oleh-oleh khas surabaya

Berburu Oleh-Oleh Khas Surabaya di Wisata Rasa

Karena ada undangan menghadiri sebuah event di Surabaya, maka dengan bahagia saya menikmati perjalanan Kertosono – Surabaya kemarin. Lho, ngapain di Kertosono? Hmm… jawabannya sederhana, karena saya menantu yang baik jadi masih betah dengan mertua, hehe… Ups, namun bukan itu yang ingin saya ulas dalam artikel saya ini.

Kalau kemarin-kemarin membahas tempat-tempat Wisata Surabaya dengan segala hal yang membuatnya menarik untuk dikunjungi, kali ini saya coba beralih pada makanan. Apalagi saya memang suka makan, jadi sekalian menikmati makanan sambil menulis artikelnya 😀 *kalau ada yang mau juga, datang aja ke rumah, hihi…

Nah, sepulang dari menghadiri undangan event, saya terpikat untuk mencari oleh-oleh khas Surabaya yang akan saya bawa pulang ke Kertosono. Rasanya membawa oleh-oleh untuk mertua tidak ada salahnya, bukan? Dan saya pun kebetulan melewati salah satu toko yang sudah sangat terkenal di Surabaya, yaitu Wisata Rasa.

Almond Crispy Cheese

Dari namanya saja tentu akan terbayang oleh-oleh khas Surabaya yang dijajakan akan menggoyang lidah. Jenisnya pun beragam. Mulai dari kue, cookies, keripik, kerupuk, hingga oleh-oleh berupa sambal pun tersedia di Wisata Rasa. Saya pun mulai terombang-ambing (*haduh lebay) karena mata sudah diserbu dengan rupa-rupa jajanan (makanan) yang selalu dicari orang jika berkunjung ke Surabaya.

Almond Crispy Cheese Original

Almond Crispy Cheese yang Original

Tetapi, di antara semua yang ada, saya hanya mencari Almond Crispy Cheese yang konon menjadi oleh-oleh khas Surabaya paling banyak dicari orang. Posisinya mengalahkan Kue Lapis Surabaya, Kue Mente, Sambal Bu Rudy dan Kaos Cak Cuk. *seperti pertandingan saja ya, hehe… Tetapi memang kenyataannya demikian. “Mbak” yang melayani saat saya membeli pun mengatakan demikian.

Collage Oleh-Oleh Khas Surabaya

Suasana di dalam Wisata Rasa

Tahu tidak, berdiri di depan toko saja, aroma khas dari Almond Crispy ini sudah menggoda. Ya, karena toko Wisata Rasa yang saya kunjungi memang menyatu dengan pembuatan Almond Crispy Cheese yang fenomenal ini. Oleh-oleh khas Surabaya home made satu ini dijamin banget deh kualitasnya.

Oiya, kalau ingin mendapatkan Almond Crispy Cheese seperti yang saya pegang ini, bisa mendatangi beberapa toko di:

  • Genteng Besar 83 A, Surabaya
  • Mayjend Sungkono 135, Surabaya
  • Raya Jemursari 164, Surabaya
  • Ir. H. Soekarno Ruko ICON 21 Kav – S21, Surabaya
  • Pasar Atom Tahap I Lantai 2 No. 21, Surabaya
  • Gajah Mada 51, Sidoarjo

Untuk toko Wisata Rasa di Jl. Raya Jemursari 164 ini buka sampai jam 21.00 WIB, guys. Kalau sedang sibuk dan hanya bisa stay di salah satu hotel yang ada di Surabaya, minta tolong saja dengan pihak hotel agar dibantu memperoleh oleh-oleh khas Surabaya yang enak dan renyah ini.

Wisata Rasa Jemursari

Wisata Rasa Jl. Jemursari di malam hari

Soal varian rasa, Almond Crispy Cheese ini sendiri ada 3 (tiga), yaitu :

  • Almond Crispy Cheese Original
  • Almond Choco Cheese
  • Almond Green Tea

Eits, jangan keliru ya. Di Surabaya ada beberapa yang menjual Almond Crispy, tetapi di lidah saya lebih menyukai Almond Crispy ala Wisata Rasa. Bagaimana dengan kamu?

 

Selain Almond Crispy Cheese yang terkenal banget ini, ada juga Sambal Udang Bu Rudy.

 

SAMBAL UDANG BU RUDY

oleh-oleh khas Surabaya

Sambal Udang Bu Rudy

Oleh-oleh ini cocok banget buat kamu yang suka banget pedes. Sambal Udang Bu Rudy ini banyak dicari oleh wisatawan yang datang ke Surabaya, karena ini sambal yang enak banget biasanya wisatawan beli dalam jumlah yang cukup banyak. Karena menurut mereka, sambal ini mempunyai cita rasa yang khas yang tidak bisa ditemui di sambal lainnya.

Sambal Udang Bu Rudy ini bisa di dapatkan dengan mendatangi beberapa toko di :

  • Jalan Dharmahusada 140, Surabaya
  • Jalan Anjasmoro 45, Surabaya
  • Jalan Kupang Indah 31, Surabaya

Depot Sambal Udang Bu Rudy di Jl. Dharmahusada 140, Surabaya buka mulai pukul 06.30 hingga pukul 17.00. Untuk jam buka yang lebih panjang, silakan datang ke depot di Jalan Anjasmoro 45 Surabaya, di sana buka sampai dengan pukul 22:00 atau jam 10 malam.

SIROPEN TELASIH

oleh-oleh khas Surabaya

Siropen Telasih

Selain makanan, Surabaya juga mempunyai minuman khas yang menyegarkan yaitu Siropen Telasih. Pabriknya yang berada di Jalan Mliwis NO. 5, Surabaya dibangun oleh warga asli Belanda bernama JC Van Drongelen dan Pabriknya yang bernama PABRIK SIROPEN TELASIH menjadi pabrik sirup pertama di Indonesia.

Dulu, hanya kaum bangsawan saja yang bisa merasakan kenikmatan Siropen Telasih ini. Miniman yang diproduksi di Jalan Mliwis ini tidak menggunakan pemanis buatan sama sekali. Hal inilah yang menjadikan Siropen Telasih mempunyai rasa yang sangat khas dan nikmat. Minuman ini memiliki varian rasa seperti Jeruk Keprok, Mawar, Lychee, Frambosen, Melon, Vanili, Cocopandan dan Arbei.

Jika ingin membawa minuman ini sebagai oleh-oleh khas Surabaya, kalian dapat memilih kemasan yang regular atau premium. Bedanya, pada kemasan premium Siropen Telasih ini dikemas dalam botol serupa dengan Wine yang membuatnya tampak mewah dan elegan.

Berburu Oleh-Oleh Khas Surabaya di Wisata Rasa
4.9 (98.26%) 23 votes
(Visited 13,614 times, 1 visits today)


About

A Mom Blogger yang suka nulis dan postcrossing, tidak menolak diajak traveling dan sangat suka dengan cokelat. Owner http://chemistrahmah.com


'Berburu Oleh-Oleh Khas Surabaya di Wisata Rasa' have 15 comments

  1. October 26, 2015 @ 11:51 am Jogjaready.com

    Yummy banget nih… rekomended banget buat diburu…

    Reply

  2. October 26, 2015 @ 12:06 pm nining

    kemarin pas ke Jkt, kakak ipar minta dibawain ini nih. dan seumur2 selalunya cmn ngebeliin oleh2 org doang mbak, blas blm pernah nyobain barang secuil pun. kmrn pas di jkt akhirnya nyibain itupun cmn secuil wkwkwk dan biasa aja yaaa…kok org2 heboh sm almond ini akunya masih gagal pahaaaam -_-

    Reply

    • October 29, 2015 @ 8:49 pm Rahmah Usman

      Masing-masing lidah memang beda, Mbak
      Dan lidah kebanyakan orang sama dengan saya kalau ini enak banget ^_^

      Reply

  3. October 26, 2015 @ 1:49 pm Dwi Puspita

    wis makanan ini berhasil membuat perutku jedad jedud…

    Reply

    • October 29, 2015 @ 8:49 pm Rahmah Usman

      Ayo Mbak Dwi beli ja daripada ngences si debay ^_^

      Reply

  4. October 26, 2015 @ 3:12 pm @nurulrahma

    Enyaaaak siiih emang… Tapi, tapi, tapiii… harganya itu looh, mihiiil maaak *kekepin dompet*

    Reply

    • October 29, 2015 @ 8:50 pm Rahmah Usman

      Kalau soal harga memng nggak bakalan bohong dengan mutunya ^_^
      Ayo,Mbak satu dus juga nggak bakalan bangkrut, hihihi…

      Reply

  5. October 29, 2015 @ 3:53 am Indah Nuria Savitri

    itu almond crispy memang juaaaaaaraaaaa…udah sampe ke NYC lhooo mba, dibawain delegasi :)…et enak bangeeet hehehe..kalau ada yang mau kirim ke sini enak bangeet 🙂

    Reply

  6. November 2, 2015 @ 2:50 pm Istiadzah Rohyati

    Aku sukaaaak almond crispyyy! Paling suka yg rasa keju. Tapi sayang, kalo dibawa sampe Irak hancur. Hiks hiks hiks. :((

    Reply

  7. November 8, 2015 @ 11:23 pm ade anita

    Ini kue kesukaan aku ini almond crispy…gara2nya 2 tahun lalu dikasi oleh2 ama mahasiswa suamiku dari jember eh…jadi ketagihan kami sekeluarga

    Reply

  8. May 6, 2016 @ 3:37 pm aulia

    Hari minggu kira kira buka ngga ya? Mohon infonya

    Reply

  9. January 8, 2017 @ 5:08 am Lia

    Kalo bukanya jam brp ya mba?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool