Wisata Surabaya

Jalan Kaki Menikmati Wisata Belanja dan Kuliner Tengah Kota Surabaya

Jika kamu merasa bosan dengan nuansa wisata yang mainstream saat berkunjung ke Kota Surabaya, tampaknya tulisan saya kali ini bisa menjadi alternative untuk kawan-kawan menghabiskan waktu berwisata di Surabaya dengan sesuatu yang berbeda. Apa itu? Menikmati destinasi Wisata di Surabaya dengan jalan kaki.

Menikmati Wisata Surabaya dengan Jalan Kaki? Bisa

Jalan kaki? Yang benar saja mas? Ya benar. Sudah sejak beberapa tahun belakangan ini Kota Surabaya bersolek, pemerintah Kota Surabaya terus membenahi wajah Surabaya agar indah dipandang dan nyaman disinggahi para pelancong. Tak hanya taman cantik yang bermunculan, jalur pedestrian pun disulap Pemkot sedemikian rupa sehingga membuat pejalan kaki nyaman. Coba cek saja, trotoar di kota Pahlawan lebar-lebar dan bersih.

Trotoar Kota Surabaya

Jalan dan Trotoar di Surabaya

Selain memiliki trotoar yang bagus dan nyaman, hal lain yang membuat kita harus mencoba menikmati Surabaya dengan jalan kaki adalah letak destinasi wisata Surabaya cukup berdekatan satu sama lain yang memungkinkan kita berpindah destinasi hanya dengan jalan kaki.

Seperti apa sekenario menikmati destinasi Wisata Surabaya dengan Jalan Kaki? Berikut ini sedikit ide menikmati destinasi Wisata Surabaya dengan jalan kaki yang bisa kamu coba!

***

tunjungan plaza

img:deyra[dot]wordpress[dot]com

Setelah mendarat di bandara Juanda Surabaya, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Tengah Kota dengan taksi atau transportasi umum lainnya dan turun di tengah kota. Kamu bisa pilih turun di Tunjungan Plaza (TP) atau di hotel yang ada di tengah kota. Ya, kamu tidak perlu khawatir masalah penginapan di tengah Kota Surabaya. Cukup banyak hotel yang bisa kamu pilih di sana. Mulai business hotel hingga hotel bintang 5.

Di tengah kota ini kamu bisa menikmatai wisata belanja Surabaya dengan cuci mata di TP yang saat ini sudah ada TP 1 hingga 5. Jika merasa terlalu mainstream, kamu bisa mencari alternatiif pusat perbelanjaan lain seperti ke BG Junction, Surabaya Plaza (Delta Plaza), dan Grand City Mall yang jarak satu sama lainnya bisa kamu tempuh dengan jalan kaki.

Dalam perjalanan megksplore destinasi wisata tengah kota dengan jalan kaki, sayang jika kamu melewatkan kuliner yang ada. Sebut saja Rawon Setan yang ngehits itu bisa kamu temukan saat jalan kaki dari TP ke BG Junction. Kalau sudah pernah mencicipi sensasi pedasnya Rawon Setan, kamu bisa mencicipi Tahu Campur dan atau Tahu Tek Cak Kahar di depan hotel JW Marriot Embong Malang, tak jauh dari Rawon Setan.

Tunjungan City Siolla

Gedung Siola di ujung jl. Tunjungan

Yang tidak boleh kelewat saat menikmati destinasi wisata belanja dan kuliner tengah kota Surabaya ini adalah mlaku-mlaku (jalan-jalan) di Tunjungan, seperti yang ada di lirik lagu asli Surabaya berjudul Rek Ayo Rek! Di sepanjang jalan Tunjungan ini kita bisa mampir ke Museum Surabaya – Siola, menikmati bagunan tua peninggalan Belanda, dan mejeng foto di depan Hotel Yamato (kini Hotel Majapahit) – tempat tragedy penyobekan Bendera Belanda oleh Arek Suroboyo, awal tercetusnya pertempuran 10 Nopember 1945.

Di ujung jalan Tunjungan dan masih di sekitaran tengah kota Surabaya, kamu bisa mejeng foto-foto di depan Grahadi, rumah peninggalan colonial Belanda yang kini disulap menjadi Rumah Dinas Gubernur Jawa Timur.

Gedung Grahadi

Gedung Grahadi Surabaya

Di sekitar sini kita juga bisa rehat sebentar melepas lelah jalan kaki dengan menikmati suasana taman Apsari. Tak jauh dari taman Apsari, kita bisa main ke Tourism Information Center (TIC) Surabaya yang ada di komplek Balai Pemuda Surabaya. Kamu bisa mencari informasi apa saja yang berhubungan dengan pariwisata Surabaya di sana. Jika kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan pertunjukan budaya seperti pertunjukan Ludruk, prosesi manten pegon – mantenan asli Surabaya, Campursari, dsb di Balai Budaya komplek Balai Pemuda Surabaya.

Balai Pemuda

Balai Pemuda & Tourism Information Center Surabaya

img:BOWO

img:BOWO

Jika jalan kaki menjelajah are tengah Kota Surabaya di panas yang terik, kamu juga bisa mampir untuk menikmati segarnya sajian es krim Zangrandi. Toko es krim yang hits dan wajib dikunjungi saat mampir di Surabaya. Lokasinya berdekatan dengan komplek Balai Pemuda Surabaya.

Selain wisata belanja dan kuliner tengah kota Surabaya, masih ada beberapa destinasi wisata di Surabaya yang asyik dinikmati dengan jalan kaki. Mana saja? Sabar! Saya akan membagi cerita jalan kaki di beberapa destinasi wisata Surabaya yang sayang jika kamu lewatkan. Jadi boleh loh kalau kamu subscribe / berlangganan postingan saya di HelloSurabaya.com ini untuk tahu cerita saya menikmati kota Surabaya dengan jalan kaki.

Jalan Kaki Menikmati Wisata Belanja dan Kuliner Tengah Kota Surabaya
5 (100%) 1 vote
(Visited 700 times, 2 visits today)


About

Seorang penikmat dunia IT yang hobi menulis dan senang menikmati suasana sebuah Kota dengan jalan kaki.


'Jalan Kaki Menikmati Wisata Belanja dan Kuliner Tengah Kota Surabaya' have 7 comments

  1. October 15, 2015 @ 3:56 pm Dwi Puspita

    sebagian sudah pernah aku jelajahi 🙂

    Reply

    • October 15, 2015 @ 5:09 pm Frenavit Putra

      Wehehe… Sudah nyobain dengan berjalan kaki nggak mbak?

      Reply

  2. October 15, 2015 @ 4:03 pm Rahmah Usman

    Es Krim Zangrandi memang ga bisa bikin aku move on…

    Reply

  3. October 15, 2015 @ 5:09 pm Frenavit Putra

    Ayo mbak, gak mau nraktir saya di Zangrandi? 😀

    Reply

    • October 17, 2015 @ 2:27 pm Nining

      aku jugaaa ya ditraktir di siniiii *asalNyamberrrrrr

      Reply

  4. October 19, 2015 @ 1:55 pm Nurul Rahmawati

    aku mau coba aaah *pasang koyo*

    Reply

  5. October 20, 2015 @ 10:31 pm sgw waluyo

    Kok nggak mampir ke Kayoon? Tulung diliput dong…sudah lama gak malku=mlaku kesana…kangen polll

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool