Kaboki

Kaboki, Produk Lokal Yang Telah Lama Mendunia

Kaboki

Yesss, sudah jadi rahasia umum kalo seluruh jagat mengiyakan bahwa “Kabeh wong wedok iku doyan’e yo belonjo rek!” Namun sayang beberapa wanita lebih menganggap belanja produk luar itu lebih prestige ketimbang produk lokal. Hayooo ngaku nggak? Padahal di Pasuruan sekitar 1,5 jam dari Bandara Juanda Surabaya terdapat hidden paradise produk lokal yang ternyata telah lama mendunia. Nggak terlalu lama di jalan kan? Apalagi sejak dibukanya tol Surabaya – Pandaan, tinggal cus ayoook ajah.

Wisata Tas Rajut Kaboki, wisata kekinian di kalangan wanitah. Eits tunggu dulu? Kekinian? Usut punya usut perusahaan pembuat tas rajut ini sudah eksis sejak tahun 1989 loh. Bahkan Kaboki House of Crochet lebih dulu hadir di Denpasar Bali pada awal 90an, belum lagi factory outlet di Pasuruan yang kemarin saya singgahi malahan sudah ada sejak tahun 2007 setelah relokasi dari Bali tadi. Ahhhh udah lewat 8 tahun ya, kemana ajaaa kita??
Di Pasuruan kabarnya selain wisata belanja kita juga bisa menikmati wisata keterampilan dengan melihat langsung dapur pembuatan tas rajutan Kaboki, namun sayang pas kesana kemarin bertepatan hari Minggu yang notabene para pengrajin juga libur dong yaaa. Tas rajutan yang berkualitas ekspor ini dibuat oleh para pengrajin rajutan yang berjumlah sekitar 3.000 orang dari berbagai daerah. Sebut saja Jember, Malang, Banyuwangi dan beberapa daerah dari Jawa Barat dan Bali. Wow keren ya.

Kaboki

outlet Kaboki, sumber foto: Kaboki[dot]co[dot]id

“Lah trus Kaboki Pasuruan ini letak persisnya dimana toh Ning?”

KabokiSekitar 5 menit dari Jalan Raya Sukorejo, jalan arteri arah dari Malang ke Surabaya kemudian puter balik dan masuk ke Jalan Pasar Sukorejo. Lalu kita akan melewati keramaian pasar yaaah namanya juga Jalan Pasar Sukorejo hihihi. Melintasi rel kereta api lurus saja sekitar 2KM dari situ sebelah kiri jalan kalo dijumpai plang besar berwarna kuning bertuliskan Wisata Tas Rajut KABOKI berarti kita sudah sampeee. Yeayyy shopping shopping hihihi alias belonjo belonjoooo.

Parkir persis di depan factory outlet dan kebetulan baru mobil kita doang yang parkir hihihi kok masih sepi? Apa karena sewaktu saya kesana masih pagi yak sekitar pukul 11 siang (outlet mulai buka pukul 8 pagi ya).

Kaboki

mushola, toilet dan dilengkap nursery room 🙂

Selesai parkir noleh ke arah kiri pintu outlet terlihat sebuah mushola bersih lengkap dengan toilet bahkan ruang menyusui loh. Wuah rekomen deh buat tujuan wisata karena ramah buat para ibu menyusui.

Okeh yuk lanjut ajah ke dalam, panas Ning ndek jobo! Sama seperti di luar yang masih terlihat sepi di dalam outlet saya hanya melihat beberapa wanita sibuk menggalau memilih mana tas yang cocok buat diboyong ke rumah. Sebagai catatan biar nanti ndak kalap pas belanja, kisaran harga disini mulai dari 70rb hingga 400rb. Ramah di kantong kan? Saking ramahnya bikin kalap kaaan (ooops).

Kaboki

beberapa plakat kenangan dari berbagai kunjungan

Kaboki

wisata belanja dimulaiiiii

Kaboki

handmade, international quality pulak 😀

Warna-warnanya itu loh lucu banget, bikin kecanduan (eh) Selesai belanja trus bayar ke kasir, di belakang kasir tiga logo besar terpampang nyata Elliott Lucca, The Sak dan Kaboki sendiri.
Kemudian terjadi pembicaraan kepo singkat di depan kasir:

Saya: “Ohhh The Sak ini dari Kaboki juga toh?”
Mbak kasir: “Iya betul ibu, Elliott Lucca dan The Sak ini juga sama dengan Kaboki hanya beda merk dagang saja”

Kaboki

all the brand

Bingung? Ojok bingung Ning, maksutnya disini perusahaan memberi trademark atau merek dagang Kaboki untuk pasar domestik (lokal) sedangkan untuk pasar internasional lebih dikenal dengan nama Elliott Lucca dan The Sak itu tadi.

“Ohhh makanya kalo pas belanja online merk The Sak ini harganya jauh lebih mahal ketimbang Kaboki.”

Yaiyalah namanya juga sudah masuk pasar ekspor yak. Pasar internasional, trus dipasarkan kemana aja sih? (kemudian saya pun melongo) hahaha kesian banget kan kita, baru tau kalau produk buatan anak bangsa justru lebih dulu dinikmati orang asing diluar negeri sana. Lah kitanya malah terlalu asyik dengan membanjirnya produk-produk dari luar yang kadang dilihat dari segi kualitas biasa ajah jika dibanding dengan produk buatan anak bangsa ini. Iya apa iya?

Nggak dipungkiri tas rajutan ini saya bilang top punya, karena selain warnanya yang gonjreng tapi elegan. Benang dan warnanya pun nggak cepat mbladus karena menggunakan bahan berkualitas sehingga hasil rajutannya pun nggak mudah bluduki. Tertarik? Trus kalian kapan dong belanja disini, ajakin yaaak.

Kaboki, Produk Lokal Yang Telah Lama Mendunia
4.33 (86.67%) 3 votes
(Visited 1,023 times, 1 visits today)


About

Petite woman who loves shopping, traveling, culinary, fleurs et coffee addicts. (profilnya imut kaaan, kek orangnya :p)


'Kaboki, Produk Lokal Yang Telah Lama Mendunia' have 8 comments

  1. October 22, 2015 @ 8:04 am Ria Rochma

    Ini juga ngetren di sini, selain jauh juga mau ke Dowa. Haha..

    Reply

    • October 24, 2015 @ 3:39 pm Nining

      iyaaaa nih dmn2 lagi doyaaan yg rajut2 yaaaa keknya

      Reply

  2. October 22, 2015 @ 9:25 am Dwi Puspita

    ajakin aku aja mbak kalo kesini lagi…trus belikan aku tasnya ya… 🙂 #kaboorrrr

    Reply

    • October 24, 2015 @ 3:40 pm Nining

      trus aku yg bayarin sapaaa mb Wiii? hahahahaha mbulet ae yo, dasar wanitaaaah :p

      Reply

  3. October 22, 2015 @ 11:21 am Eda Akbar

    aku lek tuku, biasane titip.. ga pernah ke outletnya langsung 😀

    Reply

    • October 24, 2015 @ 3:41 pm Nining

      iya biasanya jg nitip sm tmn kantor yg kesana, eeeh pas kemarin balik ke Surabaya pengen banget mampir dan ikutan kalap sekali2 hihihi

      Reply

  4. October 23, 2015 @ 12:40 pm Niar Ningrum

    Tuh kan belom kesana, dlu cuma main2 ajah ngak belanja, besokw ke sini yuk mbk ning kabokj ben ngak di taboki hahah

    Reply

    • October 24, 2015 @ 3:42 pm Nining

      buahahaaha kasih HEELS buuat nabokin *eeeh

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool