Tugu Pahlawan Surabaya

Ada apa sih di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya?

Belum lengkap rasanya jika ke Kota Pahlawan, Surabaya belum mengunjungi Tugu Pahlawan. Tugu Pahlawan yang terletak di samping Bank Indonesia ini atau di depan kantor Gubernur Jawa Timur diresmikan pada tanggal 10 November 1952 oleh Presiden Pertama yaitu Bapak Ir. Soekarno . Bentuknya yang hampir mirip paku terbalik atau lingga ini berada di Jalan Tembaan, Surabaya dan dibangun untuk menghormati para prajurit (arek-arek Suroboyo) yang pada saat itu bertempur melawan sekutu.

Tugu Pahlawan Surabaya
Monumen yang memiliki tinggi 41,15 meter yang berdiri di tanah lapang dengan luas kurang lebih 1,3 hektar, biasanya dijadikan tempat upacara pada peringatan hari Pahlawan, tepatnya setiap tanggal 10 Nopember.
Untuk ke tempat bersejarah ini sangatlah mudah, karena letaknya yang sangat strategis yaitu di tengah kota. Jika kita dari Bandar Udara Juanda kita bisa naik bis yang menuju terminal Purabaya. Dari terminal Purabaya kita bisa naik bis kota jurusan Perak yang melewati kota. Disini ada 2 jalur menuju Perak (yaitu jalur melewati tol dan jalur melewati kota dan kita pilih bis kota yang melewati kota saja. Atau jika pengen lebih cepat sampai ke Tugu Pahlawan dari terminal Purabaya dengan ongos murah bisa saja kita memesan ojek sepeda motor yang lagi ngehits itu.

Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan Surabaya
Saat akan memasuki Monumen Tugu Pahlawan kita akan disambut oleh candi Bentar dan patung 2 proklamator kita, yakni Bapak Ir. Soekarno dan Bapak Moh. Hatta. Tidak hanya Monumen Tugu Pahlawan yang bisa kita kunjungi, namun ada lagi objek wisata disamping Tugu Pahlawan yang harus kita jelajahi juga jika kita pergi kesana. Namanya Museum 10 Nopember, dengan bentuk piramida-piramida kecil dan 3 patung pemuda memegang bambu runcing. Di bawah piramida-piramida ini terdapat ruangan bawah tanah yang menyimpan benda-benda bersejarah. Tahun kemarin saat aku dan suami mengunjungi Museum 10 Nopember, ongkos masuk ke museum ini hanya sebesar Rp. 10.000,- per kepala.

Tugu Pahlawan Surabaya

Disana banyak sekali peninggalan-peninggalan sejarah, yang bisa kita lihat adalah beberapa foto yang dipajang di beberapa dinding museum, ada rekaman para pejuang-pejuang dahulu kala. Kita bisa melihat bagaimana para penjajah pada waktu itu melawan sekutu dengan keberanian yang mereka miliki dan sekarang kita tinggal menikmati kemerdekaan itu.

Tugu Pahlawan Surabaya
Di halaman Tugu Pahlawan ini kita bisa menikmati hijau dan luasnya lapangan sembari berfoto dengan background Tugu Pahlawan yang menjulang tinggi. Selain itu kita bisa menikmati sejuknya pepohonan dan taman-taman di samping Tugu Pahlawan. Kita bisa menikmati keindahannya di pagi maupun sore hari, karena pada siang hari cuacanya tidak mendukung terlalu panas dan bikin gerah.

Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan Surabaya

Selain itu, setiap hari Minggu di sepanjang jalan area Tugu Pahlawan terdapat Pasar Mingguan yang menjual beraneka ragam kebutuhan masyarakat dengan harga yang relatif murah. Pasar ini biasanya ada pada hari Minggu pagi dan tutup jam 10 pagi. Jika para wisatawan menginginkan barang-barang yang terjangkau namun dengan kualitas yang bagus silahkan mampir ke Pasar Minggu ini. Eits…tetapi harus waspada dengan copet ya, atau jika kalian bawa kendaraan sendiri pastikan kendaraan kalian di parkir di tempat yang aman dan jangan lupa untuk menguncinya kalo bisa pake kunci ganda.

Pokoknya, kalo kalian lagi melancong ke Surabaya, jangan lupa ya mampir ke Monumen Tugu Pahlawan dan belanja sepuasnya di Pasar Minggu pagi di tempat ini dan borong barang sepuasnya ya Guys…

Ada apa sih di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya?
5 (100%) 2 votes
(Visited 1,701 times, 1 visits today)


About

Blogger yang hobinya kelayapan dan makan-makan, cinta banget ama kopi dan kucing. Pengen tau lebih jelas mampir saja ke dwipuspita.com


'Ada apa sih di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya?' have 11 comments

  1. October 30, 2015 @ 3:44 pm Rahmah

    Cocok buat pre-wedding yang mengangkat tema sejarah 😀 *lirik klien…

    Reply

    • October 30, 2015 @ 4:13 pm nining

      aiiih mb amma usaha photografi juga yaaa…kereeen ih *OOT ^^v
      btw seumur2 tinggal di Surabaya, sempet ngantor daerah utara kok ya aku blm pernah masuk inu museum yak huhuhuhu

      Reply

      • November 1, 2015 @ 4:33 am Dwi Puspita

        cocok banget mbak amma…sapa tuh…..

        Reply

      • November 1, 2015 @ 4:34 am Dwi Puspita

        ayo mbak dolen mrene…gratis masuk dek tugu pahlawan..tp ke museum seng mbayar 🙂

        Reply

  2. October 30, 2015 @ 4:06 pm Niar Ningrum

    Jadi inget tempat ini, ingat 10 nov yaa mbk, dama inget tempat foto sama anak levitasi uwowowow

    Reply

    • November 1, 2015 @ 4:35 am Dwi Puspita

      iya niar..langsung ke inget ama 10 nov secara langsung 🙂

      Reply

  3. November 2, 2015 @ 12:12 pm Ria Rochma

    Pasar minggu, favoritnya suami 🙂

    Reply

    • November 2, 2015 @ 12:24 pm Dwi Puspita

      murah2 soale mbak 🙂

      Reply

    • November 15, 2016 @ 11:45 am Hippie

      Thanks for cobnrinutitg. It’s helped me understand the issues.

      Reply

    • December 23, 2016 @ 11:47 pm kreditrechner xls geld xbox

      Me dull. You smart. That’s just what I needed.

      Reply

    • February 14, 2017 @ 11:10 pm can you get pokemon go coins free

      Good luck with the new experiment! I usually use Sundays to write for the upcoming week. Some day, I would love to get a couple of weeks ahead again like I used to be…

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool