sate unik di indonesia

Cobain yuk! 6 Sate Unik di Indonesia, Maknyus

Indonesia terkenal dengan kekayaan maritim oleh seluruh dunia. Tidak hanya agraris dan maritim saja, Indonesia juga terkenal dengan keindahan alam dan juga makanan khasnya yang sudah mendunia. Salah satunya adalah sate. Sate adalah salah satu makanan rakyat yang gampang ditemukan di mana-mana. Dari mulai yang disajikan di trotoar sampai kedai sate yang sudah mempunyai tempat sendiri untuk berjualan. Nah jenis sate-sate di Indonesia itu banyak ragamnya, yang biasanya terkenal adalah sate Madura dan sate Padang. Tapi taukah kalian, terdapat beberapa sate unik di Indonesia?

Penasaran kan apa saja sate unik di Indonesia yang anti-mainstream?

Yuk langsung kita bahas sate unik di Indonesia.

 

Fun facts!

“Sate Klathak ditusuk bukan menggunakan bambu, melainkan jeruji sepeda yang sudah di sterilkan”

Click to Tweet

 

Sate DJ Bandung

 

sate unik di indonesia

Photo credit : dosenkuliner.com

 

Sate DJ? Gimana tuh bentuknya?

Tukang satenya jualan sambil main DJ atau makan sate sambil dengerin musik EDM?

 

Nggak ko tenang aja. Sate DJ bukan seperti itu ko. Sate DJ adalah sebuah nama yang konon katanya sate ini sering dibeli oleh para DJ (Disc Jokey) setelah beraktivitas di diskotek atau klub malam. Maklum Sate DJ ini berlokasi di Jalan Sudirman yang dulu mayoritasnya banyak terdapat klub malam. Dari situlah nama DJ itu diberikan oleh pelanggan-pelanggan setianya sampai sekarang.

Dulunya sate DJ cuma sate Madura biasa yang disajikan dengan bumbu kacang. Setelah cukup banyak yang mengenal, timbulah ide dari pelanggannya yang ingin merubah wajah sate DJ ini supaya mempunyai ciri khas tersendiri. Penjualnya pun tunduk dan akhirnya sate DJ pun mempunyai ciri khas.

 

Kali ini, sate DJ telah sedikit di modifikasi. Tidak lagi disajikan dengan bumbu kacang, tetapi sate DJ ini dikenal sebagai sate yang mempunyai cita rasa yang pedas dan asin.

 

Rasa asin, gurih, pedasnya sangatmenyerap dalam serat daging dan membuat penyantapnya ketagihan. Tanpa bumbu kacang dan kecap pun sate ini sudah terasa nikmatnya. Apalagi kalo disajikan dengan seporsi nasi hangat, dijamin kenyang deh perut kalian.

 

Bagi penikmat bumbu kacang dan kecap, santai saja kalian juga dapat menikmati sate ini dengan bumbu yang kalian suka. Selain sate, di sana juga menyajikan soto khas madura. Soto enak ini diberi kuah kuning dari kunyit, tanpa santan, dan isinya adalah soun, suwiran daging ayam, kol, dan bawang daun.

 

Satu porsi sate ayam maupun kambing dapat dijual seharga Rp. 15.000, sedangkan sotonya dibanderol dengan harga Rp. 13.000. Harga tersebut telah termasuk nasi putih lho, jadi gausah khawatir nguras kantong kalian.

 

Sate DJ dibuka mulai pukul 18.00 dan baru akan ditutup jika jualannya sudah habis. Tak jarang pukul 23.00 pun mereka telah pulang, tapi pernah juga berjualan hingga pukul 04.00 subuh. Tempat jualannya tak begitu jauh dari belokan Jalan Gardujati.

 

 

Sate Klathak Pa Jede

 

sate unik di indonesia

Photo credit : cqrolling.com

Satu lagi sate unik di Indonesia yang hits banget di Yogyakarta. Namanya sate Klathak. Sate Klathak adalah sate kambing yang proses pembakarannya dengan hanya dibumbui garam.

 

Uniknya dari sate Klathak ini adalah satenya dibakar bukan memakai tusuk sate, melainkan menggunakan jeruji sepeda. Tenang saja jeruji sepeda disini memang dikhususkan untuk membakar sate yaa, jadi dipastikan jeruji sepedanya aman untuk disajikan sate Klathak ini.

 

Konon sate ini dinamakan Klathak karena bunyi Klathak ketika sedang dibakar menggunakan jeruji besi tersebut. Fungsi menggunakan jeruji besi ini supaya dagingnya yang dibakar terkena panas secara merata dari besi jeruji sepeda yang dipakai sebagai tusuk sate. Rasa daging kambingnya juga cukup empuk karena memakai daging kambing muda.

 

Kalau kalian mau berkunjung ke Sate Klathak, kalian dapat pergi ke Jalan Nologaten No.46, Depok, Sleman Yogya.

Harga sate Klathak cukup bervariasi, mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 30.000. Jadi ga mahal-mahal banget ko buat kantong para Ezytravelers semua.

 

Sate Lilit Be Paseh

 

sate unik di indonesia

Photo credit : mainmakan.com

Bali tidak hanya terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat indah. Tetapi Pulau Bali juga menyimpan cita rasa kuliner yang sangat identik. Salah satunya adalah sate Lilit. Sate lilit adalah sate unik di Indonesia yang berasal dari Pulau Bali.

Sate lilit dibuat dari daging cincang yang sebelumnya sudah dicampur dengan bumbu khusus. Bumbu Khusus ini terdiri dari bawang merah, merica, jeruk nipis, kelapa parut dan santan kental.

 

Setelah di campur secara merata menjadi satu, adonan itu kemdudian dililitkan ke tusuk sate yang berbentuk agak sedikit pipih. Dari situlah nama sate lilit yang terkenal menjadi makanan khas Bali. Bukan hanya turis local saja yang menyukai sate lilit ini, melainkan turis-turis asing juga merasa pas dengan rasa yang disajikan sate lilit Bali ini.

 

Jika kalian mau cari sate lilit di Bali, kalian dapat berkunjung ke sate Lilit Be Paseh yang berlokasi di Jalan Pemuda III No. 24, Renon, Pulau Bali. Harga sate lilit ini tidak cukup murah ko, sekitar Rp 19.000 sampai Rp 30.000 jadi tenang saja buat kalian yang ingin wisata kuliner di Bali kalian bisa pilih sate Lilit Be Paseh.

 

Yuk langsung cus pesan tiket pesawat ke Bali.

 

Sate Lalat

 

sate unik di indonesia

Photo credit : tokomesin.com

Sate lalat? Ih dari namanya memang agak jijik ya kalo kita memakan sate yang terbuat dari lalat. Tenang saja ezytravelers, sate ini bukan terbuat dari lalat yang terbang ko.

Sate lalat disini hanyalah nama sama seperti sate DJ tadi.

 

Sate lalat adalah sate yang dibuat dari daging kambing, daging sapi atau daging ayam seperti halnya sate biasa. Walaupun lokasinya berada di Pamekasan Madura, sate lalat tidak kalah terkenal dan enaknya dengan sate Madura lho. Sate lalat ini mulai terkenal di Madura melalui Pak Ento, beliau berkeliling untuk berjualan dengan menggunakan alat-alat tradisional. Tidak menggunakan gerobak, tetapi menggunakan anyaman bambu lalu dipikul keliling kampung.

 

Diberi nama sate lalat, karena dagingnya yang dipotong kecil-kecil. Satu tusuk sate lalat ini bisa berisi 3-5 potong daging yang ditusuk bukan memakai bambu, melainkan menggunakan lidi. Karena porsinya yang kecil, sate ini tidak cukup disantap hanya dengan 10 tusuk.

Biasanya 30 tusuk sate lalat adalah porsi yang pas jika disajikan dengan seporsi nasi atau lontong.

 

Ciri khas lainnya dari juga terletak pada bumbunya yang berbeda dengan bumbu sate lainnya. Sate Lalat tidak menggunakan kacang goreng tapi menggunakan kacang yang sebelumnya telah disangrai. Kemudian dimasak dengan air setelah itu langsung dihaluskan.

Harga seporsi sate lalat juga sangat murah, Sate lalat Pak Ento contohnya. Harga seporsi sate lalat diberi harga hanya sekitar Rp 9.000 dan Rp 11.000 bila menggunakan lontong.

 

Sate lalat pak Ento ini berlokasi di Jalan Niaga I dan Jalan Niaga II, Pamekasan Madura. Jadi kalo kalian ke Pamekasan Madura jangan lupa cari sate lalat ya ezytravelers.

 

Sate Rembiga

 

sate unik di indonesia

Photo credit : kooliner.com

Apa yang kalian bayangkan jika mendengar kata Lombok? Pasti yang ada dipikiran kalian adalah keindahan pemandangan alamnya.

 

Eitsss nanti dulu,

Siapa sangka Lombok dengan keindahan kotanya menyimpan makanan tradisonalnya yaitu sate. Taukah kalian sate yang ada di Lombok itu sate jenis apa?

 

Sate Rembiga namanya. Sate Rembiga adalah sate yang terbuat dari daging sapi muda yang dibumbui oleh cabe rawit, gula, bawang putih, garam dan terasi khusus. Cara membuatnya juga lumayan lama, daging sapi dipotong tipis-tipis dan direndam oleh bumbu selama kurang lebih 4 jam agar meresap sempurna.

 

Rasa sate Rembige ini cukup gurih, pedas dan manis karena campuran bumbunya yang masuk meresap ke dalam daging. Sepertinya sangat susah untuk menahan lapar jika Sate Rembige sudah disajikan depan kita.

Oh iya nama Rembige itu ternyata muncul karena sate tersebut awalnya dibuat oleh warga yang ada di desa Rembige.

 

Cita rasa yang identik membuat sate Rembige ini selalu dikunjungi oleh wisatawan asing ataupun domestic. Pokoknya kalo datang ke Lombok harus inget sate Rembige ya guys soalnya sate ini tidak akan pernah kalian temukan di daerah-daerah lain.

 

Kalo mau terbang langsung ke Lombok, ini ada tiket pesawat murah dari Ezytravel.co.id

 

Yuk cuss!

 

Sate Kalong

 

sate unik di indonesia

Photo credit : cirebonmedia.com

Sate Kalong. Lagi-lagi bukan dari daging kalong ya Ezytravelers. Ini hanya sebuah nama yang menarik untuk sebuah kedai sate yang berjualan hingga tengah malam.

Sate kalong ini adalah salah satu makanan khas Cirebon. Sate kalong faktanya tidak terlalu terkenal dibandingkan Empal Gentong. Tetapi jika kalian berkunjung kesini kalian kudu coba rasa sate kalong yang lezat ini.

 

Uniknya lagi sate ini dibuat menggunakan potongan daging kerbau. Walaupun memakai daging kerbau yang terkenal keras, tetapi daging kerbau disini sangat empuk dan gurih.

 

Oh iya, Kenapa harus daging kerbau ya?

Karena dulunya masyarakat Cirebon mayoritas beragama Hindu, maka dari itu untuk menghormati pemeluk agama Hindu timbulah ide untuk membuat sate yang terbuat dari daging kerbau.

Sebelum proses pembakaran, daging kerbau dicelupkan ke dalam bumbu rempah-rempah yang di campur dengan gula, sehingga daging kerbau agak sedikit terasa manis.

 

Nah untuk kalian pecinta urat, disini juga terdapat sate urat dari daging kerbau. Bedanya cuma di rasanya saja. Sate daging cenderung lebih manis sedangkan sate urat rasanya agak sedikit asin karena sebelum dibakar , sate ini dicelupkan ke dalam bumbu rempah-rempah yang agak asin.

 

Biasanya orang-orang yang datang kesini, sering mengkombinasikan antara rasa asin dan manis sehingga lebih memilih setengah porsi sate daging dan setengah porsi sate urat. Setelah proses pembakaran, sate kalong ini dilumuri dengan bumbu kacang. Nah, yang berbeda lagi dengan sate pada biasanya, bumbu kacang sate kalong ini diaduk dengan oncom dan dicampur dengan kaldu untuk merebus daging kerbau itu.

 

Mau jalan-jalan keliling Indonesia? Beli aja di sini: hotel murah di surabaya dan tiket pesawat jakarta surabaya

 

Hmmm lezat sekali ya jika dibayangkan sate kalong ini. Oh iya untuk kedai yang recommended untuk menyantap sate kalong ini, kalian bisa mengunjungi kedai sate mang didi yang berjualan setiap hari di Jalan Lemahwungkuk mulai pukul 17.00 WIB hingga tengah malam. Harga sate Kalong ini juga cukup terjangkau, sekitar 18 ribu per 20 tusuk.

 

Yap, sekarang tau kan sate unik di Indonesia itu adanya dimana aja. Kalo kalian mau mampir ke kota-kota di tempat sate itu berada kalian bisa beli tiket pesawat di Ezytravel.co.id. Oh iya mau ngasih tau guys, kalo Ezytravel sebentar lagi akan menyelenggarakan event yang gila banget. Bocorannya nih ya, kalo kalian suka banget wisata kuliner keliling Indonesia. Kalian Bisa ikut event ini yang sebentar lagi di mulai.

 

Let’s Check It Out !

#MUSTGOINDONESIA

must go indonesia

Cobain yuk! 6 Sate Unik di Indonesia, Maknyus
4 (80%) 2 votes
(Visited 122 times, 1 visits today)



'Cobain yuk! 6 Sate Unik di Indonesia, Maknyus' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool