Maharani Zoo and Goa

Maharani Zoo and Goa, Perpaduan Unik Wisata Alam dan Edukasi

Mencari tujuan wisata yang unik di Jawa Timur? Yang bukan sekedar tempat wisata saja tapi juga memiliki nilai edukasi jika kita mengajak anak-anak kita atau keluarga ke sana? Adalah Maharani Zoo and Goa yang merupakan wisata gabungan, di mana kita bisa melihat aneka satwa dalam konsep kebun binatang, dan juga melihat keindahan alam berbentuk gua, yang dinamakan โ€˜gua Maharaniโ€™. Lokasinya berada di jalur Pantai Utara Jawa, tepatnya di Jalan Raya Paciran, Lamongan.

Maharani Zoo and Goa
Sejak dulu, gua Maharani memang memiliki daya tarik tersendiri untuk didatangi. Terbilang, sudah empat kali saya ke sana. Dari mulai gua Maharani yang masih alami sampai sudah menjadi unik seperti sekarang ini karena percampuran konsep.

Maharani Zoo and Goa yang ramah anak-anak ini memiliki luas 3,5 hektare. Sedangkan untuk kebun binatangnya, memiliki koleksi satwa sebanyak 746 ekor dari ratusan spesies. Saat saya terakhir kali ke sana, tatanan lokasi sudah baik sekali. Pihak pengelola memikirkan dengan baik bagaimana pengunjung bakal nyaman keliling kebun binatang dan bakal terkagum-kagum dengan keberadaan gua serta logam-logam yang dihasilkannya. Lokasi kebun binatangnya teduh karena banyak pohon-pohon besar, keamanan untuk pengunjung saat berada di spot yang terdapat hewan buas juga terpikirkan dengan baik, juga nyaris tidak ada sampah bercecer (sepertinya para pengunjung sudah sadar akan kebersihan lingkungan).

Maharani Zoo and Goa

Maharani Zoo and Goa

Melalui kebun binatangnya, orang tua bisa mengajari anak-anak tentang keragaman hewan yang ada di bumi. Meskipun nggak semua hewan yang ada di bumi diangkut kemari, tetapi setidaknya, anak-anak akan mengerti bahwa ternyata ada banyak ragam hewan. Orang tua juga bisa lho mengajari tentang tingkat kepunahan hewan, lokasi hewan itu berada, juga jenis makanannya. Karena di depan kandang masing-masing hewan, diberi papan petunjuk yang menjelaskan keterangan tentang hewan tersebut.

Maharani Zoo and Goa

Ini di lokasi hewan purba. Hanya replika tapi membantu karena ada papan keterangannya ๐Ÿ™‚

Nantinya, di tengah-tengah perjalanan kita mengelilingi kebun binatang, akan ada jalan untuk menuju gua Maharani, yang merupakan gua dengan stalaktit dan stalakmit yang masih alami. Pemerintah Lamongan sendiri, tidak merubah bentuk stalaktit dan stalakmit yang ada di dalam gua, namun hanya memberikan lampu-lampu penerangan serta memberikan nama untuk masing-masing stalaktit dan stalakmit. Unik bukan?

Maharani Zoo and Goa

Kesannya jadi dramatisir banget dikasih lampu ๐Ÿ˜€

Saran saya sih, ketika ke sana, pakai pakaian yang nyaman dan menyerap keringat, kalau bisa juga memakai topi. Iyak, itu memang peraturan dasar kalau mau jalan-jalan tapi sedikit berbeda di sini. Lokasi Maharani Zoo and Goa ini berada dekat sekali dengan laut. Kalau sudah siang, panas dan silaunya ampun deh. Saya jadi paham betul, kenapa banyak sekali pohon-pohon rindang di kawasan kebun binatang. Belum lagi, ketika memasuki gua kita akan merasakan gerah yang luar biasa. Memang, pengelola sudah memberikan banyak kipas angin ukuran besar di beberapa spot tapi sepertinya nggak terlalu membantu kalau kita masuk ke gua itu pas banget masuk tengah hari dan cuaca sedang panas-panasnya.

Maharani Zoo and Goa

Yang suka akik, mampirlah ke sini untuk tahu jenis batu-batuannya ๐Ÿ˜€

Nah, setelah keliling kebun binatang dan melihat-lihat gua, pengunjung bakal diramahkan dengan lokasi pertunjukan sebelum pintu keluar. Kalau pas jadwalnya, kita bisa lihat berbagai macam pertunjukan seperti pertunjukan gajah, burung bahkan pentas seni. Dan tidak jauh dari sana, pengunjung juga bisa mencari oleh-oleh untuk saudara karena banyak sekali penjual oleh-oleh yang rapi penempatannya. Lapar? Tenang saja, pengelola juga menyediakan lokasi food court yang nyaman dengan harga yang cukup terjangkau.

Maharani Zoo and Goa

Lapak oleh-oleh ๐Ÿ™‚

Masih ragu berwisata ke Jawa Timur? Udah nggak lagi kan ya kalau sudah baca artikel ini. Yuk, segera meluncur ke mari dengan keluarga kita.

Maharani Zoo and Goa, Perpaduan Unik Wisata Alam dan Edukasi
4.5 (90%) 2 votes
(Visited 443 times, 1 visits today)


About

Pemilik personal blog http://mamaarkananta.com | Guru Bimbingan Konseling di Gresik | Paper crafter di IG @kreasi_dluwang | Personal IG dan Twitter : @ria_rochma


'Maharani Zoo and Goa, Perpaduan Unik Wisata Alam dan Edukasi' have 13 comments

  1. October 15, 2015 @ 3:55 pm Dwi Puspita

    pengen sekali kesini mbak…

    Reply

    • October 16, 2015 @ 10:40 pm Ria Rochma

      Ntr kalau si Baby dah lahir dah agak besar, ke sini Mbak. Asyik aja kalau bawa anak ๐Ÿ™‚

      Reply

  2. October 15, 2015 @ 4:02 pm Rahmah Usman

    Suka tempat yang banyak hewannya…

    Reply

    • October 16, 2015 @ 10:38 pm Ria Rochma

      Kalau bawa anak, asyik aja ya Mbak ๐Ÿ™‚

      Reply

  3. October 15, 2015 @ 6:15 pm Aya

    Eaaak, lumayan deket Lamongan, Mbak ๐Ÿ˜€

    Reply

    • October 16, 2015 @ 10:44 pm Ria Rochma

      Kan emang udah masuk Lamongan, Kakak…

      Reply

  4. October 15, 2015 @ 10:27 pm Niar Ningrum

    Makin cakep yaa tempat nya, terakhir kesini jaman masih SMP abis main dri wbl #lamabener

    Reply

    • October 16, 2015 @ 10:46 pm Ria Rochma

      Hihihi… Lama juga Niar..
      Emang perubahannya banyaaaaak bgt sih

      Reply

  5. October 15, 2015 @ 11:58 pm Yuniari Nukti

    Goa Maharani makin bagus sekarang. Dulu kesini belum sebagus ini. Ya iyalah, kesini waktu masih sekolah SMP haha..

    Reply

    • October 16, 2015 @ 10:48 pm Ria Rochma

      SMPnya mbak Yuni wes suwiiiii….
      Aku pas kesana terakhir itu, ya agak-agak kaget juga sih. Beda banget emang ๐Ÿ˜‰

      Reply

  6. October 16, 2015 @ 5:18 am Pakde Cholik

    Bagus dan bermanfaat.Anak2 tentu dulu.
    Kapan2 harus piknik ke sini.
    Terima kasih
    Salam hangat dari Jombang

    Reply

    • October 16, 2015 @ 10:49 pm Ria Rochma

      Monggo Pakdhe..
      Memang ramah dan asyik buat anak-anak. Edukasinya mengena ๐Ÿ™‚

      Reply

  7. October 19, 2015 @ 9:24 pm Fahmi

    kayaknya udah pernah kesitu, tapi waktu kecil dulu deh~ jadi udah lama banget ;D

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2015ย HelloSurabaya.comย a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool