Lumpur Lapindo

Lumpur Lapindo, Wisata Baru Dampak dari Bencana

Wisata Lumpur Lapindo

Wisata Lumpur Lapindo

Kurang lebih 9 tahun yang lalu, lokasi ini masih berupa desa yang padat penduduk. Porong menjadi pusat perputaran perekenomian di area Sidoarjo selatan karena di sinilah menjadi titik pertemuan dari 3 kota yakni, Mojokerto-Pasuruan-Sidoarjo. Hiruk-pikuk masyarakat yang berbalur peluh mencari nafkah membuat Porong menjadi lokasi potensial untuk mengais rejeki dan meningkatkan kesejahteraan hidup.

Tiba-tiba muncul semburan lumpur dari dusun Balongnongo, desa Renokenongo, kecamatan Porong – Sidoarjo. Tepatnya tanggal 29 Mei 2006, keluar semburan lumpur panas dari lokasi pengeboran milik Lapindo Brantas Inc. Sejak saat itu Porong seperti kota mati, semua aktivitas lumpuh. Banyak rumah warga yang tergenang dan lalu lintas pun terhambat karena lumpur panas meluber ke jalan raya dan memutus jalan tol.

Lumpur Lapindo

Endapan lumpur yang sudah mengering sumber : Antara Foto/Zabur Karuru

Setelah beberapa tahun kemudian, bencana yang memakan area hingga 1500 ha ini menjadi kawasan wisata tidak resmi. Pemberitaan tentang semburan lumpur panas menarik perhatian tak hanya penduduk sekitarnya tapi juga daerah lain bahkan dunia. Rasa penasaran dengan bentuk semburannya membuat orang ingin mengunjungi dan melihat sendiri bagaimana keadaan sebenarnya.

Meski tak bisa dibilang sebagai kawasan wisata yang indah, namun rasa ingin tahu masyarakat menjadikan kawasan Lumpur Lapindo sebagai kawasan wisata yang cukup diminati. Tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini, hanya melihat-lihat dan berfoto-ria. Saya termasuk yang hobby berfoto-ria, sengatan matahari yang panas tak bisa membuat saya berlama-lama di sini, karenanya saya memilih ke lokasi ini pada pagi hari atau sore hari. Pagi saat udara masih terasa segar dan sore saat panas sudah surut.

Lumpur Lapindo

Monumen Lumpur Lapindo

Menikmati wisata lumpur lapindo ini tergolong mahal karena kita akan dikenakan tiga pungutan warga, pertama biaya parkir kendaraan dan masuk ke lokasi sebesar Rp. 15 ribu per orang. Kedua, kalau kita menggunakan jasa ojek menuju pusat semburan yang berada di tengah area, maka kita akan dikenakan tarif tambahan Rp. 25 ribu per orang. Meski masih termasuk area Sidoarjo, kawasan ini di luar service Gojek. Ketiga, uang keamanan menuju pusat semburan sebesar Rp. 5 ribu per kendaraan yang masuk. Sehingga total biaya yang yang harus dikeluarkan setiap wisatawan yang ingin menjejakkan kaki di permukaan lumpur yang mengeras adalah Rp. 45 ribu.

Harga ini sebanding dengan resiko yang dihadapi pengunjung. Lokasi yan tepat di pinggir jalan raya membutuhkan keamanan agar kendaraan pengunjung aman dari pencurian dan kejahatan lainnya. Jalan menuju pusat semburan,berbahaya sehingga hanya mereka yang terbiasa kesana saja bisa mencapai pusat lokasinya jadi pengunjung memang harus menggunakan ojek.

Lumpur Lapindo

Wisatawan melihat patung-patung di Lapindo sumber: beritadaerah (dot) co (dot) id

Untuk berwisata ke Lumpu Lapindo cukup mudah, selain menggunakan kendaraan pribadi bisa juga ditempuh dengan transportasi umum. Dari Surabaya bisa naik bus atau kendaraan umum lainnya yang ke arah Malang turun di depan lokasi. Begitu juga sebaliknya yang dari Malang bisa naik bus jurusan Surabaya. Bagi Ezytraveler yang lebih suka naik kereta baik dari Surabaya atau Malang turun di stasiun Porong lalu jalan kaki karena lokasinya tidak jauh dari stasiun. Puas berwisata di Lumpur Lapindo kita tinggal menyeberang jalan untuk menikmati Ote-ote Porong yang minggu lalu sudah saya sajikan.

Vote Us
(Visited 3,334 times, 1 visits today)


About

cat lover, coffee addicted, life with a sweetheart


'Lumpur Lapindo, Wisata Baru Dampak dari Bencana' have 1 comment

  1. November 18, 2015 @ 5:52 pm Rahmah Chemist

    Kalau denger Lapindo, saya malah ingatnya Ceker Lapindo, hehehe…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool