Bebek Goreng

5 Fakta Bebek Goreng Cabang Purnama

Doyan bebek? Bukan Donald Bebek yang bokongnya seksi semlohe itu yaaa, tapi ini bebek panganan khas pinggir jalan yang kalo kalian lagi jalan-jalan ke Surabaya hampir di setiap sudut kota dapat ditemui panganan ini. Jadi ora usah kuatir kaliren (red: kelaparan) yo rek! hihihi

Nah arek Suroboyo pastine wes khatam yo dengan yang namanya Bebek Kayu Tangan di Bratang,  Bebek Cak Yudi di Perak, Bebek Tugu Pahlawan di sekitar Tugu Pahlawan tentunya atauuu Bebek Palupi yang mulai merambah mall-mall di Surabaya. Nahhh, kalo Bebek Purnama ada yang tau nggak di mana lokasinya??? Di mana manaaaaa hihihi, iya apa iya?

1. Cabang Purnama Bertebaran di Surabaya

Bebek Goreng

geber kuning ala Cabang Purnama

Mau di mana ajaaa di berbagai sudut kota Surabaya bisa dijumpai bebek goreng cabang Purnama. Mau di Perak okeh, mau di sekitaran Kodam Brawijaya okeh, Ketintang okeh. Sebutin deh di mana, bisa dipastikan ini warung dengan geber warna kuning merona ada di situ. “Eksisss tenan yo rek!”

2. Bukan Cabang Purnama

Bebek Goreng

bukan franchise

Hmmm Cabang Purnama? Emang ada pusatnya? Trus sistemnya apa sudah di franchise-kan gitu kah? Oh no no ternyata bukan loh, penamaannya saja yang cabang Purnama. Tapi faktanya setiap pemilik warung punya resep sendiri baik itu si bebek, sambal maupun serundeng khas bebek Purnama. Dan anehnya cita rasa bebek goreng dari warung satu dengan warung lainnya mirip loh, pun demikian si sambal bajak yang endes itu apalagi serundengnya hmmm.

3. Serundeng Crunchy

Bebek Goreng

dari penampakan saja sudah mirip, apalagi cita rasa

Iyaaa ini serundeng serius bikin nagih “Mbak, nambah serundengnya ya!” orderan default saya kalo pas lagi andok di sini. Kriyuk-kriyuk gurih gimanaaa gitu, apalagi pas makan sambil muluk (red: makan menggunakan tangan] dipaduin dengan sambal bajaknya yang khas banget, hmmm mendadak laper dah pas nulis ini hihihi.

4. Ex-Bioskop

Bebek Goreng

ex-Bioskop Purnama, sumber google street view

Lantas kalo emang bukan cabangnya kenapa juga dinamai Cabang Purnama? Trus pusatnya di mana? Kan cabang katanya? Eaaa HelloSurabaya-ers mulai kepo. “Opo’o toh kok dijenengi Purnama bebek’e iki?” ehhhh la dalah njekethek tibak’e perkara nama warung dinamakan Purnama, dikarenakan asal muasal pertama kali warung buka di Jalan Pajajaran, yang letaknya di sekitaran ex-Bioskop Purnama, oalaaah.

Mungkin sudah menjadi kebiasaan orang Surabaya kali ya, kalo menamakan panganan ya deket-deket gedung yang dulunya eksis sebut saja gedung bioskop. Yang notabene gedung-gedung bioskop di Surabaya ini dulu bertebaran di mana-mana loh, mirip lah dengan si bebek Purnama ini hahaha.

Soal penamaan pun mirip banget nih dengan Lontong Balap Garuda, Gado-gado Garuda. Padahal kan jalan Garuda bukan di sekitaran Kranggan situ, eh ternyata ya karena di sekitar jalan Kranggan itu dulunya pernah ada Bioskop Garuda hihihi.

Setali tiga tuang lah dengan bebek Purnama ini, meskipun ex-Bioskop Purnama dari luar terlihat kumuh dan rungsep kerena telah berhenti beroperasi sejak tahun 1968.  Tetap aja warung bebek ini di mana pun berada dinamai Cabang Purnama hehe.

5. Pusat Cabang Purnama Sudah Tutup

Bebek Goreng

Fakta lain menyebutkan bebek Purnama yang di Jalan Pajajaran juga sudah tutup loh, tapi bukan berarti cabang-cabang Purnama lainnya juga tutup, malahan makin eksiiiis!

Makanya jangan mau kalah eksis sama bebek goreng Cabang Purnama dooong, monggo kerso kalo kalian lagi maen-maen ke Surabaya. Dijamin bikin nagih!

5 Fakta Bebek Goreng Cabang Purnama
4.5 (90%) 2 votes
(Visited 11,503 times, 6 visits today)


About

Petite woman who loves shopping, traveling, culinary, fleurs et coffee addicts. (profilnya imut kaaan, kek orangnya :p)


'5 Fakta Bebek Goreng Cabang Purnama' have 9 comments

  1. November 11, 2015 @ 3:26 pm Niar Ningrum

    OOhh ternyata dket bioskop purnama kirain bukaen pas bulan purnama, dket rumah ajah ada 3 dan enak2 kabeh bebek sak sambel e

    Reply

  2. November 11, 2015 @ 3:43 pm @nurulrahma

    Enyaaaakkk bebek purnama ikiii

    Reply

  3. November 12, 2015 @ 9:58 am Dwi Puspita

    aku belum pernah kesini..kapan2 mau kesini ah..sambelannya menggoda….

    Reply

  4. November 12, 2015 @ 2:24 pm Ria Rochma

    Yuhuuu… Di gresik aja bebek purnama banyak bgt. Dan emang rasanya bisa disandingkan sama bebek ala resto. Uenak..

    Reply

  5. November 12, 2015 @ 4:36 pm Yuniari Nukti

    Hahaha iyaya kayak franchise, khasnya pakai keber warna kuning. Selain harganya lebih miring, rasa bebek cabang purnama juga enaak. Sambalnya di obral di meja, yang suka pedes boleh nambah sesuka hati..

    Reply

  6. November 12, 2015 @ 4:55 pm Rahmah

    Enak sekali bebeknya, ya… Saya penggemar bebek juga…

    Reply

  7. November 12, 2015 @ 7:57 pm Sari Widiarti

    yang paling aku suka ya bagian kulitnya, cripsy.. 😀

    Reply

  8. June 18, 2016 @ 9:18 am aryo galih

    awas kolesterol… wkwkwk
    peace
    kaburr

    Reply

  9. January 3, 2017 @ 8:51 pm Ken

    Jangankan di subay… Dimojokerto dan didaerah2 manapun nih warung dah bertebaran sampai kepelosok2 .. Mantaph…skrg lbh di modif lg , ditambahi sambel pencit… Makin segerrr…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloSurabaya.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool