bandara Juanda. Lumayan dekat dari rumah, hehehe..

Pusat perawatan pesawat, kita bisa lihat banyak pesawat yang parkir. Lihat dari jauh saja, karena memang bukan kawasan yang bebas untuk dikunjungi.

Pusat perawatan pesawat, kita bisa lihat banyak pesawat yang parkir. Lihat dari jauh saja, karena memang bukan kawasan yang bebas untuk dikunjungi.

Letak dari Bandara Juanda yang baru, sebenarnya tidak terlalu jauh dari lokasi yang lama, hanya saja lebih luas untuk menampung penumpang yang dari tahun ke tahun semakin membludak, dan juga mampu menampung banyak pesawat yang segede gaban gitu. Hingga tulisan saya ini tulis, masih ada proyek untuk pelebaran Bandara Juanda, akses TOL ke Juanda juga sedang dikerjakan. Ya, balik lagi, semua ini semata – mata untuk kenyamanan penumpang, baik itu penumpang domestik maupun international. Itu sekelumit gambaran tentang Bandara Juanda, bisa bayangkan dong, ternyata lalu lintas di udara sangat padat.

Salah satu maskapai yang cukup sering melintas. (foto telah diedit).

Salah satu maskapai yang cukup sering melintas. (foto telah diedit).

Sekarang, aku ajak kalian untuk melihat dari sudut pandang masyarakat yang berada di sekitaran Bandara Juanda. Kalau di awal aku cerita, pasti sudah membayangkan begitu mudah dan cepatnya untuk liburan kemana saja dengan transportasi udara. Lantas, bagaimana dengan masyarakat sekitar? Karena padatnya lalu lintas di udara khususnya di Bandara Juanda, masyarakat malah memanfaatkan lahan mereka untuk dijadikan spot hunting tipis – tipis untuk menangkap momen, yaitu mengabadikan pesawat yang sedang landing. Spot ini sebenarnya untuk tempat parkir, karena hampir sepanjang jalan menuju Bandara, lebih tepatnya di daerah Sedati Gede, banyak sekali warung makan, daripada parkirnya meluber ke jalan, maka dibuatlah tempat parkir yang lebih luas, eh nggak tahunya malah lebih banyak dimanfaatkan warga untuk wisata nonton pesawat.

Geli sih rasanya, “lah wong orang lagi mendarat kok dilihat:. Tapi giamana ya, ada yang beda gitu, mengabadikan momen yang tepat, nggak goyang atau blur saat pesawat landing, kerena lah pokoknya. Tenang aja, banyak teman di sini yang memang niat untuk foto pesawat atau merekam video. Banyak juga yang menjajakan jajanan di lokasi sembari menunggu pesawat landing.

Banyak yang memanfaatkan hari libur untuk melihat pesawat landing.

Banyak yang memanfaatkan hari libur untuk melihat pesawat landing.

Karena berada dekat di area persawahan, bisa melihat yang sedang menannam padi, loh.

Karena berada dekat di area persawahan, bisa melihat yang sedang menannam padi, loh.

Tips hunting pesawat.
Sekedar tips hunting ala – ala Sari, kalau ingin hunting pesawat yang landing, lebih baik berangkat lebih awal, karena memang ramai tempatnya, sekali menemukan posisi yang tepat untuk jepret pesawat, bakalan susah move on. Nggak perlu menunggu lama untuk jepret pesawat landing, hanya membutuhkan waktu kurang lebih lima menit dari pesawat pertama yang kita temui, datang deh pesawat selanjutnya. Tetapi, kalau ingin mengabadikan pesawat international, agak susah, karena kebanyakan pesawat domestik yang berlogo singa sering hilir mudik. Lebih baik cek jadwal pesawat international yang menuju ke Surabaya. Jepret berkali – kali untuk menghasilkan foto yang diinginkan, menggunakan zoom in – zoom out , juga bisa. Wisata murah meriah di akhir pekan, berlibur bersama keluarga sekaligus memuaskan hunting pesawat.

Salah satu maskapai international. Beruntung bisa mengabadikan momen ini.

Salah satu maskapai international. Beruntung bisa mengabadikan momen ini. (singapore aurlines)

jika ingin mengabadikan pesawat dari maskapai international, bisa cek jadwal mereka menuju Surabaya.

jika ingin mengabadikan pesawat dari maskapai international, bisa cek jadwal mereka menuju Surabaya. (kalstar airlines)

Menangkap Momen di Bandara Juanda Surabaya
4.67 (93.33%) 3 votes
(Visited 1,931 times, 3 visits today)


About

Personal blogger yang suka nulis, termasuk nulis tentang kamu.


'Menangkap Momen di Bandara Juanda Surabaya' have 6 comments

  1. November 2, 2015 @ 11:36 am Rahmah

    Baru Agustus kemaren naik pesawat
    Entah kapan lagi…

    Reply

  2. November 2, 2015 @ 8:14 pm Nining

    Uda joint komunitasnya aviasi ituh etapi blm mrnh ikutan huntingnya hahahaha. Ada tmn dumay saking rajinnya ngetag dia sampe dpt privelege masuk cockpit loh huhuhu aku mupengssss
    Ntw iyu lucky bener dpt SQ, jrg soale flightnya 😉

    Reply

  3. November 3, 2015 @ 8:21 pm Ety Abdoel

    Wah, ada hiburan gratis ya. Foto pesawat nya kereeen mba

    Reply

  4. November 5, 2015 @ 4:08 pm Erlina Ayu

    Kangen main main ke Surabaya jadinya

    Reply

  5. January 10, 2016 @ 8:17 am Wenny

    Kalau dari depan aloha kan ada jalan juanda. Apa masuk situ terus? Arah dan ancer2 nya apa bu?. Mhn infonya. Thanks

    Reply

    • January 11, 2016 @ 7:52 pm Sari Widiarti

      dari jalan Juanda masih terus. Nah, saat ketemu Pom bensin Juanda, belok kiri, teruuus aja. Kalau tau yang jual rujak sedati, nah di depannya itu kan ada warung yang jual somay, sebelahnya. Tempatnya terbuka, tanah lapang.
      Semoga terbantu. kalau ada kesulitan, bisa komentar di sini ya 🙂

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool