Klepon, Kelereng Manis Jajanan Khas Pasuruan

Jajanan yang satu ini sebenarnya bisa dijumpai di setiap pasar tradisional hampir di seluruh kota di Jawa Timur. Tapi di Pasuruan jajanan ini memiliki lapak tersendiri dan dikembangkan oleh penduduk di kecamatan Gempol.

Usut punya usut, klepon sudah menjadi jajanan khas Pasuruan dan dikenal dengan klepon Gempol. Sepanjang jalan Gempol baik yang ke arah kota Pasuruan atau Malang, pedagang kaki lima banyak menyajikan makanan kenyal isi gula jawa yang berselimut parutan gula ini.

Klepon

adonan tepung beras ketan, bahan dasar klepon

Bahan dasar klepon dari tepung beras ketan membuat kekenyalannya sempurna. Cara membuatnya pun tidak sulit, adonan tepung beras ketan ini dibentuk bulatan kecil sebesar kelereng lalu di dalamnya ditambahkan gula jawa cair kemudian dimasukkan ke dalam air mendidih. Saat warnanya sudah menjadi glossy pertanda matang baru diangkat dan tiriskan. Sebelum dimakan klepon dibaluri parutan kelapa supaya gurih.

Klepon

gula jawa yang diencerkan sebagai isi klepon

Saat direbus, gula jawa di dalam adonan tidak meleleh dan ketika dimakan, gula cair ini akan muncrat lembut memenuhi rongga mulut. Sensasi rasa manis gurih inilah yang bikin kita nggak berhenti menikmatinya apalagi besarnya sedikit lebih kecil dari bola ping pong, bisa langsung masuk ke dalam mulut.

Klepon

setelah direbus

Saat saya mampir ke salah satu produsen bisa melihat bagaimana proses jajanan tradisional ini dibuat. Hmm … baunya harum, ternyata warna hijau yang mereka pakai bukan dari zat pewarna makanan tapi menggunakan daun pandan. Ajib banget! Kecepatan saya makan lebih cepat dari proses pembuatannya, haha ….

dicampur parutan kelapa sebelum disajikan

dicampur parutan kelapa sebelum disajikan

Satu kotak klepon isi 12 biji dihargai Rp. 4000. Tidak terlalu mahal menurut saya karena menikmatinya langsung dari dapur produksi. Berbeda bila beli dari pasar, kondisinya sudah dingin rasa gurihnya sedikit berkurang.

Karena klepon ini merupakan jajan basah, para pedagang di sini biasanya menyajikan saat pembeli datang dengan begitu bisa tahan agak lama meski tidak seharian. Parutan kelapa ini yang menyebabkan makanan ini tidak boleh ditunda menikmatinya, cepat basi. Namun bila tidak ingin menikmatinya langsung atau sebagai oleh-oleh bisa juga minta parutan kelapa yang sudah dikukus, ini relatif  bertahan lebih lama. Rasa gurih kelapanya sedikit berkurang namun tidak mengurangi kelezatannya.

Klepon Pasuruan

cikal bakal klepon Pasuruan

Sepanjang jalan pedagang klepon banyak, mereka pun berinovasi pada jajanan khas Pasuruan ini, selain agar tetap survive dalam persaingan bisnis juga supaya pengunjung tidak bosan dengan yang itu-itu saja. Ada keju sebagai pengganti kelapa. Klepon dengan parutan keju lebih tahan lama dibanding yang menggunakan parutan kelapa. Lebih pas untuk oleh-oleh.

Jalan menuju kumpulan pedagang klepon juga mudah, dari Surabaya ke arah Malang atau sebaliknya bisa langsung turun di pertigaan Apollo, nah di sekitar pertigaan ini banyak pedagang kaki lima yang menjual klepon. Bila ingin langsung ke produsennya dari Surabaya atau Malang ambil arah ke Pasuruan kota, setelah melewati jalur bypass Apollo ke arah Pasuruan kota perhatikan sisi kiri jalan, di sini banyak produsen klepon. Kalau dari arah Pasuruan lokasinya tepat di seberang jalan. Semua moda transportasi melewati lokasi ini.

Klepon, Kelereng Manis Jajanan Khas Pasuruan
3.5 (70%) 2 votes
(Visited 1,046 times, 1 visits today)


About

cat lover, coffee addicted, life with a sweetheart


'Klepon, Kelereng Manis Jajanan Khas Pasuruan' have 10 comments

  1. October 15, 2015 @ 3:58 pm Dwi Puspita

    wih enake…tambah luwe aku…

    Reply

  2. October 15, 2015 @ 4:08 pm Rahmah Usman

    Saya suka klepon, kalau kayak gini namanya Onde-Onde di Makassar

    Reply

    • October 16, 2015 @ 10:52 am entas suliana

      iya, onde-onde kelapa …. kl makassar sih aku suka panada 🙂

      Reply

  3. October 15, 2015 @ 10:30 pm Niar Ningrum

    Tiap weekend skrg ngelewati klepon itu, berjejer ijo2 jadi pengen mampir deh besok weekend

    Reply

  4. October 17, 2015 @ 3:43 pm Nining

    klepon wahyu, hahahaahah slalu keinget krn pas malem2 mo ke Bromo mampir disitu. enaaaak gula merahnya pas lumer di mulut itu nyessss ademmm *halah apa coba*
    tp asli enak, mau dong kapan2 di japri resepnya mbak 🙂

    Reply

    • October 19, 2015 @ 3:26 pm entas suliana

      resepnya gampang sih sebenarnya hanya harus tahan sumuk soalnya deket-deket kompor terus kalo bikin klepon hahahhah

      Reply

  5. October 18, 2015 @ 12:22 am ratusya

    Suamiku pernah bikin klepon mak
    Pengalaman nya, begitu dimasukin gula trus dibulet2in harus langsung dicelupin ke air rebusan kalo engga adonannya hancur 😀

    Reply

    • October 19, 2015 @ 3:27 pm entas suliana

      hahaha betul maks …. dulu pertama kali bikin ancur, gula kemana adonan dimana gitu

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool