Makanan Khas Gresik

Cemilan Khas Gresik yang Bikin Nagih

Kalau sedang berada di suatu kota, nggak lega kan rasanya kalau nggak incipin makanan khas kota itu. Iyalah, selalu yang dicari dulu itu ya makanan khasnya, karena jelas dong, nggak ada duanya di kota lain. Atau, kalau pun ada, pasti rasanya nggak seenak seperti yang asli di buat di kota asalnya.

Jadi, teman-teman yang sedang berada di Gresik atau sekedar lewat di Gresik untuk menuju Surabaya atau dari Surabaya, coba deh incipin makanan khas Gresik yang di luar sana nggak ada yang jual. Kali ini, saya bocorin deh cemilan khas Gresik yang bisa diincipin saat jalan-jalan atau bisa jadi buah tangan ke tetangga. Simak yes apa aja.

PUDAK

Makanan Khas Gresik

Cuma ada di Gresik! Iyap, nggak nemu di tempat lain *bangga*. Pudak merupakan cemilan khas Gresik yang terbuat dari tepung beras dengan campuran santan dan gula, yang menghasilkan rasa gurih dan manis. Yang membuat pudak tampak unik adalah pembungkusnya. Terbuat dari kelopak bunga dari pohon jambe atau sejenis, yang dipotong 20cm x 15 cm, kemudian dilipat dan dijahit miring di salah satu sisinya. Dan kalau pembungkusnya sudah diisi oleh adonan pudak dan sudah dikukus, tinggal diikat dengan menggunakan tali rafia.

Kalau dulu, hanya ada satu warna saja, yaitu putih. Sedangkan sekarang, pudak memiliki tiga warna, putih, coklat, dan hijau. Warna putih adalah dengan rasa yang original, sedangkan warna coklat merupakan pudak dengan campuran gula merah, dan warna hijau adalah pudak yang terbuat dari tepung beras dengan pewarna makanan alami dari daun pandan. Paling enak nih, makannya dipotong dulu jadi dua dan dimakan pelan-pelan. Tapi kalau dah lapar banget, langsung lahap nggak ada yang melarang *senyum kalem*.

JENANG AYAS DAN JENANG JUBUNG

Makanan Khas Gresik

Pada dasarnya, saya kurang suka dengan jenang. Tapi dengan dua jenang ini, saya nggak nolak karena rasa manisnya pas dan nggak bikin eneg. Kedua jenang ini, sejak pertama kenal sudah menarik perhatian. Jenang ayas dengan empat warnanya yang menarik, juga jenang jubung dengan kemasannya yang unik.

Jenang ayas sendiri terbuat dari beras ketan putih, santan dan gula. Bisa pesan satu loyang besar tanpa dipotong, bisa pula pesan dengan ukuran yang sudah dipotong-potong. Biasanya sih, kalau beli di toko, sudah di potong kecil-kecil seperti di foto itu. Sedangkan kalau pesan seloyang besar, biasanya dipesan untuk acara lamaran atau nikahan.

Makanan Khas Gresik

Kalau jenang jubung, merupakan jenang manis yang terbuat dari beras ketan hitam dengan taburan wijen di atasnya. Yang unik dari jenang jubung ini adalah kemasannya yang berupa selongsong kecil dari pelepah kulit pohon pinang, dengan ukuran sekitar 4×4 cm.

Terus, dimana beli ketiga cemilan ini? Ada dua lokasi khusus tempat membeli ketiga cemilan enak ini. Yang pertama, di sepanjang jalan Sindujoyo. Lokasinya di dekat alun-alun dan pasar Gresik. Banyak banget penjual oleh-oleh khas Gresik di sana, tinggal pilih saja. Hanya saja, agak sulit parkir kalau ingin belanja dengan membawa mobil. Jalannya relatif sempit dan memang ramai sekali lalu lintasnya. Ada dua toko yang saya rekomendasikan karena kualitas rasanya yang enak, yaitu toko ‘Bu Muzannah’ dan toko ‘Sari Kelapa 1’.

Jalan Sindujoyo Gresik

Lokasi jalan Sindujoyo | motorrio (dot) com

Atau, kalau nggak mau kesulitan parkir pas di jalan Sindujoyo, bisa langsung menuju di jalan Veteran yang menghubungkan Gresik dengan Surabaya. Di depan gedung pertemuan Wisma Ahmad Yani dan pintu masuk pabrik Semen Gresik, ada banyak lapak yang menjual oleh-oleh khas Gresik ini. Karena lapaknya berjejeran dan berbeda dengan toko-toko yang ada di jalan Sindujoyo yang letaknya berjauhan, harga di sana relatif sama.

Ayo, ayo, mampir ke Gresik dan incip-incip cemilan khas kota ini yuk. Dijamin deh, nagih.

Cemilan Khas Gresik yang Bikin Nagih
5 (100%) 1 vote
(Visited 5,087 times, 2 visits today)


About

Pemilik personal blog http://mamaarkananta.com | Guru Bimbingan Konseling di Gresik | Paper crafter di IG @kreasi_dluwang | Personal IG dan Twitter : @ria_rochma


'Cemilan Khas Gresik yang Bikin Nagih' have 4 comments

  1. November 5, 2015 @ 5:57 pm Rahmah

    Sudah coba Jenang Ayas… enak,Mbak…!

    Reply

  2. November 6, 2015 @ 7:20 am Dwi Puspita

    aku pernah makan pudak mbak..enak sekali…

    Reply

  3. November 6, 2015 @ 1:17 pm entas suliana

    paling doyan sm pudak, sekali makan bisa habis 5 biji pdhl gak lagi lapar :))))

    Reply

  4. July 6, 2017 @ 11:41 pm Salim

    Assalamualaykum ,

    Mama saya boleh dapatkan daun opeh ?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool